Subscribe!

Bicara soal kontrakan, aku merasa seperti flash back ke masa-masa kuliah dulu. Saat sibuk-sibuknya mencari kosan ataupun kontrakan sebagai tempat tinggal selama menunaikan pendidikan. Yah, masa-masa yang bikin kangen sebenarnya, kangen kuliah lagi lebih tepatnya. Well, kali ini aku akan memberikan beberapa tips mencari kontrakan Jogja sesuai kebutuhanmu.

Kenapa Jogja? Hal ini berawal dari obrolan dengan salah seorang teman yang akan pindah ke Jogja karena satu dan lain hal beberapa waktu lalu. Temanku itu akan tinggal sementara di Jogja selama beberapa waktu, paling cepat enam bulan dan paling lama empat tahun lamanya.


tips mencari kontrakan jogja


Selama beberapa waktu ia bingung. Haruskah ia memilih untuk tinggal di kost-kostan ataukah di kontrakan saja? Kamar kost dan rumah kontrakan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun mengingat kegiatannya yang lebih banyak dilakukan di tempatnya tinggal nanti dan dia butuh ruangan yang cukup lapang, maka akhirnya ia memilih untuk mencari kontrakan saja.

Mencari kontrakan area Jogja memang susah-susah gampang, apalagi mencari yang cocok untuk penghuninya. Nah, berdasar dari kebingungan temanku itu dalam mencari kontrakan area Jogja, maka tujuh tips ini pasti bisa membantu teman-teman sekalian.



7 Tips Mencari Kontrakan Jogja Idaman Sesuai Kebutuhan



Tentukan Jangka Waktu

Sebelum mencari kontrakan, ada satu pertanyaan yang harus kamu tahu jawabannya terlebih dahulu. Berapa jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mengontrak tersebut? Apakah hanya beberapa bulan, atau bahkan tahunan? Mengingat biasanya sebuah rumah hanya bisa dikontrak selama minimal enam bulan, bahkan ada juga yang menetapkan minimal satu tahun.


kontrakan jogja
Berapa lama kamu ingin mengontrak rumah?



Tentukan Batas Budget

Setelah kita mengetahui kebutuhan jangka waktu mengontrak, maka hal kedua yang harus kita perhatikan adalah tentang biaya. Berapa budget minimal dan budget maksimal yang kita miliki? Dengan budget ini kita bisa menentukan kira-kira kontrakan seperti apa yang bisa kita pilih nantinya.

Jangan lupa, harga rumah sewa di tengah kota dan di pinggir kota tentu saja berbeda, walaupun dengan fasilitas yang sama. Oleh karena itu jangan memaksa diri untuk mencari kontrakan di luar kemampuanmu, pilihlah kontrakan dengan harga yang paling pas dengan kantong.


Tentukan Daerah yang Diinginkan

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, budget menentukan lokasi daerah kontrakan kita. Apakah kita harus menyewa rumah di tengah kota karena pertimbangan lebih dekat ke lokasi kerja, misalnya? Bila memilih rumah sewaan yang dekat dengan rutinitas kita, kita bisa lebih mudah mendatanginya dengan lebih cepat dan mudah. Kita juga tak perlu menyediakan dana khusus untuk transportasi.

Atau mengambil kontrakan agak ke pinggir kota Jogja justru membuat kita lebih nyaman? Bisa dengan alasan lebih nyaman, bebas dari hiruk-pikuk pusat kota, tetangga yang baik, dan lain-lain.


Survei Rumahnya Kontrakan Jogja

Dari tiga tips pertama tadi, kita akan mendapatkan beberapa opsi kontrakan. Bandingkan antara pilihan-pilihan tersebut, dua hal yang wajib dilihat adalah kesediaan air bersih, listrik yang lancar, dan pilihan opsional: koneksi internet yang mumpuni.

Mengapa air dan listrik? Karena air bersih akan kita gunakan setiap harinya, baik untuk mandi, minum, masak, mencuci, dll. Listrik juga dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan saat ini. Lalu ada koneksi internet, sebab di zaman sekarang ini kita sudah tak bisa lagi terpisahkan dari internet, gaes.


kontrakan jogja
Sudah lengkapkah furniturnya?


Lihat juga fasilitas di dalam rumah tersebut. Adakah furnitur yang disediakan ataukah rumah tersebut kosong sehingga harus kita isi sendiri? Apakah kamar mandinya bersih dan nyaman untuk digunakan nantinya?

Bila tak ingin repot, maka sebaiknya cari kontrakan yang dilengkapi dengan furnitur lengkap. Kita tak perlu repot membeli barang-barang dan bila saatnya pindah nanti, kita juga tidak direpotkan dalam memindahkannya. Kontrakan dengan furnitur lengkap tentu saja lebih praktis, bukan?


Survei Lingkungannya Kontrakan Jogja

Lihat juga lingkungannya, apakah termasuk dalam kawasan perumahan, perkampungan, atau dipenuhi dengan mahasiswa dan karyawan? Apakah lingkungan rumah kontrakan tersebut nyaman untuk ditinggali?

Cari tahu lebih lanjut pula, apakah daerah itu biasa terkena banjir atau bencana alam, seperti kabut asap misalnya? Adakah tetangga yang resek? Seringkah lingkungan tersebut disantroni maling atau terjadi kerusuhan?


Lihat Fasilitas di Sekitar Kontrakan

Bukan hanya mencari rumah baru saja yang harus benar-benar memperhatikan fasilitas di sekitar. Begitu juga saat mencari rumah sewaan.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yang pertama yaitu memilih rumah yang terletak dekat dengan tempat ibadah. Misalnya, bila kita beragama Islam, maka cari rumah kontrakan yang dekat dengan masjid, sehingga bila memungkinkan masjid tersebut bisa didatangi dengan berjalan kaki saja.

Yang kedua: fasilitas umum. Misalnya lokasi rumah dengan jalan raya bila rumah tersebut terletak di dalam gang. Apakah jauh jarak antara gang tersebut dan jalan raya? Lihat juga fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti pasar, swalayan, transportasi umum, taman, rumah sakit, adanya satpam yang berjaga 24 jam, tempat hiburan, destinasi wisata, dan lain sebagainya.


kontrakan jogja
Bila memungkinkan, cari kontrakan bersama teman.



Cari Kontrakan Bersama Teman

Untuk kalian yang ingin lebih hemat, tak ada salahnya mencari kontrakan bersama dengan teman-teman. Ajak saja satu atau beberapa temanmu untuk menjadi roommate dan menyewa rumah bersama-sama.

Dengan menyewa bersama, biaya kontrakan dapat dibagi berdasarkan jumlah penghuni rumah. Biaya sewa pun menjadi lebih ringan. Namun berhati-hatilah dalam memilih roommate, apalagi bila kamu cenderung introvert dan susah untuk dekat dengan orang baru.


Nah, itu dia tujuh tips dalam mencari kontrakan Jogja idaman sesuai kebutuhanmu. Dan tentu saja kita harus mempertimbangkan dengan matang bila ingin menyewa rumah. Semoga tujuh tips di atas bisa membantumu ya, terutama dalam mencari kontrakan area Jogja.

No comments: