Empat Destinasi Wisata di Lhokseumawe yang Wajib Dikunjungi

Lhokseumawe, sebuah kota cantik yang terletak tepat di tengah-tengah antara Banda Aceh dan Medan, di tengah-tengah jalur timur Sumatera. Kata Lhokseumawe berasal dari gabungan dua kata, Lhok yang berarti teluk, palung laut, dalam, dan Seumawe yang berarti pusat mata air atau air yang berputar-putar.

destinasi wisata di lhokseumawe


Berwisata ke kota terbesar kedua setelah Banda Aceh ini, ada banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Ada apa saja?



Empat Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lhokseumawe


Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang terletak sekitar tiga km di utara Lhokseumawe. Destinasi wisata bahari satu ini berada di Desa Ujong Blang. Ujong Blang sendiri berasal dari kata Ujong yang berarti ujung dan Blang yang berarti sawah. Pantai Ujong Blang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lhokseumawe.

Letaknya yang dekat dari pusat kota Lhokseumawe dengan hamparan pasir berwarna putih, ditambah semilir angin sepoi-sepoi berhembus menuju daratan, air laut kebiruan, langit biru dan suara deburan ombak yang menenangkan menjadi kombo maut yang tak terkalahkan. Bermain air ataupun bersantai di pinggir pantai tentunya menjadi pilihan yang menyenangkan dan menenangkan di saat yang bersamaan.

pantai ujong blang destinasi wisata di lhokseumawe
Pantai Ujong Blang

Selain bisa bersantai, di Pantai Ujong Blang kita bisa menikmati berbagai macam kuliner, seperti rujak Aceh, mie Aceh, dan tentunya seafood. Duduk di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda yang dicampur dengan semacam jeruk nipis untuk menambah rasa, ditambah rujak Aceh saat menunggu tenggelamnya matahari di peraduan, dijamin bikin kita ketagihan untuk datang ke Pantai Ujong Blang.


Goa Jepang

Kamu ingin berwisata sekaligus melihat saksi sejarah di Lhokseumawe? Maka destinasi wisata yang wajib dikunjungi untukmu adalah Goa Jepang. Goa Jepang terletak di desa Blang Payang, Lhokseumawe. Gua yang terletak 100 meter di atas permukaan laut ini menawarkan destinasi wisata sejarah di mana kita bisa melihat saksi bisu kekejaman penjajah di Lhokseumawe.

goa jepang destinasi wisata di lhokseumawe
Goa Jepang

Goa Jepang terletak tak jauh dari Pantai Ujong Blang. Selain bisa melihat Goa Jepang, Bukit Goa Jepang begitu sebutan masyarakat sekitar, di Taman Ngieng Jioh kita akan disuguhkan breathaking view berupa hamparan rerumputan hijau luas, air laut dari Selat Malaka yang kebiruan, awan-awan yang berarak beriringan di langit biru, ditambah semilir angin yang menenangkan. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan, dijamin kamu bisa melepaskan semua stres yang kamu rasakan saat itu. Trust me, I've tried.

goa jepang destinasi wisata di lhokseumawe
Bagian dalam Goa Jepang


Waduk Jeulikat

Waduk Jelulikat yang terletak di Desa Jeulikat, Kota Lhokseumawe menjadi pilihan ketiga dari daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Lhokseumawe. Derah di sekitar waduk yang terbentuk secara alami ini dijadikan destinasi wisata untuk melindungi dan merawat waduk tersebut. Ada apa saja di sini? Ada rumah Aceh, flying fox, jembatan yang pastinya instagramable, dan beberapa lokasi untuk bersantai. Mau piknik di sekitar Waduk Jeulikat? Bisa banget.

waduk jeulikat destinasi wisata di lhokseumawe
Waduk Jeulikat

Masjid Agung Islamic Center

Masjid Agung yang didirikan di pusat kota Lhokseumawe sejak tahun 2001 ini menjadi ikon pusat pengkajian dan pengembangan Islam. Komplek Islamic Center ini bukan hanya sekadar Masjid-nya saja, namun dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti gedung perpustakaan, Madrasah Diniyah, wisma tamu, gedung serbaguna, museum, rumah Imam besar, serta penjual-penjual makanan di sekitar masjid

masjid islamic center destinasi wisata di Lhokseumawe
Masjid Agung Islamic Center

Masjid Agung Islamic Center ini cocok banget untuk dijadikan spot foto lho. Bahkan sering dijadikan lokasi untuk foto prawedding ataupun post wedding. Bangunan tiga lantai dengan bergaya Timur Tengah ini memang instagramable sekali, apalagi berpadu dengan birunya langit. Oh iya, karena bangunannya sangat luas, tanyakan kepada petugas penjaganya, di mana spot foto terbaik di sini.

Satu hal yang perlu teman-teman catat, di Aceh punya kearifan lokal yang sebaiknya kita patuhi untuk kebaikan kita sendiri ya temans. Yaitu para wanitanya mengenakan hijab, bahkan sebaiknya juga menggunakan rok, gamis, atau atasan panjang hingga ke lutut terutama saat akan ke masjid.

Nah, itulah dia empat destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Lhokseumawe. Destinasi wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi dan jadi favoritmu?

Sumber foto tanpa watermark: Ist


Tidak ada komentar