Subscribe!

Instagram memang dipenuhi dengan oarng-orag yang terkenal di platform tersebut, yang biasa disebut sebagai selebgram atau influencer. Para selebgram ini berhasil mengumpulkan popularitas, meski kebanyakan bukanlah ketenaran instan. Sedikit demi sedikit, mereka membangun akunnya, hingga pada akhirnya mereka menjadi seperti yang kita kenal sekarang. personal branding.

Hal ini tidaklah mudah, temans. Tidak ada sesuatu yang bisa kita dapatkan hanya dalam semalam saja. Butuh perjuangan, kerja keras, dan waktu. Maka tak heran bila akhirnya dengan ratusan ribu pengikut, bahkan jutaan, mereka mulai mempromosikan banyak hal: seperti makanan, pakaian, dan banyak lagi.


personal branding



Tentu saja ada banyak selebgram, hal ini berarti yang unik dan berbeda akan 'stand out' dengan sendirinya. Misalnya, selebgram nyeleneh dengan foto-fotonya yang artistik, selebgram dengan pengikutnya yang setia, selebgram dengan feed warna-wani, atau bahkan selebgram dengan feed ber-niche tertentu.

Aku sendiri pun sedang mencoba mengembangkan akun instagramku, walaupun masih jadi pr besar karena masih banyak yang perlu dibenahi di sana-sini. Untuk itulah, aku mencoba menganalisa hal apa saja yang diperlukan agar bisa eksis di instagram. Salah satu hal terpenting ternyata adalah personal branding.




Personal Branding, Seberapa Pentingnya Bila Ingin Eksis di Instagram? Hal Apa Saja yang Harus Dilakukan?




Tentukan Personal Branding

Satu hal terpenting yang perlu kita perhatikan adalah personal branding atau citra diri. Personal branding inilah yang akan membuat kita terlihat unik. Tanyakan pada dirimu sendiri, citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan? Apakah sebagai seorang freelancer dengan segala kesibukan paruh waktunya? Atau mungkin seorang pegawai kantoran sekaligus penasihat finansial? Seorang traveler dengan gaya liburan hedon juga bisa banget dijadikan personal branding.

Mengapa personal branding itu penting? Sebab dengan personal branding, kita akan membedakan diri dari akun-akun lain, menonjolkan keunikan dan originality guna mencapai tujuan tertentu.


personal branding
Tentukan personal branding-mu.


Konsisten

Setelah menentukan personal branding yang akan ditampilkan, mulailah memposting foto dan video sesuai dengan citra diri tersebut. Konsistenlah membangun personal branding dalam jadwal rutin, misalnya per tiga hari sekali atau bahkan setiap hari juga bisa loh. Bersabarlah, karena konsisten memang butuh waktu.


Tumbuhkan Pengikut dan Keterlibatan

Seiring dengan konsistensimu dalam menumbuhkan postingan dengan citra diri, tumbuhkan pula para pengikut atau followers. Mereka yang penasaran dan menyukai postinganmu tersebut tentu tidak akan segan untuk menekan tombol follow. Bangun pula keterlibatan dengan para pengikutmu ini dengan memberikan caption menarik dan foto-foto yang oke, hingga jumlah suka dan komentarmu terus bertambah.


personal branding
Bangun pengikut dan keterlibatan.


'Jual Diri Sendiri'

Setelah pengikutmu merangkak naik, saat itulah kamu bisa 'menjual dirimu sendiri'. Beberapa merek bisa saja menghubungi bila kamu dianggap bisa mewakili nilai dan kepribadian dari merek tersebut. Nah, bila kita memang sudah menjadi pemakai setia sebuah merek, maka bisa menjadi poin plus loh.

Namun ingat, dalam transaksi ini kita diharapkan untuk memberikan brand awarness sehingga para pengikut menjadi tahu tentang merek tersebut. Dan pada akhirnya, postingan kita tersebut akan menjadi pertimbangan para followers dalam memilih barang yang dibutuhkan.


Profesional

Satu hal yang harus diingat, yaitu kita harus bekerja secara profesional. Pahami jangka waktu dari kontrak kerja yang diberikan, jangan sampai melewati deadline atau tidak menyelesaikan tugas. Berikan yang terbaik dan bersikaplah profesional, dan tetaplah rendah hati. Nggak perlu lah jadi bagian dari drama, apalagi bila sengaja membuat drama, it's a big NO.

Untuk menjadi lebih profesional, tak ada salahnya untuk mempelajari banyak hal baru, misalnya mendalami bahasa Inggris. Bila teman-teman ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kuncinya adalah dengan terus memperkaya kosakata dan tata bahasa. Cobalah mencari tau bagaimana campaign EF Ambassador dan apa itu EF Ambassador dari EF Adults di cabang terdekatmu. Siapa tau kamu bisa menjadi brand ambassador EF, ya kan. Selamat mencoba ^^

No comments: