Subscribe!

Siapa sih yang bisa menolak pesona potongan daging yang menguarkan aroma menggugah jiwa? Warnanya yang kecoklatan, dijajarkan rapi oleh tusuk sate, dipadukan dengan bumbu sate berwarna nan menggelora? Aih, pastinya tak ada.

Oke-oke, sepertinya pemaparan di atas terdengar sedikit lebay, tapi memang begitulah adanya. Sate memang semenggiurkan itu, gaes. Sebagai seorang pencinta kuliner, salah satu makanan yang paling susah untuk ditolak untukku ya sate. Mau sate ayam maupun sate kambing, sate padang, sate madura, sate kacang, sate taichan, semuaaaanya enak, gaes.


makanan dengan bumbu sate



Apalagi di saat social distancing dan physical distancing ini, di mana kita di rumah aja, banyak di antara kita yang beralih jadi sering coba-coba masak di rumah. Atau justru malah tambah sering delivery order makanan, ya kan. Iya deh, ngaku, aku malah jadi lebih sering delivery order aja ahaha, monmaap.

Tapi tahu nggak sih, selain sate ternyata ada beberapa makanan lain yang juga enak bila ditambahkan bumbu sate. Mau tau, ada apa aja?




5 Makanan yang Nikmat Banget Disajikan dengan Bumbu Sate




Sate

Kalau yang ini nggak perlu diperdebatkan lagi lah ya. Namanya juga sate, masa nggak dikasih bumbu sate? Cuma sate dan lontong doang, gitu? Mana asyik, gaes. Tentunya harus lengkap dengan bumbu sate dong ya, biar lebih afdol.


makanan dengan bumbu sate
Sate padang. Sumber gambar: idntimes.




Bakso Bakar Bumbu Sate

Makanan kedua adalah bakso bakar. Bakso memang enak disajikan dengan cara apa saja. Sebut saja bakso kuah, bakso keju, tahu bakso, bakso setan, bakso granat, bakso pentol, bakso beranak, bakso aci, seblak isi bakso, bakso bakar dan lain sebagainya.

Kamu sudah nyobain bakso bakar, belum? Bakso bakar kuah sate ini lebih tepat bila disebut sebagai bakso bakar kuah kacang sih, karena biasanya memang kuah kacang lebih cocok untuk bakso bakar. Yah, kacang kan juga menjadi bahan utama bumbu sate kacang. Nah bila digabungkan dengan bakso bakar, ternyata tak kalah yummy loh.


bumbu sate
Bakso bakar bumbu sate. Sumber gambar: agrowindo




Cilok Kuah Kacang

Pencinta cilok mana suaranya? Cilok dan cireng memang asyik menemani waktumu #dirumahaja nih. Camilan satu ini memang enak dan praktis untuk dibuat, apalagi cilok bisa juga disajikan dengan beraneka cara. Jajanan murah meriah dengan tekstur bulat kenyal satu ini yang dipadukan dengan kuah kacang, rasanya tak pernah salah, selalu menggoyangkan lidah.


bumbu sate
Cilok kuah kacang. Sumber gambar: wiratech.




Kerupuk Opak Bumbu Sate Padang

Kerupuk opak memang sering kali disajikan bersama dengan kuah sate padang. Coba saja perhatikan saat jajan di penjual sate padang, pasti ada kerupuk jangek, kerupuk opak, atau bahkan keripik yang juga dijual di sana. Cara makannya tentu saja dengan cara ditambahkan kuah sate, agar jadi tambah nikmat.


Karupuak Mie Kuah Sate

Seperti namanya, karupuak mie kuah sate atau bila dialihbahasakan menjadi kerupuk mie kuah sate, adalah jajanan khas Provinsi Sumatera Barat loh. Aku pun pertama kali melihatnya saat sedang berkunjung ke kota Bukittinggi, di sana banyak dijual jajanan opak.

Awalnya aku mengira hanya sekadar kerupuk opak dengan tambahan kuah sate padang di atasnya, tapi ternyata aku salah. Ada tambahan mie yang disajikan bersamaan dengan kerupuk opak yang terbuat dari ubi ini. Rasa gurih dari opak dan mie, disiram dengan kuah sate padang di atasnya. Duh, jadi pengin main ke Sumbar lagi biar bisa jajan karupuak mie kuah sate deh.



Dari kelima makanan ini, yang mana favoritmu? Atau malah jadi favorit semua nih? Mungkin juga kamu punya ide baru untuk kuliner baru, nasi goreng bumbu sate misalnya? Boleh banget di-share loh resepnya. ^^

No comments: