Misupinku.com

Welcome to Misupinku.com.
Take your time to look around and make yourself at home. ^^
Pernah ngga sih, kepikiran untuk menjelajahi daerah perbatasan? Ini nih yang tiba-tiba terlintas di pikiranku beberapa minggu lalu. Ceritanya sih evaluasi dari trip ke Jepang kemaren, di mana Malaysia jadi tempat transit doang. Mengunjungi Destinasi Wisata Kelas Dunia di Perbatasan Indonesia

Jadi kepikiran, gimana kalau trip selanjutnya itu ke daerah perbatasan negara kita dan negara tetangga. Pasti seru kan ya. Hal ini terus terngiang-ngiang di kepala, sampai aku langsung mencari tahu mengenai daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Thanks to Google dan semua informasi di dalamnya, aku jadi jatuh cinta dengan daerah perbatasan dua negara ini.


mengunjungi destinasi wisata kelas dunia di perbatasan indonesia


Ada dua lokasi perbatasan yang aku ingin kunjungi, yaitu Temajuk dan Entikong. Temajuk terletak di Kabupaten Sambas, sedangkan Entikong terletak di Kabupaten Sanggau. Keduanya masih menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Barat. 



Entikong



Salah satu alasan aku ingin mengunjungi Entikong adalah untuk melihat langsung perbedaan antara Entikong, sebuah desa asri di lembah yang berbatasan langsung dengan Tebedu, Serawak, Malaysia. Di Entikong ini berdiri Tugu Pancasila sebagai tanda desa ini masih menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Hanya di Entikong-lah kita bisa merasakan langsung bagaimana ekstrimnya perbedaan fasilitas antara kawasan Entikong, Indonesia dan Tebedu, Malaysia. Cuma di Entikong kita bisa menggunakan dua mata uang sekaligus, yaitu Rupiah dan Ringgit.


Border point di Entikong. Sumber gambar: batasnegeri.com


Temajuk


Temajuk menjadi desa di bagian utara Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Teluk Melano, Sarawak, Malaysia. Desa Temajuk dapat dijangkau dengan perjalanan selama enam jam dari Kota Singkawang menuju Sambas, dilanjutkan dengan naik feri menuju Teluk Kalong, dan dilanjutkan kembali dengan perjalanan darat menuju Desa Temajuk.

Kenapa aku ingin menjelajah ke Temajuk?

Jawabannya simpel, karena Temajuk menawarkan keindahan pantai kelas dunia. Memang belum terlalu banyak yang mengetahui indahnya destinasi wisata berupa pantai landai berpasir putih dengan garis pantai sepanjang 63 km yang menjadi tempat bertelurnya puluhan penyu mulai dari bulan Juni hingga September setiap tahunnya ini. Sedangkan pada bulan Maret hingga April, akan ada musim ubur-ubur di sini.


Pantai tanjung datuk temajuk perbatasan indonesia
Pantai Tanjung Datuk Temajuk. Sumber gambar: misterpangalayo.com


Di Pantai Temajuk kita bisa menguji keberanian dengan berselancar dengan tinggi ombak yang bisa melebihi dua meter pada bulan Oktober sampai Februari, atau trekking ke atas bukit untuk melihat mercu suar di sana.

Kita juga bisa berenang dan berjalan di tepi pantai, serta menikmati sunset di dermaga Temajuk yang menyodorkan view menakjubkan. Atau kita juga bisa snorkeling di Teluk Atong untuk menikmati alam bawah lautnya.

Bayangkan saja saat kita bisa bersantai dan melarikan diri sejenak di destinasi wisata Pantai Temajuk, jauh dari hiruk-pikuk pekerjaan yang terkadang terasa tak ada habisnya. Disuguhi air laut biru jernih dan tenangnya ombak pada bulan Maret sampai September sambil mencicipi hidangan seafood terutama lobster.


sunset di pantai temajuk perbatasan indonesia
Sunset di pantai Temajuk. Sumber gambar: mytrip.co.id


penyu di pantai temajuk perbatasan indonesia
Penyu di pantai Temajuk. Sumber gambar: citypost.id


Masalahnya adalah jarak Bengkulu ke Kalimantan Barat itu cukup jauh, belum lagi ditambah biaya lain-lainnya, maka aku harus bisa mencari tiket pesawat murah. Nah, untuk masalah tiket pesawat ini, beberapa saat lalu ada seorang teman yang memperkenalkan aku dengan JD.ID.

Selama ini aku mengira di JD.id kita hanya bisa berbelanja kebutuhan barang. Ternyata salah besar teman-teman. Dengan fitur terbaru dari JD.id, yaitu JD Flight, kita bisa menikmati fasilitas yang ditawarkannya, yaitu mudah pesan tiket pesawat. Jadi, aku bisa pesan tiket pesawat dari Bengkulu ke Pontianak deh.




