Blogger, Apa Perannya di Dunia Literasi Digital?

Aku sering bingung bila ditanyai mengenai pekerjaanku saat ini. literasi digital, blogger, blogger indonesia

Bila menjawab bloger, belum banyak orang paham apa yang dimaksud dengan blogger, bloger, atau narablog itu. Akan ada banyak pertanyaan berkelanjutan akan job yang kugeluti ini, apalagi oleh para orang tua yang lebih senang bila anaknya kerja di kantor saja.

Termasuk orang tuaku yang kadang masih belum mengerti akan anaknya ini~~~



peran blogger pada literasi digital


Blog dan Bloger



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia V, blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Sedangkan bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog.


Ngeblog di mana Nin? Ada berbagai macam platform yang dapat kita manfaatkan untuk ngeblog. Dua di antaranya yang terkenal adalah Blogger dan Wordpress yang akan sedikit kita bahas kali ini.


Blogspot (Blogger.com) Literasi Digital

Blogger.com (dulunya adalah blogspot.com) merupakan layanan blogging gratis yang paling banyak digunakan. Blogger dulunya dikembangkan oleh Pyra Labs, dan dibeli Google pada tahun 2003. Blogger.com menggunakan hosting dari Google, yang berarti kita tidak perlu lagi membayar biaya 'rumah' dari blog kita.


peran blogger pada literasi digital
Aku blogger Indonesia, kalau kamu?


Penyimpanan gambarnya pun bisa langsung kita akses karena tersimpan di Picassa, sehingga meski blog telah dihapus, gambar masih bisa kita gunakan. Untuk yang inging memasang iklan, ada beberapa jenis iklan yang bisa dipasang, Google Adsense misalnya.


Wordpress Literasi Digital Blogger Blogger Indonesia

Selain Blogspot, Wordpress tak kalah banyak digunakan loh. Berbeda dengan Blogspot, di Wordpress kita bisa memilih wordpress.com dengan hosting dan subdomain gratis ataupun wordpress.org yang menggunakan hosting berbayar.


Pada Blogger.com kita bisa menggunakan domain TLD, misalnya www.misupinku.com dan hanya membayar domain tahunannya saja. Pada Wordpress.com, bila ingin menggunakan domain TLD maka harus membayar biaya ke Wordpressnya. Maka bila ingin menggunakan Wordpress dan domain TLD, aku lebih menyarankan menggunakan Wordpress.org saja. FYI, blog aninditaayu.com sudah menggunakan wordpress.org.

Karena sedikit rumit, penjelasan lebih lanjut bisa membaca postinganku yang ini: Kenapa Harus Migrasi ke Wordpress Self Hosted


peran blogger pada literasi digital
Gini nih, kerjaan jadi blogger, mantengin laptop setiap hari

Blogger dan Perannya dalam Literasi Digital, Blogger Indonesia

Blogger dan Perannya dalam Literasi Digital


Apa yang dimaksud dengan literasi digital itu?

Literasi:
1. kemampuan menulis dan membaca
2. pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu
3. kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Literasi Digital: kemampuan untuk memahami informasi berbasis digital
(Kamus Besar Bahasa Indonesia V)

Singkatnya, literasi digital merupakan sikap, ketertarikan, dan kemampuan masing-masing kita untuk dapat menggunakan alat komunikasi dan teknologi digital, yang digunakan untuk mengakses, mengelola, mengevaluasi sebuah informasi yang menjadikannya sebuah pengetahuan baru. Dari pengetahuan baru tersebut, dipakai untuk berkomunikasi dengan orang lain.


peran blogger pada literasi digital
Blogger dan perannya pada literasi digital


Sounds a little bit weird, huh?

Jangan bingung, karena seperti KBBI V tadi, literasi digital merupakan kemampuan individu untuk memahami informasi berbasis digital. Apa hubungannya dengan blogger coba?

Sebagai salah satu pekerjaan yang fun (tapi kadang-kadang pusing juga kalau sedang deadline), menjadi narablog tentu turut terjun langsung dalam literasi digital. Seorang bloger bertugas untuk menyampaikan informasi melalui blognya, tentunya setelah melalui proses panjang mencari informasi, menelaah, menganalisis, mengevaluasi, mencari sumber valid, dan menuliskannya di blog.

Menulislah, bila bukan untuk orang lain, lakukan untuk dirimu sendiri.

Karena sudah tugas seorang bloger untuk berbagi. Bloger juga penulis kan? Setidaknya penulis di blog pribadi.

Iya ngaku, aku sudah terlalu lama tidak menulis fiksi lagi. Apa kabar tulisan-tulisanmu di luar blog ini Nin? Menulis untuk antologi terakhir aja sepertinya adalah awal tahun lalu. Nggak apa-apa, yang penting menulis di blog jalan terus deh ya *ngeles terus ajaa ~~~

Peran blogger terhadap literasi digital, tentunya untuk berbagi informasi melalui tulisan dong.

Mari menulis dan berbagi ^^



Tidak ada komentar