Kenapa Menulis di Blog Nin, Bukannya Media Lain?

"Kamu tuh nggak bisa nulis Nin, udah berhenti aja sok-sok mau nulisnya." Kenapa menulis di blog.

It's been a week since my last blogpost. Miss me enough already? *pede amat sih jadi orang? Yak, maapkan Anin yang kepedean ini XP. Mulai hari ini aku akan menulis selama sebulan penuh untuk menjawab tantangan 30 Hari Menulis di Blog dari komunitas Blogger Perempuan. Doakan ya, semoga aku bisa menyelesaikannya sampai akhir.

kenapa menulis di blog


Untuk hari pertama ini, tema yang diangkat adalah alasan kenapa menulis di blog. Eits, sebelum kita masuk ke pokok pembicaraan, izinkan aku sedikit flashback ya.

Dibilang nggak bisa nulis oleh seseorang saat ia membaca tulisan-tulisan lama nan alay di blog gratisanku beberapa tahun lalu, seorang Anin menyerah? Nope. Saat itu memang blogku rada berdebu karena kesibukan kuliah dan hal-hal lain. Ya anggap saja sebagai sedikit pembenaran. Lalu keinginan untuk kembali menghidupkan sedikit muncul saat menjelang skripsi aka. punya banyak waktu kosong mencari judul tugas akhir. Bener-bener mulai nulis, Nin?

Belum dong. Saat itu adalah masa-masanya galau dan pelarian diri dari skripsi. Aku kabur ke mana-mana, bahkan keliling pulau Jawa dalam waktu lebih dari tiga minggu tanpa ada seorang keluargaku yang tahu, guna mencari inspirasi.

Long story short, aku lulus kuliah dan bekerja. Di tengah hiruk pikuk menjadi pekerja freshgraduate ternyata memunculkan kerinduanku untuk bermain dengan kata dan aksara. Aku rindu pada satu hal yang membuatku merasa 'terhubung' dengan Ibu.

Jadi Nin, alasanmu kenapa menulis di blog itu apa? Bahkan sampai punya dua blog begini? Kalau aku jawab, alasannya karena nekat, boleh? *kemudian digampar orang sekelurahan.


kenapa menulis di blog
Sumber gambar: pixabay



Alasanku Kenapa Menulis di Blog


Kembali Menghidupkan Blog

Untuk kembali menghidupkan blog yang telah lama terbengkalai, maka memaksa diri untuk beralih dari blog gratisan ke wordpress self hosted dengan domain pribadi menjadi pilihan. Di sini hukum ekonomi bertahta. Ogah rugi dong, udah bayar mahal buat paket hosting dan domain, masa blognya tetap dianggurin?

Call me receh, but it works babe. Bahkan setelah Pink Passport kembali hidup, aku malah bikin blog baru yang beralamat di Misu Pinku ini.

Self Healing

Dulu tuh, aku sering banget curhat di blog. Curhat tentang apa saja, mulai dari apa yang aku rasakan, kegalauan-kegalauan, lagi emosi. Ya namanya anak SMA dikasih mainan baru yang lebih private daripada sekadar diary yang seringnya diintip temen, jadilah blog sebagai pengganti diary. Sekarang sih masih sering curhat di blog, tapi curhatnya agak dikondisikan. Masa-masa alay kan sudah berlalu XP

Tapi memang mencurahkan apa saja yang aku rasakan saat ini di blog itu benar-benar membantuku untuk jadi lebih baik. Itulah mengapa aku sering menjadikan blog sebagai sarana self healing. Kamu juga ngerasa begitu, nggak sih?

kenapa menulis di blog
Sumber gambar: pixabay

Berbagi Banyak Hal

Dengan menulis di blog, aku bisa menuliskan banyak hal yang berarti aku juga bisa berbagi tentang berbagai macam hal. Mulai dari hal-hal receh hingga yang berat, tentu dengan gaya bahasaku sendiri. Tentang buku, jalan-jalan, lifestyle, dan masih banyak lagi. PS: tulisannya Anin sering diselipin curhat. 

Memperluas Koneksi

Menjadi seorang bloger dan bergabung di beberapa komunitas itu membuatku berkenalan dengan banyak teman-teman baru. Dari mereka ini, aku bisa belajar banyak bahkan tanpa pernah bertatap muka sebelumnya, thanks to the internet. Teknologi memang memudahkan kita semua saat ini. Dan kalau diajak jalan-jalan gratis, termasuk bonus juga kan ya?

Menjadi Sumber Penghasilan


Yes, ini dia nih salah satu keuntungan ngeblog. Dari ngeblog doang, alhamdulillah sekarang bisa jadi sumber penghasilan. Jadi seorang bloger juga bisa kerja di mana saja, bahkan seperti aku yang sering sekali berpindah tempat ini.

Aku bisa menulis di kamarku sembari menikmati segelas cokelat hangat sembari bergelung selimut, di kafe saat bertemu dengan teman, di taman, di mana-mana. Aku juga bisa menentukan jam kerjaku sendiri, bahkan saat liburan sekali pun. That's why I love being a blogger.

Gimana caranya, Nin bisa dapet penghasilan dari blog? Well, kalau mau membahas hal ini, bakalan panjang. Nanti ya di pembahasan selanjutnya.

Jadi itulah alasanku kenapa menulis di blog. See ya tomorrow, my dear friends. ^^


1 komentar