Gigi memang hanyalah bagian kecil dari tubuh kita. Eh tapi jangan salah, meskipun kecil-kecil begini, gigi pun penting untuk diperhatikan. Meski banyak yang menyepelekan kesehatan gigi dan mulut, apalagi mengenai cara menghilangkan plak gigi, tapi sebenarnya gigi sebagai organ pengunyah makanan merupakan titik awal dari pencernaan kita. Sedangkan lidah berfungsi sebagai organ pengecap yang memberikan kita rasa terhadap makanan yang kita makan.

Sebab itulah kesehatan gigi dan mulut harus turut menjadi concern bagi kita. Kenapa? Ya akan ada banyak masalah gigi yang timbul bila kita tidak menjaga dan merawatnya dengan baik, di mana akan timbul perasaan tidak nyaman dan rasa sakit pada gigi.



plak gigi






5 Masalah Gigi Selain Plak Gigi yang Sering Kita Alami




Plak Gigi dan Karang Gigi

Hmmm, bukannya karang gigi dan plak gigi itu sama saja? Ternyata berbeda, loh. Plak gigi merupakan lapisan mikroorganisme yang menempel di sela-sela gigi dan gusi. Dari datangnya mikroorganisme ini? Tentu saja dari beragam makanan yang kita konsumsi. Mikroorganisme ini memproduksi asam yang dapat merusak enamel gigi.

Lantas apa perbedaannya dengan karang gigi? Karang gigi merupakan lapisan plak gigi yang lama-kelamaan mengeras dan sulit untuk dihilangkan, sebab karang gigi tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi belaka. Selain bisa membuat gigi berlubang, karang gigi juga dapat menyebabkan bau mulut serta peradangan pada gusi.


Bau Mulut

Yup, berawal dari karang gigilah bau mulut berasal. Kumpulan bakteri pada karang gigi ini mampu menimbulkan bau tidak sedap. Selain karang gigi, bau mulut juga dapat muncul disebabkan oleh beberapa masalah gigi. Yaitu gigi berlubang dan sisa akar yang tidak dibersihkan.



plak gigi
Plak gigi dan gigi berlubang selalu jadi masalah gigi yang membuat kita tidak nyaman.




Gigi Berlubang

Katanya sih, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Tapi percayalah, gengs, sakit gigi pun rasanya nggak enak. Bohong namanya, kalau bilang sakit gigi itu hanyalah masalah sepele. Sebab mau kerja nggak bisa, belum lagi bisa membuat mood jadi berantakan.

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah karang gigi. Namun ternyata gigi berlubang juga bisa disebabkan oleh jaringan gigi yang berubah menjadi karies gigi. Karies gigi yang terus bergerak ke dalam gigi dan sampai ke bagian pulpa, ini sudah menjadi gigi berlubang kategori berat loh, sebab harus dilakukan perawatan saluran akar, alih-alih hanya menambalnya.

Gigi berlubang biasanya bermula dari lubang kecil dan bila dibiarkan menjadi besar. Lubang besar ini bisa menjadi pusat berkembangnya bakteri dan berdampak ke gigi di sekitarnya, loh.


Gusi Berdarah

Gusi berdarah sejatinya merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh secara alami. Bila gusi kotor, tubuh meresponnya dengan menganggap gusi kotor tersebut sebagai iritan. Makanya gusi jadi mengeluarkan darah untuk menghilangkan iritan tersebut. Namun bila gusi berdarah terus-menerus, tulang penyangga gigi pun bisa rusak.


masalah gigi
Jangan lupa jaga kesehatan gigi dan mulut agar tidak timbul masalah gigi ya, temans.



Apalagi banyak dari kita yang menganggap gusi berdarah bukanlah masalah yang berat, sebab sering kali tidak terasa sakit. Akibatnya, gusi berdarah akan menjadi infeksi berkelanjutan loh. Ngeri sih jadinya.


Sisa Akar

Sisa akar dari gigi yang berlubang bisa jadi masalah gigi loh. Sebab sisa akar akan menjadi kotoran di mulut yang menimbulkan bau mulut. Selain itu, sisa akar juga dapat mengiritasi jaringan gusi dan berakibat pada peradangan pada gusi.



Nah, itulah tadi 5 masalah gigi selain plak gigi yang sering dialami. Masalah gigi mana yang pernah kamu lalui, temans? Yuk kita terapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan sehat dan bergizi, stay safe, dan sebisa mungkin stay di rumah aja ya... ^^

No comments: