Subscribe!

Berkunjung ke Magelang rasanya kurang lengkap jika belum singgah ke Candi Borobudur. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, wisata Borobudur pun menjadi tujuan utama banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang ingin melihat langsung kemegahannya.

Terutama wisatawan dari negara dengan mayoritas beragama Buddha seperti Cina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Maka ketika masa liburan tiba, biasanya Candi Borobudur akan mengalami lonjakan pengunjung.


wisata borobudur


Di mana area candi akan dipenuhi oleh wisatawan dari segala penjuru dan saling mengantre untuk bisa berdiri di puncak candi. Apalagi tiket Candi Borobudur masih tergolong terjangkau, membuat siapapun yang datang akan merasa ingin kembali lagi.





5 Alasan Wajib Berkunjung ke Destinasi Wisata Borobudur



Sebagai salah satu warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO, kita wajib untuk mengunjungi wisata Borobudur. Dari wisata sejarah di Borobudur, akan ada banyak hal menarik dan pelajaran berharga yang bisa kita bawa pulang sebagai oleh-oleh dari perjalanan wisata penuh makna ini. Ada 5 alasan wajib mengapa kita wajib berkunjung ke destinasi wisata Borobudur.

Reliefnya Mengisahkan Kehidupan Sang Buddha

Satu hal yang pasti segera menarik perhatian kita saat sudah memasuki kawasan candi adalah relief di dinding-dindingnya. Melalui relief-relief inilah kita bisa mengetahui kisah kehidupan sang Buddha yang terkenal dengan welas asihnya dan berbagai ajaran hidup yang sangat baik.


relief candi borobudur
Relief di Candi Borobudur



Belajar Akan Nilai Kesopanan dan Etika


Wisata Borobudur tidak hanya menyuguhkan pengalaman wisata yang menarik, juga mengedukasi. Terutama pelajaran akan nilai kesopanan dan etika pun terasa kental. Mengapa?

Sebab untuk dapat memasuki kawasan ini, kita harus mengenakan pakaian yang sopan untuk tetap menjaga kesakralan Candi Borobudur ini. Bahkan petugas juga sudah menyiapkan jarik atau kain yang bisa digunakan oleh wisatawan.


Lokasi Wisata Borobudur yang Mudah Dijangkau

Lokasi Candi Borobudur yang strategis dan mudah dijangkau akan memudahkan kita untuk berkunjung. Bila kita tiba di bandara, maka bisa menggunakan bus Damri.

Sedangkan bila berangkat dari kota Yogyakarta, bisa menaiki bus trans Jogja menuju terminal Jombor dan melanjutkan dengan menggunakan bus arah Borobudur dan bisa turun di terminal Borobudur yang terletak tak jauh dari kawasan candi. Kita bisa lanjut menggunakan ojek, becak atau berjalan kaki sembari mampir di pasar Borobudur.



wisata borobudur
Wisata Borobudur



Banyak Acara Menarik Sering Digelar

Candi Borobudur sering menyelenggarakan acara-acara menarik pada hari-hari tertentu. Ketika malam tahun baru misalnya, biasanya akan menerbangkan lampion secara bersama-sama di area candi. Juga ada acara-acara internasional yang dihadiri artis dalam dan luar negeri, serta upacara keagamaan. Cek saja jadwalnya bila ingin sekaligus melihat acara-acara menarik ini.


Dekat dengan Destinasi Wisata Lain

Selain main ke wisata Borobudur, kita bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya yang tidak jauh dari sana, seperti Punthuk Setumbu dan Gereja Merpati. Semuanya bisa didatangi dengan harga tiket yang terjangkau tentunya.



wisata borobudur



Nah, saat akan mengunjungi destinasi wisata Borobudur ini, ada 5 hal yang perlu dipersiapkan.





5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Borobudur




Persiapkan Uang Tiket Masuk Wisata Borobudur

Untuk masuk ke kawasan wisata Borobudur, kita perlu menyiapkan uang tiket Candi Borobudur agar tidak membuat antrean semakin menunggu lama. Terutama ketika masa liburan yang mana antrean biasanya cukup panjang.


Jangan Membawa Senjata Tajam

Sama seperti berkunjung ke destinasi wisata lainnya di mana saja, hindari untuk membawa barang atau senjata tajam. Selain tidak diperlukan dan dapat membahayakan banyak orang, saat melalui pintu masuk pun kita akan mengalami pengecekan ketat oleh petugas.



wisata borobudur
Senja di wisata Borobudur



Mengisi Perut Terlebih Dahulu

Usahakan sebisa mungkin isilah perut terlebih dahulu sebelum berangkat, sebab petugas candi akan melarang pengunjung untuk membawa masuk makanan ke area candi. Jika diketahui membawa makanan, petugas akan menyitanya dan baru bisa diambil di pos penyimpanan barang sitaan setelah kita selesai berkeliling.


Membawa Payung Atau Topi

Kita akan merasakan panas terik bila berkunjung ke candi saat siang hari. Oleh karena itu, lebih baik bila kita membawa topi atau payung untuk melindungi diri dari panas matahari yang menyengat.



wisata borobudur



Hindari Menggunakan Pakaian Terlalu Tebal

Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal, lebih baik kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat saja. Sebab perjalanan kita mengelilingi wisata Candi Borobudur akan menguras fisik dan keringat otomatis akan mengucur, terutama ketika akan mencapai puncak candi melalui beberapa anak tangga.


Wisata sejarah di Candi Borobudur dan harga tiket Candi Borobudur yang terjangkau dijamin akan membuat kita puas. Apalagi ketika kita ketika sudah menjelajahi area candi dan menemukan banyak hal menarik yang dapat dinikmati saat liburan.

No comments: