Subscribe!

Jadi anak kosan itu paling males kalo disuruh masak yang ribet-ribet. Siapa nih yang begini juga, sama seperti aku? Kalau dipikir-pikir wajar sih, secara di kosan kan biasanya kita hanya punya peralatan memasak seadanya, iya kan? Apalagi untuk urusan bikin kue, baik kue kering maupun basah, secara notabene membutuhkan alat-alat masak yang lebih banyak. kue kering tanpa oven.

And that's why biasanya kita lebih memilih untuk menyerahkan urusan per-kue-an ini kepada ahlinya, alias beli aja yaelah WKWKWKWK. Soalnya lebih praktis, si no repot-repot club mana suaranyaaaa? Tapi tetap aja ada suatu waktu, aku dan kalian pastinya, pengin bikin kue sendiri biar bisa punya cemilan selama ngerjain tugas, hehe.


kue kering tanpa oven



Solusinya gimana dong? Yuk kita bikin kue kering tanpa oven aja yuk, babe! Nggak harus punya oven, nggak harus pusing-pusing dong, ah! Eits, sebelumnya teman-teman udah pada tahu belum sih, apa itu kue kering?




Kue Kering, Cookie, Atau Kukis Itu Apa? Bagaimana dengan Kue Kering Tanpa Oven?




Kue kering, cookie, atau kukis merupakan jenis kue yang dipanggang sehingga menghasilkan tekstur renyah dan berkadar air rendah. Kukis membutuhkan alat pemanggang, biasanya menggunakan oven. Namun tetap saja, kita bisa mengakalinya, dengan membuat kue kering tanpa oven.

Bukan sekadar renyah dan rasanya yang enak, kue kering biasanya disajikan dengan tampilan bentuk unik dan berwarna-warni, dan disusun dalam wadah toples bening, membuatnya terlihat menggoda untuk segera dicicipi. Kue kering juga biasanya dihidangkan saat hari raya keagamaan, dalam acara formal, atau bahkan untuk camilan keluarga.


kue kering tanpa oven
Kue kering yang nikmat disajikan sebagai camilan keluarga.





Kue Kering Tanpa Oven yang Terasa Renyah, Ada 7 Tips Membuatnya




Perhatikan Tepung Terigu yang Digunakan

Tentunya kita mengharapkan kue kering yang renyah dan 'kres' saat digigit. Nah, tips pertama untuk menghasilkan kue kering tanpa oven yang renyah ini adalah memperhatikan tepung terigu yang digunakan. Sifat garing pada kue kering akan didapatkan bila kita menggunakan tepung terigu protein rendah. Kadar gluten yang rendah pada tepung terigu jenis ini membuatnya tak mudah menyerap air, membuat kue yang dihasilkan menjadi lebih renyah.

Teman-teman juga bisa mencampurkan tepung terigu berprotein rendah ini dengan sedikit tepung maizena. Pencampuran kedua jenis tepung terigu ini akan menghasilkan tekstur sedikit lembut namun tetap renyah loh.


Takar Bahan Sesuai Resep Kue Kering Tanpa Oven

Iya, aku paham banget kok kalau kita suka mencoba untuk memodifikasi resep yang ada. Tapi dalam pembuatan kue kering, bila bahan yang digunakan itu salah takaran sedikit saja, maka hasilnya akan keras, bantat, dan kurang enak, loh. Makanya kita harus benar-benar menakar bahan sesuai resep yang ada, ya!


kue kering tanpa oven
Selain memanggang dengan oven, kita juga bisa membuat kue kering tanpa oven.


Gunakan Bahan-bahan Bersuhu Ruang

Saat membuat kue kering, kita turut menggunakan beberapa bahan yang disimpan di dalam kulkas, misalnya mentega dan telur. Setelah dikeluarkan dari kulkas, sebaiknya bahan-bahan ini jangan langsung digunakan, melainkan didiamkan terlebih dahulu hingga suhunya sama dengan suhu ruang. Hal ini diperlukan agar adonan lebih mudah tercampur rata dan tidak terlalu lama diaduk, sehingga mengurangi kemungkinan hasil kue kering menjadi keras nantinya.


Gunakan Bahan Lemak yang Tepat

Biasanya, kue kering menggunakan mentega sebagai bahan lemaknya. Dengan karakternya yang mudah leleh, mentega membuat tekstur kue menjadi lembut. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menggunakan margarin dan mentega putih yang bersifat lebih stabil. Margarin dan mentega putih dapat membantu mempertahankan bentuk kue kering saat dipanggang dan membuatnya lebih renyah loh.


Siapkan Adonan dan Alat Sebelum Pemanggangan

Bentuk adonan sesuai selera dengan ukuran yang tidak terlalu tebal agar kue bisa matang secara merata. Setelah adonan siap dipanggang, panaskan wajan atau panci dengan api kecil. Bisa juga menggunakan teflon yang dialasi dengan kertas minyak, sehingga tak perlu diolesi dengan mentega.


kue kering tanpa oven
Ada 7 tips dalam membuat kue kering tanpa oven.


Gunakan Api Kecil untuk Memanggang Kue Kering Tanpa Oven

Setelah wajan, panci, ataupun teflon yang kita gunakan sudah panas, masukkan kue kering dan tutuplah dengan tutup panci. Jangan lupa gunakan api yang sangat kecil agar kue matang secara sempurna, serta untuk meminimalisir kemungkinan gosong di pinggiran kue namun masih belum matang pada bagian dalam.


Jangan Langsung Simpan Kue Kering dalam Wadah

Tunggu kue kering hingga benar-benar dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples maupun wadah lainnya. Bila kue masih panas ataupun hangat namun sudah dimasukkan dalam toples, maka kue akan mudah berjamur. Sebab meski sudah selesai dipanggang, kematangan sempurna kukis ini adalah saat benar-benar dingin.



Itulah 7 tips dalam membuat kue kering tanpa oven yang renyah. Oh iya, sebelumnya aku sudah membuat blogpost resep kue kering coklat tanpa oven juga loh. Teman-teman bisa langsung mencoba dan menghidangkannya untuk dimakan bersama keluarga juga ya ^^

No comments: