Tips Anti Kekurangan dalam Mempersiapkan Dana untuk Mudik Lebaran 2018

tips anti kekurangan dalam mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018


Lebaran sebentar lagi..

Eh-eh sebelum itu kita akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tanpa terasa ya, pertengahan Mei semua umat muslim kembali berpuasa. Siapa yang sudah tidak sabar menanti Hari Raya Idul Fitri 1439 H?

Kalau aku excited banget dong. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena ... tengterengtereng ... mudik, yeaaayy! Yup, momen yang hanya terjadi sekali setahun ini tentu tidak boleh dilewatkan. Kapan lagi bisa melepas rindu dengan keluarga besar, dan bisa bertemu dengan teman-teman yang telah lama tidak berjumpa?

Setiap tahunnya mudik atau pulang kampung telah menjadi tradisi. Meski harus menempuh perjalanan panjang untuk kembali pulang, menembus kemacetan yang tak pernah lupa menyertai, namun tak menyurutkan semangat agar bisa bersukaria dengan keluarga dan merayakan lebaran bersama-sama.

Tapi sayangnya, mudik itu mahal. Beberapa hari lalu sempat cek-cek biaya tiket pesawat pulang dari Jakarta ke Bengkulu untuk beberapa hari sebelum lebaran sudah mencapai angka 1,3 juta. Belum biaya tiket pesawat untuk pulangnya. Dan itu juga kalau beli tiketnya sekarang, karena kalau teman-teman bekerja pasti biasanya beli tiket mepet-mepet waktu liburan karena menunggu jatah libur terlebih dahulu bukan? Bisa dipastikan harga tiketnya akan melambung menjadi jauh lebih mahal.

Itu baru biaya tiket pesawat saja. Oleh-oleh juga perlu dipikirkan nih. Tak mungkin pulang dengan tangan hampa kan? Belum lagi dana yang harus disiapkan untuk baju baru dan kue-kue lebaran. Oh iya, THR untuk adek-adek dan keponakan juga. Biaya jalan-jalan bersama keluarga dan sahabat juga belum dipersiapkan. Duh, pengorbanan untuk mudik ini ternyata banyak banget ya, huhu.

tips mempersiapkan dana mudik lebaran 2018


Apalagi para perantau yang hanya bisa pulang menjelang lebaran. Dilema banget dong, mau pulang ke kampung halaman ya mahal. Tapi kalau tidak pulang, udah kangen berat. Uang di kantong tidak seberapa pula. Pasti pusing tujuh keliling kan?

Tenang, di sini Misu Pinku datang membawa solusi atas semua permasalahan kekurangan dana mudik. Butuh berapa? Nih-nih aku kasih duitnya nyoh nyoooooh *sebar duit ala Bu Dendy.

Eitsss jangan marah dulu, Misu Pinku beneran punya tips mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018 nih. Jangan lupa diterapkan saat akan mudik lebaran nanti ya.

Persiapkan Rencana Pengeluaran Kebutuhan Pokok saat Mudik

Kebutuhan pokok saat mudik ini adalah kebutuhan yang pasti akan dibutuhkan. Biasanya kebutuhan pokok yang paling menghabiskan biaya adalah kebutuhan transportasi. Biaya tiket pesawat, kereta api, bus, mobil travel antar provinsi, atau jika membawa kendaraan pribadi maka harus pandai memperhitungkan biaya bahan bakar, makan di perjalanan, dan penginapan jika diperlukan. Kita dapat menggunakan dana THR (Tunjangan Hari Raya) untuk kebutuhan pokok saat mudik ini.

Persiapkan pula Dana Jalan-jalan

Momen kumpul keluarga harus dimanfaatkan untuk jalan bareng dong. Kapan lagi? Untuk itu, persiapkan dana khusus untuk jalan-jalan bersama keluarga. Kontrol diri untuk tetap berpegang pada rencana yang telah disusun. Awas kebablasan belanja saat jalan-jalan nanti ya!

Jangan Memaksa Diri membawa Oleh-oleh Mahal

Kalau memang uangmu belum cukup untuk membawakan keluarga oleh-oleh mahal, kenapa harus memaksa diri sendiri? Toh orang tua melihat kehadiran semua anaknya lengkap saat hari raya sudah cukup senang kok. Yang penting itu kebersamaan bukannya gengsi.

Baca juga: Budaya Minta Oleh-oleh dan Minta Belikan Barang


Jangan Membawa Uang Tunai dalam Jumlah Besar

Musim lebaran itu bukan berarti kita bisa melonggarkan kewaspadaan. Justru saat-saat seperti inilah semakin banyak kejahatan terjadi. Membawa uang tunai dalam jumlah besar just in case takut kekurangan uang malah akan merepotkan. Lebih baik membawa uang secukupnya di dompet dan jika membutuhkan uang lebih, cukup ambil dana yang dibutuhkan lewat ATM. Lagipula membawa banyak uang justru akan mendorong kita untuk lebih cepat menghabiskan uang tersebut.

Tetap Siapkan Dana untuk Keperluan Pasca Mudik

Walaupun kumpul bersama keluarga itu menyenangkan, jangan sampai kita terlena. Ingat, setelah lebaran kita mari harus menyambung hidup lho.. Jangan sampai si bos marah-marah kamu tidak juga kembali ke kantor karena kehabisan dana untuk melanjutkan hidup di perantauan. Jadi jangan lupa menyisihkan dana untuk keperluan pasca mudik ya!

Eh tapi ternyata setelah dihitung-hitung, persiapan dana mudik tahun ini masih jauh dari cukup. Terlalu banyak pengeluaran yang diperlukan. Untuk biaya tiket pesawat saja sudah lebih dari tiga juta. Belum lagi dana oleh-oleh dan biaya jalan-jalannya juga. Mau memberikan uang ke orang tua dan adek-adek. Teman kantor di perantauan pun kalau tidak diberikan oleh-oleh khas kampung halaman juga pasti ngga enak. Harus mempersiapkan dana untuk pasca mudik pula. Udah pasti tidak cukup kalau hanya berharap pada uang THR dan sedikit tabungan. Jadi pusing tujuh keliling nih.

Duh, dibilangin Misu Pinku mau bantu kok pada ngga percaya. Ini dia tips terakhir anti kekurangan dalam mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018.

Mengajukan Pinjaman tanpa Agunan

Kalau ternyata setelah corat-coret sana-sini membuat rencana anggaran pengeluaran mudik lebaran namun dananya kurang, kita bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ke Tunaiku. Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), kita dapat mengajukan peminjaman tanpa harus mempersiapkan aset sebagai jaminan atas peminjaman yang diajukan.

Problem solved!

Sejauh apapun kita pergi, ingatlah selalu ada orang tua yang rindu menyambutmu dalam pelukan hangatnya. Ada kampung halaman yang selalu setia menunggumu kembali menyapa. Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan tidak pulang.

43 komentar

  1. Kalo aku pribadi yaaa, mudik ato traveling, tp dengan minjam uang, agak gimana gitu rasanya :) . Itu aku loooh, kalo orang lain terpaksa hrs meminjam untuk bisa mudik, asal cicilan dan segalanya sudah dipikirkan masak2, ya monggooo :) . Pokokny jgn sampe nyusahin setelah pulang mudik ato libura.

    Aku sendiri, rutin traveling. Caraku supaya bisa tiap thn perhgi jalan2, ya pasti nabung. 60% dari gaji, pasti lgs aku tabung k rekening khsusu jlan2. Sisa gaji baru utk jajan. Keperluan yg lain, itu suami aja :p hihihi.. Tp intinya, memang hrs nabung supaya traveling lancar, keuangan juga ttp sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke pribadi masing-masing orang ya mbak. Wah enaknya, bisa menyimpan sebagian besar gaji untuk jalan-jalan. Nabung memang penting nih.

      Hapus
  2. makasih sharingnya, bentar lagi sdh mau lebaran lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga bermanfaat ya.. ^^

      Hapus
  3. Wah, hrs siap2 jauh hari ya dananya buat lebaran. Terimakasih sudah membantu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga membantu ya..

      Hapus
  4. Duh, udah mau lebaran aja. Hihihi, aku pulang kampung ga jauh" amat sih mbak, hanya melewatu 2 kota saja. Waiting Ramadhan, padahal kayak baru kemaren, sekarang dipertemukan lagi. #DuniaFaisol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo deket mah enak, bisa pulang kapan aja Sol. Iya, udah mau masuk bulan Ramadan nih.

      Hapus
  5. Suamiku termasuk nggak suka bawa oleh-oleh. Jadi kalau traveling gitu, seringnya nggak belanja oleh-oleh. Kalaupun beli biasanya untuk keluarga mertua dan orang-orang terdekat. Yang penting nggak memaksakan diri. Ih... dan mau lebaran, kudu siap-siap nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Jangan sampai memaksakan diri gara-gara oleh-oleh. Yuk siap-siap menyambut lebaran..

      Hapus
  6. Tapi walaupun udah ditabungin entah mengapa selalu over badget deh mba aku😂 gatel kalau liat oleh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai over budget dong mbak, hehe

      Hapus
  7. Anu... siapkan dana angpau untuk ponakan hhahhaa ini nggak kalah penting.
    Aku mudiknya dekat. Jember-Malang. Selama ini sih masih sama orang tua mudik ke nenek. Jadi dana transport dll nggak pernah ada budget.

    Tapi tahun depan (bukan tahun ini) bakal ngerasain mudik dan ngerasain ngebudget mudik. Thanks ya mbak sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, angpau untuk keponakan penting juga ya mbak. Semoga bermanfaat ya mbak..

      Hapus
  8. Astagah nin, iya yah. Kita ini bentar lagi bulan Ramadhan terus lebaran ya nin, siap-siap mudik

    BalasHapus
  9. Kalau mudiknya ke kampung gak bawa uang gimana dong, secara salam tempel dan segala rupa haha. Apalagi ATM jauh, tapiemang harus gak berlebihan ya pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa secukupnya aja mbak. Jangan sampai menguras rekening aja.

      Hapus
  10. there is no place like home,,sepakat dengan ungkapan ini

    BalasHapus
  11. thank for information kak, can't wait ramadan!!

    BalasHapus
  12. Wihh, konsepnya menarik, kredit ga pake agunan. Coba saya pelajari dulu. TFS yakk

    BalasHapus
  13. Senangnya kalau bisa mudik. Lebaran memang enak kalau sama leluarga. Sepakat sama tips tips nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, paling enak kumpul sama keluarga besar ya.

      Hapus
  14. Duh PR banget ya soal mudik ini buat yang kampungnya jauh. Untung loh kampungku masih di Bengkulu Bengkulu ini juga. Cuma modal 200rb buat pulang pergi ehehhee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak dong ntan, ga perlu rempong juga kalo mudiknya deket. Modalnya bisa dipangkas kan hehe

      Hapus
  15. Nice info kak, tapi kampung halamanku 'disiko ko la' jadi jarang ribet2 pas mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di siko ko la, enak dng Fira. Bebas drama mudik jauh hehe

      Hapus
  16. Eh udah mau lebaran lagi. Hihihi.. makasih loh tipsnya sering banget abis lebaran duitnya ilang semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe jangan dong mbak. Nanti pusing sendiri kalo uangnya abis.

      Hapus
  17. saya ga ada jadwal mudik tetap, alasan suami karena ortu udah ga ada lagi di Palembang, jadi ke palembang kapan mau aja

    BalasHapus
  18. Nah ini baru solusi, ada pinjaman saat kita butuh dana, tapi jangan kebablasan juga pinjamnya ya,,kan mau dibayar lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Inget cicilan yang harus dibayar nanti, hehe

      Hapus
  19. wah ga terasa sebentar lagi mau lebaran ya, wah penting banget nih mempersiapkan dana mudik agar bisa mudik dnegan nyaman nantinya

    BalasHapus
  20. Ga terasa udah mau memasuki bulan puasa dan pastinya lebaran. musti dipersiapkan dari sekarang biar pas hari H ga kurang dananya...

    BalasHapus
  21. Aah jadi kangen pulang Bengkulu nih saya 😁.
    Moga lebaran tahun ini bisa pulkam

    BalasHapus
  22. Asiknya kalau lebaran bisa kumpul bareng keluarga.

    BalasHapus