Buka Puasa Hari Ini, Lebih Baik di Rumah atau Buka Bersama di Luar?

Tepat pada Senin 6 Mei 2019 adalah hari pertama dimulainya puasa Ramadan tahun ini. Bagaimana persiapanmu untuk menjalani puasa sebulan penuh? Sudahkah kamu mempersiapkan diri sebaik-baiknya? Buka bersama, buka puasa, buka puasa menu, doa buka puasa, buka puasa hari ini, buka puasa ramadhan, buka puasa hari ini jam berapa, ngabuburit, ngabuburit adalah, puasa ramadan, puasa ramadhan 2019, niat puasa ramadhan latin.

Kalau kata si adek dan meme yang beredar di sosial media, salah satu hal yang dirindukan saat berpuasa adalah azan magrib LOL. Yak, azan magrib memang ditunggu-tunggu ya kan. Apalagi sejak beberapa jam sebelum berbuka yang biasa kita habiskan untuk ngabuburit, foto es teh aja udah jadi godaan terbesar XP.

buka puasa di rumah atau buka bersama di luar



Anyway, ada satu pertanyaan yang sering bikin kita galau di bulan Ramadan adalah perkara berbuka puasa di rumah atau buka bersama di luar. Nah, daripada bingung memilih, lebih baik kita lihat terlebih dahulu manfaatnya masing-masing.



5 Manfaat Berbuka Puasa Ramadan di Rumah



Quality Time dengan Keluarga

Bila sebelumnya kita dan anggota keluarga lain disibukkan oleh kegiatan masing-masing--ada yang bekerja, sekolah, kegiatan di luar rumah--maka dengan berbuka puasa di rumah bisa menjadi salah satu waktu untuk quality time bersama keluarga. Kita bisa saling berbincang dan bercerita tentang kegiatan kita di hari itu, apa saja yang kita rasakan, dan tentu saja tertawa bersama.


buka puasa di rumah atau buka bersama di luar
Buka puasa di rumah bisa sekalian quality time bareng keluarga, loh.


Lebih Hemat Buka Puasa

Alasan kedua adalah lebih hemat. Sederhana saja, berbuka dengan keluarga di rumah akan jauh lebih hemat ketimbang berbuka puasa di restoran. Bayangkan saja bila satu kali berbuka bersama di restoran akan menghabiskan uang setidaknya Rp 100 ribu, maka kalikan saja sepuluh kali. Satu juta rupiah kan bisa dialokasikan untuk dana lainnya, bukan?


Bisa Makan Masakan Rumahan

Gini deh, masakan rumahan itu terkadang terasa mahal loh. Apalagi untuk para mahasiswa atau pekerja yang merantau, masakan rumahan itu selalu berhasil bikin kangen. Bahkan sambal tempe buatan mama pun bisa bikin air liur menetes. Siapa nih yang begini?


Terbebas dari Kewajiban Booking Tempat dan Antre

Satu fenomena yang biasa kita liat saat bulan Ramadan adalah restoran dan kafe dipenuhi oleh pengunjung saat menjelang jam berbuka. Bila buka bersama dalam grup besar dengan belasan bahkan puluhan orang yang ikut, maka booking tempat berbuka sudah jadi kewajiban. Itu pun belum tentu kita bisa cepat mendapatkan tempat sesuai keinginan.

Belum lagi ditambah antrean saat menunggu makanan tiba, bisa jadi azan sudah berkumandang namun kita belum juga bisa menikmati kudapan untuk disantap. Bila kita berbuka di rumah, maka kita bisa memecahkan puasa sesegera mungkin tanpa repot dengan booking dan antre.


buka puasa di rumah atau buka bersama di luar


Bisa Beribadah Bersama Keluarga

Satu lagi keuntungan berbuka puasa di rumah, kita bisa beribadah bersama keluarga. Mulai dari salat magrib berjamaah, salat isya dan tarawih bersama, juga bisa dilanjutkan dengan bertadarus, tentunya bisa kita lakukan bersama di rumah atau pun di masjid terdekat. Dengan beribadah bersama, pahala yang kita dapatkan bisa lebih banyak. Ingatlah, urusan ibadah adalah nomor satu.



