Merencanakan Liburan ke Bangka Belitung dengan Traveloka Xperience

Indonesia punya sejuta keindahan yang selalu bisa membuat kita ingin menjelajah, lagi dan lagi. Dari Sabang hingga Merauke, ada beragam kisah menanti untuk kita ketahui. Nah, karenanya aku ingin mencoba menapakkan jejak ke salah satu daerah di tanah Sumatera yang belum pernah kukunjungi sebelumnya. bangka belitung, bangka belitung provinsi, belitung island, belitung tour, belitung timur.

Adalah Kepulauan Bangka Belitung, provinsi termuda kedua di Sumatera yang resmi menjadi provinsi pada tanggal 4 Desember 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terdiri dari dua pulau utama: Pulau Bangka dan Pulau Belitung, dengan ratusan pulau-pulau kecil dengan jumlah total 470 pulau, sedangkan yang berpenghuni hanyalah 50 pulau di antaranya.





Tapi kenapa harus ke provinsi Babel ini sih, Nin? Tentu saja salah satu alasannya adalah karena seri Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang mengangkat cerita tentang Belitung. Apalagi sejak pelajaran Bahasa Indonesia saat masa putih abu-abu lalu yang mewajibkanku dan teman-teman untuk meresensi cerita tetralogi Laskar Pelangi, mampu membersitkan keinginan untuk segera ke sana.

Belum lagi karena pantai-pantainya yang cantik-cantik itu, pastinya bikin mupeng ya kan? Apalagi aku memang sedang merencanakan liburan akhir tahun untuk melepas penat. And I guess this is it. Inilah saat yang tepat untuk main ke Bangka Belitung.

Ini dia beberapa destinasi wisata yang sangat ingin kukunjungi saat ke Bangka Belitung.



7 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung



Danau Kaolin

Danau Kaolin bukan berasal dari kawah gunung, tapi danau ini justru terbentuk dari bekas tempat tambang timah yang telah ditinggalkan. Saat ini kandungan timahnya telah habis dan membuat Danau Kaolin merefleksikan warna langit biru. Bukan itu saja, ada juga bagian danau yang berwarna hijau loh.

Kita tak perlu takut akan bau belerang, karena tercipta dari bekas galian tambang maka Danau Kaolin sama sekali tak berbau belerang. Airnya pun tidak panas dan tergolong aman, bahkan warga dan anak-anak pun bisa beraktivitas menggunakan air danau ini.

danau kaolin liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Danau Kaolin

Pemandangan yang ditawarkan pun menakjubkan. Timbunan galian bak bukit mini berwarna putih, dengan air berwarna biru dan hijau menyejukkan mata. Kita juga bisa mengunjungi Danau Kaolin ini di sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang pastinya cantik sekali.


Gurun Pelawan Namang

Lagi-lagi destinasi wisata kedua ini merupakan bekas galian tambang. Pertambangan timah memang pernah berjaya di Bangka Belitung, bahkan ada Museum Timah Muntok yang berfokus pada sejarah proses peleburan timah dan logam. Gurun Pelawan Nawang ini mirip dengan Gurun Atacama, dan letaknya sekitar 800 m dari Hutan Pelawang.

gurun pelawan namang liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Gurun Pelawan Namang. Sumber foto: IG @genpibangkabelitung


Danau Ampar Red Hill

Bayangkan kita berdiri di Grand Canyon versi mini. Itulah perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan Red Hill atau Bukit Merah. Bukit berwarna kemerahan ini juga bekas pertambangan timah, berupa tebing mengelilingi Danau Ampar.

Danau ampar red hill liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Danau Ampar Red Hill. Sumber foto: pariwisatasumut


Museum Kata

Museum Kata Andrea Hirata, museum literatur pertama di Indonesia dengan koleksi film laskar pelangi dan berbagai karya Andrea Hirata di dalamnya. Bahkan ada juga cerpen khusus yang hanya bisa dibaca di Museum Kata. Museum ini memang dibangun oleh Andrea Hirata untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di Desa Gantong untuk dapat mengembangkan bakat seni mereka.

Museum kata liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Musem Kata Andrea Hirata. Sumber foto: sunburstadventure 


Replika Sekolah Laskar Pelangi

Para pencinta novel dan film Laskar Pelangi pasti tak asing lagi dengan bangunan ini. Yup benar sekali, SD Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi terletak di Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Lokasi aslinya sebenarnya bukanlah di Lenggang ini, namun akses yang cukup sulit membuat bangunan ini pun akhirnya dipindahkan.

Replika sekolah laskar pelangi liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Replika Sekolah Laskar Pelangi. Sumber foto: Hipwee


Pantai Tanjung Tinggi

Pantai yang terletak di sebelah utara belitung, 37 km dari kota Pandan ini mulai dikenal sejak digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Tentu saja dengan pasir putihnya, air laut berwarna biru jernih, ombak yang relatif tenang, dan batu granit super besar yang menjadi ciri khas Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Pantai Tanjung Tinggi. Sumber foto: simphortour


Pulau Leebong

Pulau Leebong memang belum terlalu dikenal seperti pulau-pulau lainnya di Bangka Belitung, namun bukan berarti pulau ini kurang bagus. Bukan, sama sekali bukan. Pulau Leebong bahkan memiliki daya tariknya sendiri. Di pulau ini kita bisa menikmati beragam aktivitas, misalnya bersantai seperti di pulu pribadi, snorkeling, berjemur, bermain dengan hewan laut, paddleboard, dan tentunya foto-foto cantik dong ya.

