5 Tips Liburan Murah Bikin Liburanmu Lebih Menyenangkan

Kerjaanmu numpuk at the moment? Kamu kurang fokus dan suka marah-marah nggak jelas? Pusing karena rutinitas yang seperti itu-itu saja setiap harinya? Sepertinya kamu (dan aku) butuh liburan deh. Tips liburan murah

FYI gaes, saat ini sudah ada riset yang membuktikan bahwa liburan itu menyehatkan. Kita bisa melepas penat dan kembali dengan suasana hati yang riang. Kalau kamu sukanya liburan ke mana? Ke mana pun tujuan liburanmu, pastikan acara liburanmu nanti ini tidak membuat kantongmu jebol ya!

tips liburan murah


Eh tapi gimana sih caranya liburan hemat tanpa was-was? Ini dia 5 tips liburan murah yang bisa kamu praktikkan.



5 Tips Liburan Murah Bikin Liburanmu Lebih Menyenangkan



Rencanakan Liburan Tips Liburan Murah

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah merencanakan liburan. Merencanaan liburan ini bukan semata hanya ngomongin budget saja ya. Tapi secara keseluruhan mulai dari tujuan, itinerary, penginapan, budget awal, hingga berapa lama liburanmu tersebut. Rencanakan juga bagaimana kamu akan menjalani liburan ini, apakah sendiri ataupun bersama teman dan keluarga.

Kalau kamu memilih sendiri, keuntungannya tentu saja kamu bisa lebih bebas mengatur perjalanan dan tak terlalu ribet. Tak ada drama harus mengikuti keinginan travelmate-mu juga. Namun tetap saja kamu harus lebih berhati-hati saat liburan sendirian. 


Sedangkan bila liburan bersama teman atau keluarga, liburanmu akan jadi lebih seru karena ramai. Eh tapi tenang aja, selama perencanaannya matang, apapun bisa disiasati kok. Yang penting rencanakan dulu aja liburan kamu sebaik mungkin agar lebih terarah.

tips liburan murah
Tips liburan murah pertama: rencanakan liburan


Kamu bingung mau ke mana? Boleh banget lho intip beberapa rencana liburan para travel blogger. Bisa juga bertanya rekomendasi liburan murah pada grup backpacker di sosial media. Mereka bakal dengan senang hati membantu. Kalau mau lebih simple tinggal ikuti saja itinerary dan pengeluaran traveler atau backpacker yang sudah membagikan pengalamannya. 

Masih bingung juga? Boleh intip menu Travel di blog ini, atau blog aninditaayu.com ya ^^


Pilih Transportasi yang Tepat Tips Liburan Murah

Tips liburan murah yang kedua adalah memilih transportasi yang tepat. Kenapa? Hal ini disebabkan oleh selain akomodasi, yang nantinyapaling banyak menyedot dana adalah soal transportasi. Kita perlu lebih cermat dalam menentukan transportasi yang tepat agar liburan hemat bisa terwujud.

Sebagai contoh nih, buat yang punya rencana mudik ke Jawa Timur harus bisa memperhitungkan lebih hemat mana antara mudik dengan pesawat terbang, kereta api, atau pun dengan mobil pribadi. Tiket pesawat dari Jakarta ke Surabaya hampir sama dengan tiket kereta api kelas Eksekutif. Ambil contoh saja misalnya pulang pergi membutuhkan dana sekitar Rp 1 juta/orang.

Harga tersebut kalau menggunakan mobil pribadi sudah cukup untuk membayar tol Trans Jawa satu trip dari Jakarta-Surabaya dengan kapasitas mobil untuk tujuh orang. Ya anggap saja sudah termasuk dengan bensin sebesar Rp 400 ribu.

Perhitungan ini yang mesti kamu pertimbangkan terutama jika berencana untuk liburan bersama teman-teman apalagi dengan keluarga. Jadi, hitung dengan cermat ya.



tips liburan murah


Liburan Saat Low Season Tips Liburan Murah

Mau liburan saat peak season? Resikonya ya budget yang harus kamu sediakan untuk liburan akan semakin meningkat. Perbandingan biaya liburan saat low season dan peak season ini sangat jauh, gaes. Selain itu destinasi wisata tujuanmu sering kali terlalu ramai, apalagi saat liburan sekolah. Solusinya gimana dong?

Liburannya dialihkan saat low season aja, dijamin liburanmu jadi lebih seru deh. Tapi kamu harus berani berkorban sedikit dengan mengambil cuti. Demi budget liburan murah yang lebih rasional, kenapa tidak?