5 Manfaat Buka Bersama di Luar Rumah



Memperluas Networking

Memperluas networking dengan berbuka bersama di luar rumah patut kita pertimbangkan. Di saat bulan Ramadan ada banyak undangan berbuka puasa bersama terutama untuk para blogger dan influencer. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak relasi, siapa tahu bisa jadi pintu pembawa rezeki di kemudian hari.


Bersilaturahmi dengan Keluarga Besar

Bila dengan keluarga di rumah saja kita jarang bercengkrama bersama, apalagi dengan keluarga besar seperti nenek, kakek, para sepupu, om, dan tante? Buka bersama bisa menjadi ajang silaturahmi loh, temans. Bukan cuma kumpul-kumpul doang, ini saatnya kita untuk menjalin komunikasi lebih erat dengan keluarga besar.


Reuni dengan Teman Lama Buka Bersama

Dengan kesibukan masing-masing, berkumpul dengan teman-teman sekolah dan kuliah secara lengkap itu susah. Apalagi kebanyakan teman-temanku tinggal jauh dari tempatku tinggal sekarang. Bahkan yang tinggal di kota yang sama pun, meluangkan waktu untuk berkumpul itu belum tentu bisa dilakukan.

Kalau aku pribadi, setiap bulan Ramadan kebanyakan yang mengajak untuk buka bersama adalah teman-teman sekolah dan kuliah. Maka berbuka bersama teman-teman ini bisa menjadi reuni juga loh. Biasanya sih harus dadakan, karena bila direncanakan dari jauh-jauh hari justru rencana tersebut kemungkinan besar akan batal.


buka puasa di rumah atau buka bersama di luar
Buka bersama di luar rumah pun punya banyak manfaat.

Ngabuburit dengan Hal Positif

Bukan sekadar hura-hura, saat ngabuburit dan buka bersama di luar rumah pun bisa kita manfaatkan dengan hal-hal positif. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan, seperti membantu mempersiapkan takjil untuk berbuka puasa bersama di masjid, menyiapkan makanan untuk diserahkan ke panti asuhan, bikin acara kumpul berfaedah bersama teman sekomunitas, atau bahkan bikin konten bersama.

Ketimbang menghabiskan waktu sia-sia, pintar-pintarlah membagi waktu untuk melakukan hal-hal positif. Bayangkan, tidurnya orang berpuasa saja adalah ibadah, maka dengan mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan positif maka akan lebih baik dong. ngabuburit adalah, Buka bersama, buka puasa menu, doa buka puasa, buka puasa hari ini jam berapa, ngabuburit, ngabuburit adalah, puasa ramadhan 2019, niat puasa ramadhan latin.

Berbagi Rezeki

Selain berbuka puasa di tempat makan yang biasa kita datangi, kenapa tidak berbagi rezeki dengan tetangga? Coba lihat di lingkungan sekitarmu, adakah tetangga yang juga membuka tempat makan? Bila ada, ajak anggota keluargamu untuk berbuka puasa di restoran tetanggamu tersebut. Selain menjalin silaturahmi dengan tetangga, kita juga bisa sekalian berbagi rezeki.


Berbuka puasa di rumah atau buka bersama memang memiliki manfaatnya masing-masing. Pilih sesuai kebutuhan dan tentunya kondisi dompet serta rekeningmu. Jangan sampai memaksa diri demi gengsi, ya!

Jadi mau berbuka di mana nih hari ini? Berbuka di rumah aja atau buka bersama di luar?

Buka bersama, buka puasa menu, doa buka puasa, buka puasa hari ini, buka puasa ramadhan, buka puasa hari ini jam berapa, ngabuburit, ngabuburit adalah, puasa ramadan, puasa ramadhan 2019, niat puasa ramadhan latin.

3 komentar

  1. Biasanya buka puasa di luar rumah kalo di akhir2 Ramadhan mbak .Hee

    BalasHapus
  2. 😭kangen ngerasain puasa di kampung😭😭di sini puasa seadanya aja ....

    BalasHapus
  3. Kalau saya sekarang buka puasa di rumah aja deh ya soalnya kalau di luar mau buka puasa sama siapa gak punya geng atau kumpulan apa lagi.

    BalasHapus