Bukan hanya tiket pesawat, sekarang kita juga bisa memesan tiket hotel juga loh, dengan fitur JD Hotel. Jadi nantinya aku berencana untuk turut menjelajahi Kota Pontianak. Masalah penginapan dan tiket pesawat, beres deh. Cukup dengan JD.ID aja.


lomba blog #nulisjdturis jd.id



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

29 comments:

  1. Sayang nih, belum bisa main kesana

    ReplyDelete
  2. wahhh menarik sekali, berbelanja atau transaksi bisa dengan dua mata uang sekaligus,sama-sama diterima dan sama-sama berlaku ya

    ReplyDelete
  3. Apiknyaaa pantai Temajuk ...Bayangin berjalan diatas pasir putihnya .. jadi pengin kesana

    ReplyDelete
  4. Wah saya mah pingin banget kalau ke tempat2 yang seru gini, jadi nggak cuma tempat itu keren and that's it! Jadi banyak wawasan juga ya, Mba, datang ke daerah perbatasan gini.

    ReplyDelete
  5. menarik sekali, jadi kepengen travelling ke perbatasan Indo-Malay juga. Keadaannya mirip-mirip sih dg di Batam. Kita bisa pake dua mata uang juga buat belanja disini. Btw Indonesia itu surganya wisata alam, pantainya cantik banget

    ReplyDelete
  6. ahhh indah banget kak. memang keindahan indonesia banyak banget yang belum tereksplorasi dengan maskimal ya kak. salah satu impianku ya bisa keliling indonesia kak.

    ReplyDelete
  7. wagelaseehhh.. pantai temajuk gila2an kerennya! jujur aku blm pernah menjelajah sampe daerah perbatasan, bahkan baru tau jg nih soal entikong dan temajuk. definitely hrs masuk bucket list.

    ReplyDelete
  8. Gak nyangka banget ternyata di lokasi perbatasan kita juga punya pantai yang sangat indah yaa Mba, Indonesia memang rajanya pantai indah deh *jempol*

    ReplyDelete
  9. Baru tahu daerah yang namanya Temajuk. Dari lihat fotonya, cantik banget ya tempatnya. Itu kalau dari Bengkulu ke Kalbar berarti transit Jakarta dulu ya?

    ReplyDelete
  10. Entikong oh Entikong, beberapa tahun lalu katanya masih gak karuan infrastrukturnya, tapi kmrn kyknya ada blogger2 yang diberangkatkan ke sana dan katanya udah oke2.Emang kudu gtu ya, supaya Indonesia gak kalah pembangunan dan kesejahteraan warga perbatasannya dr negara sebelah.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun Indonesia, sampe di lokasi perbatasan aja masih super kece banget yaaaaaa. Pantainya itu looooh, masih super biru ya.. makin cinta deh sama Indonesiaaaaa

    ReplyDelete
  12. Wooow cantik juga pantai Temajuk itu, benar-benar indah. Saya kok jadi latah pengen ingin travelling ke daerah perbatasan juga ya. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Pantai Tanjung Datuk Temajuk termasuk destinasi wisata baru buat saya. Bisa jadi rekomen nih buat liburan nanti

    ReplyDelete
  14. Indonesia menyimpan banyak pesona ya, pemandangan alamnya elok, instagramable banget, sungguh ciptaan Allah yang indah

    ReplyDelete
  15. Pernah terpikir sih, tapi masih fiksi. Moga segera menjadi realita. Tergerak juga usai baca pesona entikong & temajuk

    ReplyDelete
  16. Wah beneran jangan dulu ke luar negeri kalau belum eksplorasi semua keindahan negeri sendiri ini ya .perbatasan yang katanya jomplang pun betapa cantik nya. Apalagi kalau diurus, dirawat bukan diedit. Eh...

    ReplyDelete
  17. Cantik banget ujung Indonesia ini, jdi mupeng pengen travelling kesana

    ReplyDelete
  18. Udah bisa pesan tiket dijd.id! Ayoo ke timur Indonesia!

    ReplyDelete
  19. Pernah juga baca tentang tempat ini tapi dulu masih beeupa daerah pedalaman yg belum dijamah gitu. Kyaknya asik klo traveling ke daerah" perbatasan.

    ReplyDelete
  20. Aminnn ikuttt traveling ke perbatasan 😄

    ReplyDelete
  21. Mbak, aku orang Pontianak belum sampai loh ke Temajok, hahahahaha. Males, soalnya kapalnya belum sip untuk ukuran aku yang selalu bawa anak balita (eh dulu masih gadis gak ada yang ngajakin seh :P)

    ReplyDelete
  22. Aku pengennya main ke Nunukan Mbak. Ada temenku di situ. Terus kabarnya sih banyak tempat main jugak :D

    ReplyDelete
  23. menunjungi ujung-ujung batas indonesia. asik kayaknya.

    ReplyDelete
  24. Wah keren... aku juga jdinya pgn ke sana... 😊

    ReplyDelete
  25. Waw, keren nih mbk wisatanya.

    ReplyDelete
  26. Tambah sama pantai2 di pulau Enggano mbak, mantap tuh di perbatasan Indonesia juga, langsung liat Samudera Hindia

    ReplyDelete
  27. Sayang di Entikong monumennya pake police line, jadi berasa ada kejadian apaaaaa........gitu di sana

    ReplyDelete
  28. wahh jd id ternyata bisa pesan tiket juga yaa? harus nyoba nyoba nihh siapa tau ok harganya

    ReplyDelete
  29. Aku berencana ke Entikong juga lho kakak. Pesan tiket pk jd flight lbh murah

    ReplyDelete