Liburan Ala Warga Lokal Tips Liburan Murah

Perencanaan transportasi dan akomodasi sudah selesai, tinggal urusan perut nih. Salah satu rahasia kenapa backpacker bisa survive keliling Indonesia bahkan bisa keliling dunia adalah karena proses adaptasi yang baik. Termasuk salah satunya berlibur ala warga lokal.

Untuk mengaplikasikan tips liburan murah yang keempat ini, memang butuh riset. Caranya, gunakan bantuan Google untuk mencari rekomendasi rumah makan murah tapi enak di seluruh penjuru daerah yang hendak kamu kunjungi. PS: manfaatkan maps di gawaimu untuk mencari lokasi ya.



tips liburan murah
Berbaur dengan warga lokal bisa jadi tips liburan murah yang efektif loh.


Manfaatkan Pinjaman Tunai Terpercaya Tips Liburan Murah

Untuk pengguna Kredivo, kamu bisa memanfaatkan kemudahan pinjaman tunai. Sekadar saran, opsi pinjaman tunai ini bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak saja sih. Misalnya saat di tengah liburan butuh dana tunai, opsi ini bisa digunakan.

Alasannya karena lewat Kredivo pun sudah bisa pesan tiket pesawat dengan sangat mudah. Download saja aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Cicilannya pun fleksibel mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga paling rendah hanya 2.95% saja per bulannya. Kredit limitnya pun bisa mencapai Rp 30 juta.

Untuk tambahan dana liburan tipis-tipis cuma ke puncak sih bisa manfaatkan saja pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu dengan bunga 2.95%-4% pengembalian dalam waktu 30 hari. Nah, kalau tujuannya ke Bali atau ke Lombok bisa memanfaatkan pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta dari Kredivo dengan bunga 2.95% saja perbulan masa tenor 3 bulan atau 6 bulan.

Tidak perlu khawatir bila ingin mengajukan pinjaman tunai lewat Kredivo akan adanya penyalahgunaan data. Kredivo adalah salah satu fintech yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Semua data yang disubmit saat pendaftaran lewat aplikasi Kredivo pun dijamin aman karena sudah terenkripsi dengan baik.

Nah, itu dia lima tips liburan murah yang bisa kamu praktikkan. Jadi, kamu mau liburan hemat ke mana? Selamat liburan! ^^

11 komentar

  1. Tips liburan murah yg recomended bisa dicontoh untuk merencanakan libur kenaikan kelas nanti. TFS ya Anin...

    BalasHapus
  2. Intronya aku banget mbak 😂
    Rindu liburan nih biar nggak kayak macan kelaparan di depan kompi, hheeee

    Sekarang kalau mau liburan kemana, bisa cari2 itinerary dari catatan perjalanan blogger ya mbak. Jadi terbantu banget buat jalan-jalannya.

    TFS Mbak Anin 😍😇🙏

    BalasHapus
  3. Liburan ala warga lokal. Nah ini yang menarik dan perlu di pelajari....
    Yang penting irit...hehe

    BalasHapus
  4. Mesti banget digaris bawahi buat low-season sama liburan ala warga lokal mbak. Soalnya kalau ketahuan turis gampang banget harganya berubah huhu

    BalasHapus
  5. Yup, aku seringnya saat low season dan jg ala warga lokal kak hehe

    BalasHapus
  6. sering denger kredivo tp belum pernah nyoba minjem sih

    BalasHapus
  7. Keren, tipsnya, Mbak Anin.
    Karena saya freelance, saya memang diuntungkan bisa liburan di hari biasa. Dan itu lebih hemat dan menyenangkan. Terus soal pilih transport murah juga saya lakoni, termasuk penginapan yang murah hehehe. Tapi liburan ala warga lokal, bisa tuh dicoba hehehe.

    BalasHapus
  8. Iyaya...kenapa kesempatan liburan itu hadir saat hi-season?
    Kalau Low-season...malah curi-curi waktu anak-anak di sela kesibukan sekolah mereka.
    Terasa banget pas baliknya entar..

    Hiiks~

    BalasHapus
  9. Kalau untuk liburan sepertinya aku gak perlu pinjaman tunai. Karena liburan itu spesial, maka harus disiapkan jauh2 hari, termasuk persiapan duitnya. Jadi ya menabung dulu, hehe

    BalasHapus
  10. dan pastinya alat tempur dokumentasi jangan lupa karena itu yg utama hehe

    BalasHapus
  11. Nah, kalau aku paling suka liburan saat low session karena bisa menghemat budget dan suasana saat perjalanan biasanya lebih nyaman.

    BalasHapus