Pulau Leebong liburan ke bangka belitung dengan traveloka xperience
Pulau Leebong. Sumber foto: merahputih


Dan karena sekarang aku sedang dalam masa recovery sehabis sembuh dari tipes, maka aku memutuskan untuk lebih fokus pada kesehatan terlebih dahulu. Lalu liburannya bagaimana dong, kalau begitu? Tenang, karena sekarang sudah ada Traveloka Xperience!



Traveloka Xperience



Traveloka, OTA kesayangan kita semua kini telah melebarkan sayapnya. Bukan lagi sekadar penyedia layanan booking tiket pesawat, kereta api, serta penginapan dan pembayaran tagihan belaka, karena kini Traveloka telah melengkapi produk dan layanannya untuk kebutuhan travel dan lifestyle dalam Traveloka Xperience.

Merencanakan liburan ke Bangka Belitung dengan Traveloka Xperience


Sekadar kebutuhan travel dan lifestyle doang, nih? Eeeh jangan salah. Traveloka Xperience memiliki 12 kategori untuk memenuhi semua kebutuhan liburan dan gaya hidup kita loh, yaitu:

  • Atraksi
  • Bioskop
  • Event
  • Hiburan
  • Spa & kecantikan
  • Olahraga
  • Taman bermain
  • Transportasi lokal
  • Tur
  • Pelengkap travel
  • Makanan & minuman
  • Kursus & workshop


Dengan Traveloka Xperience, kita bisa menikmati ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia dengan dukungan proses pemesanan cepat dan praktis, beragam metode pembayaran, dan customer service 24/7. Ada juga 6 pilihan bahasa yang dapat kita pilih pada Traveloka Xperience.



Traveloka Xperience untuk Merencanakan Liburan di Bangka Belitung



Nggak perlu pusing lagi karena dengan Traveloka Xperience ini kita bisa mengatur semua rencana perjalanan, bahkan tur sekalipun. Yes, kali ini nggak apa-apa pake tur, toh liburannya juga cuma beberapa hari doang, ye kan. Anggaplah sebagai reward #XperienceSeru untuk diri sendiri karena sudah berjuang keras selama beberapa bulan ini.

Nah, ada 3 tur yang menarik perhatianku nih.


Bangka - Tur 3H2M

Tur selama 3 hari 2 malam ini bertujuan untuk menjelajahi destinasi-destinasi wisata di Pulau Bangka. Dengan pilihan harga Rp 1.590.000 (untuk min 7 orang peserta), Rp 1.780.000 (min 4 peserta), dan 1.800.000 (minimal 2 peserta), kita bisa menjelajah Pulau Bangka dengan private tour. Mau mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Pulau Bangka? Checked.

Bangka - Tur 3H2M Traveloka Xperience Bangka Belitung
Bangka - Tur 3H2M


Belitung Adventure Tour - Tur 3H2M

Ke Kepulauan Bangka Belitung tentunya tak lengkap tanpa mengunjungi Pulau Belitung. Nah bila tur sebelumnya akan mengajak kita menjelajah Pulau Bangka selama tiga hari dua malam, selanjutnya ada tur petualangan di Belitung selama tiga hari dua malam pula. Mulai dari replika SD Laskar Pelangi hingga menikmati mie Belitung yang otentik langsung di tempat asalnya, kita cukup membayar sejumlah Rp 975.000 saja untuk min 4 peserta loh.

Belitung Adventure Tour - Tur 3H2M Traveloka Xperience Bangka Belitung
Belitung Adventure Tour - Tur 3H2M


Island Hopping Belitung - Tur 1 Hari

Island hopping selalu terdengar menyenangkan. Oleh karena itu, tur menjelajah pulau-pulau Belitung ini tentunya membuatku penasaran. Apalagi harganya pun cukup terjangkau, hanya 500.000 untuk private trip minimal 4 orang, atau 750.000 untuk 2-3 orang peserta.

Island Hopping Belitung - Tur 1 Hari Traveloka Xperience Bangka Belitung
Island Hopping Belitung - Tur 1 Hari


Nggak perlu pusing lagi merencanakan liburan ke Bangka Belitung kini, karena dengan Traveloka Xperience, semua ada. Jadi, kamu mau liburan ke mana nih selanjutnya?


2 komentar

  1. Tahun lalu aku ama temen² ke Belitung, ternyata ada obyek wisata lain yg belum aku sambangi. Wah seru, apalagi Bangka, belum pernah...
    Traveloka Xperience emang seru yah...

    BalasHapus
  2. Blitung keren banget, foto pantai Tanjung Tingginya bikin semua orang penasaran ingin berkunjung. Btw Aku juga udah coba Traveloka Xperience ini. Fiturnya menarik. Beli tiket lebih murah dan gak pake antri. Dan ini penting kalo wisata yang kita tuju lagi rame-ramenya.

    BalasHapus