5 Tempat Wisata di Medan untuk Mengeksporasi Budaya dan Sejarah

Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan dua destinasi wisata yang terlintas begitu berbicara mengenai Sumatera Utara. Bukan itu saja, ada banyak destinasi wisata alam lain seperti Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, Arung Jeram Sungai Wampu, Bukit Indah Simarjarunjung, Pantai Salju, Bukit Paropo Silalahi, dan destinasi wisata lain yang tak kalah memukau. Tempat wisata di Medan

Sayang, kebanyakan destinasi tersebut berjarak cukup jauh dari ibukota provinsi, Medan, sehingga cukup memakan waktu di perjalanan bila ingin mengunjunginya. Lantas, harus ke mana bila hanya punya waktu singkat untuk menjelajah kota Medan?

tempat wisata di medan


Pertanyaan ini muncul sejak aku tiba di provinsi terbarat di Indonesia yang menjadi tetangganya pada bulan November tahun lalu. Letaknya yang persis bersebelahan dengan Daerah Istimewa Aceh ditambah ajakan salah satu teman untuk datang ke kotanya tersebut, membuatku tergelitik untuk membuat daftar tempat wisata di Medan yang ingin kusinggahi sesegera mungkin.

Baca juga: Empat Destinasi Wisata di Lhokseumawe yang Wajib Dikunjungi

Ditambah kentalnya budaya di kota Medan yang bisa kita eksplorasi lebih lanjut dengan mendatangi lima destinasi wisata ini, tentunya dengan dana yang tidak menjebol kantong. Ada apa saja?



Mengeksporasi Budaya dan Sejarah di 5 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Datangi



Museum Sumatera Utara Tempat Wisata di Medan

Museum Sumatera Utara dibangun pada tahun 1954 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef di lahan seluas 10.468 meter persegi. Bangunan utama museum ini sendiri menggambarkan rumah tradisional Sumatera Utara, sedangkan bagian atap depan dihiasi ornamen etnis dari suku-suku di Sumut ini. 

Kamu ingin mencari tempat wisata di Medan yang lagi hits? Maka kamu wajib singgah ke Museum Sumatera Utara. Menjadi salah satu museum terbaik di Indonesia, ada banyak hal yang bisa kita telusuri di Museum Sumatera Utara ini.

museum sumatera utara tempat wisata di medan
Museum Sumatera Utara. Sumber: panduanwisata.id

Ada hasil seni dan kerajinan dari berbagai suku di Sumatera Utara sebagai warisan budaya. Ada pula banyak koleksi patung pengantin lengkap dengan ornamen-ornamennya dari suku-suku utama di Sumatera Utara.

Ruang koleksinya terbagi menjadi enam kategori: masa prasejarah, kebudayaan Sumatera Utara kuno, kerajaan Hindu-Buddha, kerjaan Islam, kolonialisme, dan perjuangan rakyat di Sumatera Utara. Ada pula ruang pahlawan dan gubernur Sumatera Utara.


Tjong A Fie Mansion Tempat Wisata di Medan

Masih di kawasan Kesawan, Medan, kali ini kita beralih ke Tjong A Fie Mansion. Rumah yang dibangun oleh Tjong A Fie, seorang pedagang Hakka yang diangkat menjadi Majoor der Chineezen dan juga sebagai pemimpin pembangunan rel reketa api dari Medan-Belawan.

Bangunan Tjong A Fie Mansion dibangun dengan bercita rasa perpaduan budaya Cina, Melayu dan Eropa. Sebagai museum dan cagar budaya, maka beragam peninggalan budaya dan sejarah dari peranakan China Indonesia ini sudah lengkap dengan kebutuhan masa kini. Ada museum kafe, galeri foto, butik, tentunya dengan budaya dan sejarah yang kental.

tjong a fie tempat wisata di medan
Tjong A Fie Mansion. Sumber: tjongafiemansion.org


Kuil Shri Mariamman Tempat Wisata di Medan

Mencari Little India ala Medan tidaklah susah. Datanglah ke Kampung Keling atau Kampung Madras di mana sebagian besar masyarakatnya beragama hindu. Di Kampung Madras ini terdapat Kuil Shri Mariamman yang didirikan pada 1881 sebagai penghormatan terhadap Dewa Kali.

Sejak abad 3M, masyarakat India sudah mulai menjalin hubungan dengan Sumatera Utara. Mereka membawa agama hindu dan Buddha serta tentu saja berdagang. Untuk memenuhi kebutuhan peribadatan inilah, Kuil Shri Mariamman kemudian dibangun dan menjadi saksi masuknya budaya India ke Sumatera Utara.

Kuil Shri Mariamman ini bernuansa India yang bisa dilihat dari warna kuning emas dari kuil dengan patung-patung kecil di pinggirannya. Di dalam kuil ini, terdapat patung dewa-dewi seperti Dewa Siwa, Brahma, Ganesha, Wisnu, dll. Kita juga bisa melihat perayaan Deephavali dengan perempuan berpakaian sari.



Masjid Raya Al-Mashun Tempat Wisata di Medan

Mari kita menggali lebih dalam mengenai Kesultanan Deli di Masjid Raya Al-Mashun atau Masjid Raya Medan yang pernah menjadi satu dari dua masjid resmi Kesultanan Deli. Masjid Raya Al-Mashun ini menjadi tempat wisata di Medan yang berada di pusat kota dan tak jauh dari Istana Maimun.

Masjid Raya Al-Mashun tempat wisata di medan
Masjid Raya Al-Mashun. Sumber: simas kemenag

Setelah lepas dari Kesultanan Aceh dan Kesultanan Siak Sri Indrapura, Kesultanan Deli berkembang dengan pesat setelah memindahkan pusat pemerintahan ke Padang Datar sebagai pusat kota Medan. Sultan Ma'mum Al Rasyid Perkasa Alam dari Kesultanan Deli sendiri membangun Masjid Raya Al-Mashun sejak 21 Agustus 1906 hingga 10 September 1909. Masjid ini dibangun lebih megah melebihi Istana Maimum sebagai tempat tinggal sang Sultan.

Uniknya, Masjid Raya Al-Mashun dirancang secara simetris bersegi delapan, dengan mengusung corak budaya Eropa, Timur Tengah, Melayu, dan Maroko. Bentuknya yang segi delapan ini membuatnya memiliki ruang bagian dalam yang berbeda dengan masjid seperti biasanya.



Istana Maimun Tempat Wisata di Medan

Berkunjung ke kota Medan tentunya belum lengkap bila belum datang ke Istana Maimun. Inilah tempat wisata di Medan kedua yang wajib didatangi untuk menelusuri budaya dan sejarah Medan. Istana Maimun dirancang pada tahun 1888 pada pemerintahan Sultan Ma'mum Al Rasyid Perkasa Alam dan rampung tahun 1891 dengan memadukan unsur kebudayaan Islam, India, Spanyol, Italia, dan Melayu.

Di Istana Maimun ini, ada beberapa peninggalan Kesultanan Deli yang bisa kita saksikan secara langsung, seperti singgasana berwarna kunung, foto-foto raja dan permaisuri dari Kesultanan Deli, ornamen-ornamen cantik, serta perabot-perabot istana.

Istana Maimun tempat wisata di medan
Istana Maimun. Sumber: fakta.news


Itu dia lima destinasi wisata Medan yang wajib dikunjungi. Eits, tenang, tentunya masih banyak destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi bila memiliki waktu liburan yang lebih panjang.

Nah saat ke medan nanti, selain sudah merencanakan itinerary dari daftar lima tempat wisata di Medan di atas, tentunya kita harus merencanakan penginapan dengan sebaik-baiknya dong. Karena penginnya liburan hemat, pastinya untuk penginapan pun tak harus yang mahal bukan? Hotel murah juga okay kok.

Kamu mau pesan kamar hotel di Medan di hotel bintang 3, hotel bintang 4, hotel bintang 5 atau penginapan dengan harga hotel murah lainnya secara online? Bisa banget, babe. Semuanya tersedia dan bisa dipesan di Pegipegi. Untuk booking kamar hotel di Pegipegi pun gampang banget. Kita buka aja websitenya Pegipegi di gawai pribadi. Dengan beberapa kali klik, pemesanan kamar pun selesai tanpa ribet.

Daftar tempat wisata di Medan, checked. Penginapan, checked. Siap untuk memulai perjalananmu ke kota Medan?

Tidak ada komentar