Subscribe!

Salah satu hal yang memiliki pengaruh terhadap semangat kita di kantor adalah penataan ruang kerja, terutama penataan mebel atau furnitur. Ya, beragam furnitur kantor memang cukup menarik untuk dijadikan pembahasan, karena fungsinya yang cukup berpengaruh dalam menjadi penyemangat kerja dan juga untuk memanjakan mata. Salah satunya adalah partisi kantor atau biasa disebut juga sebagai penyekat.


partisi kantor





Apa yang Dimaksud dengan Partisi Kantor?



Partisi kantor adalah sebuah penyekat atau pembatas yang berfungsi sebagai pemisah antara ruangan satu dengan ruangan lain. Partisi ini dibutuhkan sebab sering kali, ruangan di sebuah kantor itu cukup luas dan digunakan oleh banyak karyawan dengan bidang yang berbeda-beda.

Atau bahkan sebaliknya, karena ruangan yang terbatas dan cukup banyaknya jumlah karyawan, penyekat pun diperlukan sebagai sebagai pembatas antar bagian ruangan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, diperlukan adanya partisi untuk membatasi ruang kerja tertentu, sehingga sistem kerja karyawan lebih tertata, dapat mempermudah kinerja dan mendukung produktivitas karyawan.

Tentunya hal tersebut cukup penting, kan? Bayangkan jika ruangan yang berisi banyak karyawan dengan berbagai bidang tidak tertata, apa yang akan terjadi? Kemungkinan besar yang akan terjadi adalah suasana kerja yang tidak kondusif. Nah, pada penasaran nggak sih, apa saja manfaat dari penggunaan partisi ini?


partisi kantor
Partisi kantor sebagai penyekat.




5 Manfaat Penggunaan Partisi Kantor


  • Membantu perusahaan untuk meminimalisir budget yang dikeluarkan.
  • Membuat ruang kerja lebih tertata dan sesuai bidang karyawan.
  • Sebagai private room bagi karyawan.
  • Terciptanya suasana kerja yang kondusif dan efisien.
  • Sebagai hiasan interior ruangan.


Selain untuk ruang kerja karyawan, partisi seringkali juga digunakan di beberapa ruangan lain, seperti ballroom, tempat ibadah, hingga ruang pertemuan. Dan sudah pasti pada pemilihan partisi ini kita perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, budget, dan kenyamanan, hingga estetika jika diperlukan.



5 Ragam Partisi Kantor yang Wajib Kita Ketahui



Partisi Bilik

Pertama, partisi bilik. Partisi model ini adalah penyekat yang paling umum digunakan di kantor-kantor. Mengapa demikian? Sebab partisi model ini termasuk yang paling fleksibel untuk ditata ulang, juga dapat memberikan kenyamanan bagi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Biasanya partisi bilik ini memiliki empat sisi dinding dan pintu pembuka.


Partisi Portabel

Kedua, partisi portabel. Partisi jenis ini merupakan partisi yang digunakan untuk kantor yang nomaden (berpindah-pindah tempat). Kelebihan penggunaan model ini ialah dapat menghemat anggaran, sehingga tidak perlu membeli penyekat baru lagi ketika kantor berpindah lokasi, cukup dengan bongkar pasang saja.


partisi kantor
Partisi kantor untuk kenyamanan kerja.


Partisi Accordion

Ketiga, partisi accordion. Ialah partisi yang memiliki model mirip alat musik accordion dan menyerupai partisi portabel, baik dari cara kerja maupun sistematikanya. Adapun kelebihan dari partisi ini yaitu dapat diset dan dibuka dengan pengaturan yang dapat disesuaikan. Bahkan partisi mode ini memiliki ketinggian hingga atap kantor.


Partisi Kaca

Keempat, partisi kaca adalah partisi yang dibuat dari bahan kaca dengan aluminium sebagai pembingkai. Seringkali partisi jenis ini digunakan untuk ruangan yang lebih pribadi atau private. Kelebihan partisi model kaca yakni terciptanya ruangan yang lebih hening, lebih pribadi, dan suasana ruangan yang terang.


Partisi Meja

Kelima, partisi meja. Partisi jenis ini merupakan model yang paling ekonomis untuk membuat sebuah kantor lebih tertata dan nyaman bagi setiap karyawan. Beragam model partisi ini dimulai dari model paling sederhana hingga desain sesuai keinginan.



Itulah tadi ulasan mengenai lima manfaat dan lima jenis partisi kantor yang sering digunakan. Apakah teman-teman semakin tertarik untuk mendekorasi ruangan kantor dengan penyekat? Yuk gunakan penyekat agar ruangan kerja menjadi lebih tertata dan dekoratif.

No comments: