Subscribe!

"Semoga pandemi ini bisa berakhir sebelum Ramadan, jadi saat Idulfitri nanti tetap bisa mudik, kumpul keluarga dan teman-teman semuanya." work from home



Lagi-lagi ucapan itu yang mampir di aplikasi chat berwarna hijau di gawaiku pagi ini. Ya, memang bukan sekali itu saja ucapan sejenis terlontar oleh beberapa teman. Betapa tidak, Lebaran kali ini kita memang terancam tidak bisa menikmati kemeriahannya seperti biasa.

Kemungkinan tak akan ada pawai takbir keliling yang biasanya terasa memekakkan telinga namun selalu ditunggu-tunggu itu. Besar kemungkinan tak ada lagi acara mudik ke kampung halaman guna berkumpul dengan seluruh anggota keluarga besar.

Tak ada lagi jadwal-jadwal buka bersama dan reuni dadakan saat akhir Ramadan menjelang dan setelah Idulfitri hari pertama. Tahun ini tak akan ada hiruk-piruk terdengar saat salat Ied berjamaah di masjid. Tak ada kehebohan di rumah karena ingin cepat-cepat ke masjid untuk salat tarawih bersama.


work from home



Meski mungkin masih ada beberapa orang yang ngeyel, tapi sebisa mungkin harus kita lakukan demi kebaikan kita bersama. Meski kita tahu, tak mungkin dalam waktu sesingkat ini, semua hal bisa kembali seperti semula.

Ah rasanya belum-belum api semangat terasa mulai padam, padahal tanpa terasa sebentar lagi bulan Ramadan akan segera datang berkunjung. Sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi mengapa, sebab semua orang sudah mengerti apa penyebabnya.




Work From Home dan Social Distancing



Pandemi yang kita alami saat ini memang membuat langkah kaki kita terbatas. Sebagian pekerja yang menerima kebijakan untuk Work from Home (WFH) memindahkan tempat kerjanya dari kantor ke rumah, meski banyaknya tugas yang dikerjakan masih sama, bahkan bisa jadi bertambah. Meeting dengan klien ataupun rekan kerja pun kini dialihkan menjadi via telekonferensi daring.

Mahasiswa kini belajar dari rumahnya masing-masing dengan mengikuti kelas daring. Perayaan wisuda ditiadakan sementara, meski akan ada hati yang patah karena telah menunggu lama akan datangnya seremonial diwisuda.


work from home
Tak ada kehebohan anak-anak belajar dan bermain bersama di bulan Ramadan kali ini.


Siswa sekolah pun hampir tak ada ubahnya, belajar di rumah masing-masing dengan orang tua dan diawasi dari jauh oleh gurunya. Kita juga sebisa mungkin menjalani social distancing dan physical distancing guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Meski masih banyak yang tetap bekerja di luar rumah karena keadaan, tapi kita berusaha untuk melakukan semua kegiatan #DiRumahAja, ya kan?




Work From Home dan Social Distancing Mulai Menimbulkan Kegelisahan




Tak bisa dipungkiri bahwa memindahkan semua kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah menjadi #dirumahaja itu tidaklah mudah. Aku pribadi sudah lebih dari tiga minggu berkegiatan di rumah saja. Nah, meski sebagai seorang freelancer, biasanya pekerjaanku kebanyakan memang dilakukan di rumah, tapi ternyata benar-benar menerapkan Work From Home tanpa ada pilihan lain itu justru membuatku mulai gelisah.

Belum lagi celoteh orang-orang di sekitar kita yang mulai mengeluh. Ibu-ibu yang mulai pusing karena harus selalu on demi mengawasi anaknya belajar dan bermain, juga menyiapkan cemilan yang jauh lebih banyak. Anak-anak yang dipaksa untuk tak bertemu teman-teman sepermainannya. Pun para extrovert yang merindukan masa-masa di luar rumah.


work from home


Apalagi di bulan Ramadan yang akan segera datang itu, pastinya nanti akan terasa lebih panjang dari biasanya. Ya, kita semua mulai gelisah dan merindukan kebebasan keluar rumah. Untuk itulah, kali ini aku akan memberikan beberapa tips agar tetap 'waras' saat work from home di bulan Ramadan ini.




7 Tips agar Tetap 'Waras' Saat Work From Home di Bulan Ramadan



Tetap Produktif Walau Work From Home

Tips pertama adalah dengan tetap produktif. Lakukan semua hal positif yang bisa kamu lakukan. Ingatlah, work from home bukan berarti liburan, karena justru saat ini semua pekerjaan harus mampu kita selesaikan meski dari rumah. Tetaplah produktif untuk membuatmu merasa tak asing.


Upgrade Diri

Meski kamu termasuk dalam kaum pencinta rebahan, saat ini sangatlah tepat untukmu meng-upgrade diri. Tingkatkan skill yang kamu miliki selama di rumah aja. Gimana caranya? Gampang kok, di saat ini kita dapat meng-upgrade diri dengan berbagai cara.

Misalnya ikut forum atau seminar online. Bisa juga melalui berbagai platform pembelajaran, lewat aplikasi, maupun video misalnya. Psssttt selama waktunya WFH ini ada banyak platform pembelajaran yang menggratiskan fitur-fiturnya loh. Kita mesti rajin cari info demi meningkatkan skill yang dimiliki nih.


work from home
Temukan waktu untuk me time saat work from home.



Me Time dan Pampering Yourself

Inilah saatnya kita untuk memanjakan diri di rumah. Toh, merawat diri tak harus dilakukan di salon kok. Kita juga bisa melakukan perawatan di rumah, bahkan bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga lainnya. Apalagi menyambut Idulfitri nanti, pastinya pengin kelihatan lebih kinclong saat Lebaran tiba, ya kan?

Me time ini penting banget agar kita nggak 'gila'. Lakukan berbagai hal yang membuatmu bahagia, bahkan bila sekadar duduk-duduk di kamar sambil mendengarkan musik. Cari hal-hal yang kamu ingin lakukan namun susah untuk dicari waktunya selama ini.

Atau bisa juga dengan melakukan hobi yang jarang dilakukan akibat kesibukan. Menanam bunga di halaman, misalnya. Bisa juga dengan memasak kue untuk dinikmati bersama keluarga. Atau membabat habis timbunan buku yang berdebu, lama tak tersentuh itu. Temukan waktu untuk me time versimu sendiri, dan nikmatilah.


Tingkatkan Ibadah

Mumpung di bulan Radaman, tingkatkan ibadahmu jadi pilihan yang paling bijak. Perbanyak ibadah, misalnya salat sunnah, mengaji setelah salat magrib, tarawih, dan salat subuh. Membantu menyiapkan panganan berbuka pun bisa dikategorikan sebagai ibadah loh.


work from home
Tingkatkan ibadahmu selama bulan Ramadan.



Bercengkrama dengan Keluarga

Mumpung sama-sama di rumah, saat ini bisa kita manfaatkan untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga. Bercerita tentang banyak hal bersama orang tua dan saudara akan membuat kita lebih bahagia loh. Pastinya bikin kita tetap 'waras' dan dapat membantu menguatkan imun tubuh.


Beres-beres Rumah

Kalau beres-beres rumah sih selalu jadi tradisi menjelang Idulfitri. Walaupun kali ini akan dilewatkan di rumah saja, tapi beres-beres rumah, mengubah posisi furnitur dan barang-barang lain sesuai keinginan akan membuat rumah terlihat lebih rapi. Selain itu juga membantu untuk menghilangkan virus-virus yang tertinggal loh, kita juga jadi lebih happy.


Belanja Online

Seperti biasa, kebutuhan kita saat bulan Ramadan dan Idulfitri itu jadi lebih banyak. Mulai dari kebutuhan diri, seperti baju baru, kebutuhan pribadi, obat-obatan, vitamin, kue kering, skincare, dan masih banyak lagi. Mengingat situasi dan kondisi saat ini, maka akan lebih bijak bila kita berbelanja online saja. Rasanya akan jadi lebih nyaman karena dapat meminimalisir kegiatan kita di luar rumah.


work from home
Belanja online biar lebih safe.


Selain itu selama bulan Ramadan ini (lebih tepatnya mulai tanggal 1 April 2020), e-commerce Tokopedia pun memberikan kita berbagai penawaran dan promo-promo seru untuk menyambut Ramadan tahun ini loh. Ada apa aja sih?

  1. Bebas ongkir. Udah deh, kaum pencinta bebas ongkir, mari kita merapat!
  2. Crazy Deals (mulai tanggal 1 April). Akan ada promo menarik setiap hari di Tokopedia untuk kategori yang berbeda-beda.
  3. Brand Deals (mulai tanggal 1 April). Tokopedia memberikan penawaran menarik dari brand-brand eksklusif.
  4. Flash Coupon (mulai tanggal 1 April). Ada banyak kupon promo yang bisa kita gunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.
  5. Kejar Diskon (mulai tanggal 1 April). Promo flash sale, gaes. Cuuuus pantengi Tokopedia untuk dapatkan produk incaranmu dengan harga super murah!
  6. Tokopedia Play-Live Shopping (mulai tanggal 20 April). Kita dapat menikmati pengalaman bertransaksi yang lebih seru, dengan diskon, promo eksklusif dan cashback yang oke punya.
  7. Kotak Kejutan (mulai tanggal 6 April), terdiri dari Kotak Kejutan dan Scan QR.
- Kotak Kejutan (lakukan tap di app untuk mendapatkan hadiahnya)
- Scan QR (temukan tanda QR lalu scan untuk mendapatkan hadiah dari setiap partner offline store-nya Tokopedia)
- Kotak Kejutan dan Scan QR ini berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah: kupon diskon + OVO Points, kupon cashback + OVO Points, serta kupon undian grand prize (terdiri dari 1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram, dan 1000 powerbank) + OVO Points.

          8. Dan terakhir, Gajian Ekstra (27-29 April)


Ada banyak banget kan promo, aktivitas, dan penawaran dari Tokopedia untuk menyambut bulan Ramadan ini? Apalagi kalau untuk jajan reksadana dan cek harga emas hari ini, bisa banget dong di Tokopedia.

Udah deh, kalau belanja yaudah belanja online aja ya gengs, jangan ngeyel. Mari kita manfaatkan promo-promo Tokopedia yang menggiurkan banget itu. Jangan lupa 7 tips di atas dilakukan juga ya, agar kita tetap 'waras' selama work from home di bulan Ramadan ini.

Rajin-rajin cuci tangan, stay safe dan teruslah produktif saat menyambut Ramadan ini ya!

No comments: