Misupinku.com

Welcome to Misupinku.com.
Take your time to look around and make yourself at home. ^^
Lebaran sebentar lagi.. Tips Anti Kekurangan dalam Mempersiapkan Dana untuk Mudik Lebaran 2018

Eh-eh sebelum itu kita akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tanpa terasa ya, pertengahan Mei semua umat muslim kembali berpuasa. Siapa yang sudah tidak sabar menanti Hari Raya Idul Fitri 1439 H?

Kalau aku excited banget dong. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena ... tengterengtereng ... mudik, yeaaayyYup, momen yang hanya terjadi sekali setahun ini tentu tidak boleh dilewatkan.

Kapan lagi bisa melepas rindu dengan keluarga besar, dan bisa bertemu dengan teman-teman yang telah lama tidak berjumpa?


tips anti kekurangan dalam mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018


Setiap tahunnya mudik atau pulang kampung telah menjadi tradisi. Meski harus menempuh perjalanan panjang untuk kembali pulang, menembus kemacetan yang tak pernah lupa menyertai, namun tak menyurutkan semangat agar bisa bersukaria dengan keluarga dan merayakan lebaran bersama-sama.

Tapi sayangnya, mudik itu mahal. Beberapa hari lalu sempat cek-cek biaya tiket pesawat pulang dari Jakarta ke Bengkulu untuk beberapa hari sebelum lebaran sudah mencapai angka 1,3 juta. Belum biaya tiket pesawat untuk pulangnya.

Dan itu juga kalau beli tiketnya sekarang, karena kalau teman-teman bekerja pasti biasanya beli tiket mepet-mepet waktu liburan karena menunggu jatah libur terlebih dahulu bukan? Bisa dipastikan harga tiketnya akan melambung menjadi jauh lebih mahal.

Itu baru biaya tiket pesawat saja. Oleh-oleh juga perlu dipikirkan nih. Tak mungkin pulang dengan tangan hampa kan? Belum lagi dana yang harus disiapkan untuk baju baru dan kue-kue lebaran. Oh iya, THR untuk adek-adek dan keponakan juga. Biaya jalan-jalan bersama keluarga dan sahabat juga belum dipersiapkan. Duh, pengorbanan untuk mudik ini ternyata banyak banget ya, huhu.


tips mempersiapkan dana mudik lebaran 2018


Apalagi para perantau yang hanya bisa pulang menjelang lebaran. Dilema banget dong, mau pulang ke kampung halaman ya mahal. Tapi kalau tidak pulang, udah kangen berat. Uang di kantong tidak seberapa pula. Pasti pusing tujuh keliling kan?

Tenang, di sini Misu Pinku datang membawa solusi atas semua permasalahan kekurangan dana mudik. Butuh berapa? Nih-nih aku kasih duitnya nyoh nyoooooh *sebar duit ala Bu Dendy.

Eitsss jangan marah dulu, Misu Pinku beneran punya tips mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018 nih. Jangan lupa diterapkan saat akan mudik lebaran nanti ya.



Tips Anti Kekurangan dalam Mempersiapkan Dana untuk Mudik Lebaran 2018



Persiapkan Rencana Pengeluaran Kebutuhan Pokok saat Mudik

Kebutuhan pokok saat mudik ini adalah kebutuhan yang pasti akan dibutuhkan. Biasanya kebutuhan pokok yang paling menghabiskan biaya adalah kebutuhan transportasi. Biaya tiket pesawat, kereta api, bus, mobil travel antar provinsi.

Atau jika membawa kendaraan pribadi maka harus pandai memperhitungkan biaya bahan bakar, makan di perjalanan, dan penginapan jika diperlukan. Kita dapat menggunakan dana THR (Tunjangan Hari Raya) untuk kebutuhan pokok saat mudik ini.


Persiapkan Pula Dana Jalan-jalan

Momen kumpul keluarga harus dimanfaatkan untuk jalan bareng dong. Kapan lagi? Untuk itu, persiapkan dana khusus untuk jalan-jalan bersama keluarga. Kontrol diri untuk tetap berpegang pada rencana yang telah disusun. Awas kebablasan belanja saat jalan-jalan nanti ya!


Jangan Memaksa Diri membawa Oleh-oleh Mahal

Kalau memang uangmu belum cukup untuk membawakan keluarga oleh-oleh mahal, kenapa harus memaksa diri sendiri? Toh orang tua melihat kehadiran semua anaknya lengkap saat hari raya sudah cukup senang kok. Yang penting itu kebersamaan bukannya gengsi.


Jangan Membawa Uang Tunai dalam Jumlah Besar

Musim lebaran itu bukan berarti kita bisa melonggarkan kewaspadaan. Justru saat-saat seperti inilah semakin banyak kejahatan terjadi. Membawa uang tunai dalam jumlah besar just in case takut kekurangan uang malah akan merepotkan.

Lebih baik membawa uang secukupnya di dompet dan jika membutuhkan uang lebih, cukup ambil dana yang dibutuhkan lewat ATM. Lagipula membawa banyak uang justru akan mendorong kita untuk lebih cepat menghabiskan uang tersebut.


Tetap Siapkan Dana untuk Keperluan Pasca Mudik

Walaupun kumpul bersama keluarga itu menyenangkan, jangan sampai kita terlena. Ingat, setelah lebaran kita mari harus menyambung hidup lho.. Jangan sampai si bos marah-marah kamu tidak juga kembali ke kantor karena kehabisan dana untuk melanjutkan hidup di perantauan. Jadi jangan lupa menyisihkan dana untuk keperluan pasca mudik ya!

Eh tapi ternyata setelah dihitung-hitung, persiapan dana mudik tahun ini masih jauh dari cukup. Terlalu banyak pengeluaran yang diperlukan. Untuk biaya tiket pesawat saja sudah lebih dari tiga juta.

Belum lagi dana oleh-oleh dan biaya jalan-jalannya juga. Mau memberikan uang ke orang tua dan adek-adek. Teman kantor di perantauan pun kalau tidak diberikan oleh-oleh khas kampung halaman juga pasti ngga enak. Harus mempersiapkan dana untuk pasca mudik pula. Udah pasti tidak cukup kalau hanya berharap pada uang THR dan sedikit tabungan. Jadi pusing tujuh keliling nih.

Duh, dibilangin aku mau bantu kok pada ngga percaya. Ini dia tips terakhir anti kekurangan dalam mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018.


Mengajukan Pinjaman tanpa Agunan

Kalau ternyata setelah corat-coret sana-sini membuat rencana anggaran pengeluaran mudik lebaran namun dananya kurang, kita bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ke Tunaiku. Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), kita dapat mengajukan peminjaman tanpa harus mempersiapkan aset sebagai jaminan atas peminjaman yang diajukan.

Problem solved!


Sejauh apapun kita pergi, ke mana pun perjalanan yang telah kita tempuh, ingatlah selalu ada orang tua yang rindu menyambutmu dalam pelukan hangatnya. Ada kampung halaman yang selalu setia menunggumu kembali menyapa. Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan tidak pulang.

There is no place like home.

No comments: