Sejak pandemi corona virus melanda, sebagian besar dari kita memang menghabiskan waktu dan berkegiatan dari rumah. Begitu pula dengan aku yang sebisa mungkin tidak keluar rumah kecuali benar-benar perlu. Nah, untuk perawatan wajah, tubuh, dan perawatan rambut, terutama menghaluskan rambut kini dialihkan dari rumah saja.

Rambutku sendiri cenderung kering dan kusut. Kalau dulu sih sering bercabang, tapi sekarang sudah nggak lagi sih, alhamdulillah. Nah, kali ini aku akan berbagi beberapa perawatan rambut agar lebih lembut dan halus, yang bisa dilakukan dari rumah. Pssstt, semuanya nggak ada yang susah kok, malah cenderung simpel yuhuuuu~~~



perawatan rambut






5 Tips Perawatan Rambut Agar Tetap Lembut dan Halus Meski di Rumah Aja




Perawatan Rambut: Keramas Maksimal Dua Hari Sekali

Salah satu hal penting yang harus dipahami adalah akar rambut memproduksi minyak alami untuk melapisi dan melindungi helai rambut kita. Hal inilah yang menyebabkan lama-lama rambut terasa lepek dan membuat kita ingin segera keramas. Apalagi bila dalam cuaca panas, ya kan, malah kalau bisa penginnya keramas dua kali sehari.

Tapi jangan, gengs. Terlalu sering keramas akan membuat rambut kita kehilangan minyak alaminya ini. Apa yang akan terjadi bila rambut kehilangan minyak alaminya? Tentu saja rambut menjadi kering, rusak, kusam, dan kasar.


Conditioner is A Must

Yup, meskipun kita sering kali melewatkan step satu ini, ternyata menggunakan kondisioner itu sangatlah penting, loh. Dengan menggunakan conditioner dari tengah hingga ujung rambut, maka rambut akan menjadi lebih lembab, lembut, dan halus. Rambut juga jadi lebih mudah diatur ketimbang hanya menggunakan sampo biasa.



perawatan rambut
Ada 5 tips perawatan rambut agar tetap lembut dan halus.



Gunakan Masker Rambut

Kenapa harus menggunakan masker rambut? Bukannya sudah cukup hanya dengan menggunakan masker ya? Masker rambut memang memiliki khasiat yang mirip dengan conditioner, yaitu untuk menutrisi, melembabkan, menghaluskan, dan membuat rambut lembut. Namun nutrisi yang dikandung masker rambut lebih banyak dari pada conditioner. Makanya masker rambut hanya perlu digunakan kira-kira satu hingga dua kali saja per minggu.


Mengeringkan Rambut dengan Alami

Tahukah kamu, urusan mengeringkan rambut pun menjadi sebuah perawatan rambut. Salah memilih cara untuk mengeringkan rambut dapat membuat rambut menjadi rusak dan kusut, loh. Apalagi rambut yang sedang basah setelah keramas lebih rentan rusak sebab rambut sedang dalam keadaan lebih lemah.

Penggunaan hair dryer bisa membuat rambut menjadi rentan akan kekeringan, temans. Mengeringkan rambut dengan handuk pun bisa membuat rambut rusak, apabila kita mengeringkannya dengan cara menggosok-gosokkannya secara kasar menggunakan handuk. Sehingga cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah dengan cara menepuk-nepuk pelan rambut dengan handuk.



perawatan rambut
Perawatan rambut 101: keringkan rambut dengan alami.



Hindari Penggunaan Styling Tools yang Terlalu Sering

Iya, aku paham banget bahwa sebagai perempuan, menggunakan styling tools untuk membentuk rambut sesuai keinginan kita itu memang sangatlah menggoda. Misalnya saja straightener atau pelurus rambut, ataupun pengeriting. Apalagi kalau melihat para artis dan influencer dengan tatanan rambut itu, wuih, rasanya bikin kita pengin selalu bersahabat dengan styling tools, ya kan.

Tapi di balik itu, penggunaan styling tools yang terlalu sering akan mengakibatkan rambut kering. Apalagi kalau kita tidak menggunakan produk hair tamer sebagai pelapis rambut, sehingga rambut langsung berhadapan dengan panasnya straightener dan pengeriting rambut. Kalau begini sih, bye-bye rambut halus dan lembut, huhu.



Nah, itulah 5 tips perawatan rambut agar tetap lembut dan halus meski kita hanya di rumah aja. Oh iya, gunakan sisir rambut bergigi jarang, juga bisa dicoba loh, agar rambut lebih halus dan lembut. Selamat mencoba.. ^^

No comments: