Subscribe!

Saat ini kita sedang berperang menghadapi coronavirus (COVID-19) atau yang biasa dikenal sebagai corona virus. Kali ini aku akan memberikan penjelasan mengenai 7 langkah cuci tangan sebagai pencegahan, namun sebelumnya kita akan sedikit mengulas mengenai virus yang sedang menghebohkan dunia saat ini.

Mengapa disebut sebagai 'perang'? Tentu bukan penyebutan nan sembarang, karena coronavirus saat ini sudah dikategorikan sebagai pandemi global oleh WHO, sehingga tak lagi bisa dianggap enteng.

Sebut saja Italia yang baru-baru ini melakukan lockdown. Hal ini disebabkan oleh melonjaknya penderita coronavirus secara mendadak, maka untuk mencegah semakin berkembangnya virus satu inilah kebijakan itu diambil oleh pemerintah Italia.


7 langkah cuci tangan


Meski pertama kali ditemukan di Wuhan, China, dan penderita terus bertambah di negara satu itu, sekarang China bahkan berhasil menutup rumah-rumah sakit darurat pengobatan corona. It means bahwa negara satu itu sudah berhasil memerangi corona.

Bagaimana dengan Indonesia? Per hari ini, tertanggal 16 Maret 2020, penderita COVID-19 sudah mencapai 134 orang, di mana 8 orang di antaranya berhasil sembuh dan 5 orang meninggal dunia. Pertanyaannya, perlukah Indonesia ikut melakukan lockdown? Untuk kebijakan ini, kita masih harus menunggu keputusan pemerintah. Yah tentunya bukan hal gampang untuk mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan dan kesehatan seluruh rakyat Indonesia, kan?

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya kita bisa menjaga diri dari virus corona dengan kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari?



Jaga Diri dari virus Corona dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)



  • Makan makanan dengan gizi seimbang.
  • Rajin berolahraga.
  • Cukup istirahat selama 8 jam per hari.
  • Menjaga kebersihan lingkungan.
  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  • Tidak merokok.
  • Tidak minum minuman keras.
  • Masak makanan secara sempurna.
  • Jangan makan daging dari hewan yang berpotensi untuk menularkan virus.
  • Gunakan masker bila batuk.
  • Saat batuk, jangan tutup mulut dengan telapak tangan, tapi dengan lengan atas bagian dalam.
  • Bila demam dan sesak napas, sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter di fasilitas kesehatan.
  • Jangan lupa berdoa.
  • Jangan menyentuh wajah, terutama hidung dan mulut.
  • Cuci tangan dengan sabun.
  • Saat bepergian, gunakan hand sanitizer sesering mungkin.

Di awal tadi disebutkan bahwa 7 langkah cuci tangan dapat menghindarkan kita dari Coronavirus, benarkah?



7 langkah cuci tangan
Cuci tangan untuk menjaga diri dari kuman dan virus, termasuk COVID-19.




Mencuci Tangan untuk Menjaga Diri dari Corona Virus



Yup, benar sekali. 7 langkah cuci tangan ini dapat menghindarkan kita dari berbagai kuman dan virus, salah satunya COVID-19. Pertanyaannya, bagaimana bisa sekadar cuci tangan dapat menjauhkan kita dari virus tersebut?

Menurut para ahli, mencuci tangan dengan sabun selama 15-30 detik dengan air mengalir adalah sebuah tindakan pencegahan yang dianjurkan. Sabun dengan kandungan bahan senyawanya secara bersamaan dapat mengikat molekul air dan minyak. Nah, bila mencuci tangan dengan sabun di aliran air, maka aliran air tersebut akan membawa pergi minyak serta kuman dan virus yang terikat.


7 langkah cuci tangan
7 langkah cuci tangan dengan sabun di air mengalir.




7 Langkah Cuci Tangan dengan Sabun di Air Mengalir yang Efektif



  1. Basahi tangan dengan air mengalir, lalu gunakan sabun secukupnya di telapak tangan.
  2. Busakan sabun dengan cara mengusap kedua telapak tangan, lakukan dengan gerakan memutar.
  3. Telapak tangan kanan diletakkan di atas punggung tangan kiri. Lalu kaitkan jari-jari tangan kanan dan kiri sembari diusap ke atas dan bawah.
  4. Tangkupkan kedua telapak tangan, kaitkan jari-jemari dan gosok bagian sela-sela jari.
  5. Letakkan buku-buku jari tangan kanan di telapak tangan kirimu, gosok memutar. Lakukan hal yang sama pada buku-buku jari tangan kirimu.
  6. Lalu genggam ibu jari tangan kirimu dengan tangan kanan, gosok memutar. Lakukan hal yang sama pada ibu jari tangan kananmu.
  7. Bentuk kuncup tangan kananmu, dan gosok-gosok kukumu pada permukaan telapak tangan kiri. Lakukan pula untuk tangan kirimu. Lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan baik.


Perbanyak pula busa saat mencuci tangan dengan sabun ya, sebab gesekan busa ini akan membantu mengangkat minyak dan kotoran dari kulit kita. Jadi, jangan lupa rajin-rajin terapkan 7 langkah cuci tangan ini setiap hari ya!

No comments: