Subscribe!

gerak manipulatif



Pernah dengar istilah gerak manipulatif? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan gerak manipulatif pada anak itu?



Apa Itu Gerak Manipulatif?



Gerak manipulatif adalah gerakan kompleks dengan koordinasi anggota tubuh terhadap benda-benda di sekitarnya, misalnya bola, pemukul, dan raket. Gerakan kompleks ini akan dilewati semua anak dalam masa tumbuh kembangnya, membuat mereka butuh kontrol secara berkesinambungan dari orang-orang dewasa.

Apa saja contoh gerak manipulatif? Yaitu menangkap, menendang, menggiring, melempar, melambungkan, memantulkan, menyerang, dan memukul bola. Dalam perkembangannya nanti, keterampilan memanipulasi obyek bergerak ini dapat menopang kebutuhan gerak pada masa kanak-kanak, hingga dewasa.

Ada tiga bagian dari keterampilan manipulatif:
  • Menambah penguasaan akan sebuah obyek: mengumpulkan, menangkap, dan mengambil.
  • Menjauhkan sebuah obyek: memukul, melempar, menendang.
  • Bergerak bersama sebuah obyek: memantulkan, membawa.


gerak manipulatif
Apa itu gerak manipulatif?




Apa Itu Gerak Lokomotor dan Nonlokomotor?



Adapun keterampilan manipulatif menjadi bagian dari keterampilan-keterampilan dasar. Beberapa keterampilan dasar ini harus dipelajari oleh anak-anak secara bersamaan, antara lain: keterampilan manipulatif, keterampilan lokomotor, dan keterampilan nonlokomotor.

Gerakan lokomotor merupakan gerakan yang menjadikan perpindahan tempat. Sebagai contoh: berlari dan berjalan. Sedangkan gerakan nonlokomotor adalah gerakan tanpa memungkinkan kita untuk berpindah tempat. Contoh gerakan nonlokomotor adalah memiringkan badan, membentangkan tangan, atau menekuk kaki.

Kita dapat mengukur kemampuan motorik anak saat mereka mempraktikkan gerakan nonlokomotor, lokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerak ini juga menunjukkan tidak ada masalah dalam perkembangan fisik anak.



5 Permainan untuk Meningkatkan Gerak Manipulatif pada Anak



Golf

Mau mencoba bermain golf bareng si kecil tapi tak punya halaman yang lapang? Jangan khawatir, bermain golf tidak harus dilakukan di lapangan luas kok. Kita bisa main di halaman rumah, atau bahkan di dalam rumah. Yang kita butuhkan adalah stik dan bola golf berbahan plastik.

Buat wahana lapangan golf di halaman atau di dalam rumah. Manfaatkan karpet panjang sebagai lapangannya dan dilengkapi dengan kardus berlubang sebagai sasaran golf.


gerak manipulatif
Ada lima permainan untuk memaksimalkan gerak manipulatif pada anak.



Bowling


Bowling sangat pas untuk melatih gerak manipulatif, karena permainan bowling sejatinya adalah kegiatan menggelindingkan bola. Tak perlu menggunakan bola bowling sungguhan, gunakan saja bola plastik. Susunlah pin-pin dengan rapi hingga membentuk barisan seperti permainan bowling sungguhan.

Ajari si kecil untuk menggelindingkan bola menuju pin-pin yang telah tersusun rapi. Saat bermain bowling pula, si kecil akan belajar bagaimana mengontrol kekuatan mereka serta bagaimana mengendalikan arah bola yang digelindingkan.


Bola Beranting

Bola beranting atau permainan oper bola bisa dilakukan untuk memaksimalkan gerak manipulatif anak. Selain itu, bola beranting juga dapat mempererat bonding antar anggota keluarga. Apalagi permainan ini tidak susah untuk dilakukan, hanya mengoper bola antara pemain.

Saat bermain bola beranting, si kecil akan melatih gerak kedua tangannya secara seimbang dan belajar melakukan koordinasi antar anggota tubuh: tangan, kaki, dan melihat dengan mata yang berperan secara bersamaan dalam permainan satu ini.


Basket

Basket memang terlihat sederhana, tapi ternyata dapat menjadikan si kecil jadi lebih aktif. Tak perlu memintanya untuk bermain dengan peraturan yang ribet layaknya orang dewasa, mintalah si kecil untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke ring.


Permainan Tradisional

Selain bermain bola seperti permainan-permainan sebelumnya, ajaklah si kecil untuk melakukan permainan tradisional bersama temannya. Ada banyak sekali permainan tradisional yang bisa dipilih dan membuat si kecil bahagia, seperti kejar-kejaran, main kelereng, lompat kodok, engkleng, lompat tali, dan lain sebagainya.


Selamat bermain sambil belajar bersama si kecil!

No comments: