Subscribe!

Bulan Februari identik sebagai bulan kasih sayang, menjadikan bulan ini sebagai bulan yang banyak ditunggu, terutama oleh para pasangan. Yak, betul sekali temans. Hal ini karena tanggal 14 Februari nanti adalah hari Valentine. Pada hari ini, banyak yang memberikan cokelat dan bunga kepada pasangannya. Salah satu yang biasa diberikan ini adalah bunga mawar, namun tahukah kamu bahwa manfaat air mawar untuk kecantikan itu ada banyak banget loh.

Ada beberapa jenis produk kecantikan dengan bahan dasar dari bunga mawar, mulai dari facial wash, essence, masker, pelembab, toner, sabun, hingga air mawar. Air mawar atau yang juga dikenal sebagai rose water didapatkan dengan cara merebus bunga mawar atau bisa juga dengan menyaring uap kelopak bunganya.


manfaat air mawar


Bukan hanya untuk kecantikan saja, air mawar juga digunakan untuk makanan, parfum, hingga perawatan kulit. Dengan perebusan atau penyaringan uap ini, pada air mawar terkandung 10-50% minyak dan caira aromatik yang berasal dari kelopak mawar tersebut. Apa aja sih manfaat air mawar ini?


5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan


Mencegah Penuaan Dini Manfaat Air Mawar

Setiap wanita pasti tak menginginkan terjadinya penuaan dini. Adapun manfaat air mawar yang kedua yaitu mencegah penuaan dini, berkat kandungan antioksidan dan anti bakterinya, sehingga dapat mencegah kulit kusam, penuaan, dan kering. Air mawar juga dapat mencegah bintik-bintik di muka yang menjadi salah satu tanda penuaan, serta mencegah timbulnya garis halus dan keriput di wajah.


Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang menjadi problem yang dapat membuat kita tidak percaya diri. Apalagi bila tidak dirawat dengan baik, jerawat dapat meninggalkan bekas. Hal ini cukup annoying, membayangkan bekas jerawat memerah hingga menghitam yang tertinggal di wajah kita.


manfaat air mawar


Air mawar bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati jerawat. Gunakan air mawar sebagai toner sebelum dan sesudah mencuci wajah. Selain mencegah penuaan dini, air mawar dengan kandungan antibakteri dan antibakterinya mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Air mawar juga dapat mengontrol kadar minyak di wajah.

Tahukah kamu, kebanyakan beauty product itu memiliki pH tinggi (basa) yang bisa menimbulkan jerawat hingga keriput. Pas banget nih, air mawar itu kandungan pH-nya justru sedikit asam. Makanya air mawar dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit kita. Air mawar juga membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman di wajah kita, gaes.


Mencerahkan dan Menyegarkan Manfaat Air Mawar

Manfaat air mawar selanjutnya yaitu mencerahkan, dan menyegarkan wajah berkat nutrisi-nutrisi pada air mawar. Kemerahan di wajah juga bisa menghilang bila kita rutin menggunakannya. Saat kulit terasa kering, gunakan air mawar sebagai spray untuk membantu mengembalikan kesegaran kulit.


manfaat air mawar


Melembutkan Kulit, Mengencangkan, dan Membuat Kulit Lebih Kenyal

Dengan kandungan vitamin C-nya, manfaat air mawar yang terakhir adalah sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, selain itu juga baik dalam merangsang produksi kolagen di kulit wajah kita. Teman-teman pasti tidak asing lagi dengan kolagen, karena fungsinya untuk menghaluskan, mengencangkan, dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.


Meredakan Peradangan di Kulit

Air mawar mengandung flavonoid dan polifenol dengan sifat antiradang dan antioksidan. Perpaduan dua kandungan ini dapat mengurangi peradangan pada kulit loh. Hmm, buat kamu yang menderita eksim ataupun rosacea bisa dicobain nih!

Nah itu dia lima manfaat air mawar untuk kecantikan. Kamu juga bisa menggunakan oatmeal sebagai pencuci wajah, bisa melembutkan wajah juga loh!

No comments: