Subscribe!

Bumi kita semakin tua. Bukan hanya dari segi umur belaka, tapi juga karena ulah penghuninya. Tentu saja dalam hal ini, manusia. Betapa tidak, kita sebagai makhluk berakal di muka bumi ini justru membuat bumi semakin rusak setiap harinya. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah sampah plastik. Kali ini aku akan memberikan 5 ide daur ulang plastik, tapi sebelumnya kita akan membahas mengenai sampah plastik terlebih dahulu.

Plastik digunakan dalam berbagai aspek dalam kehidupan, terutama karena harganya yang masih terjangkau oleh berbagai kalangan, tak jarang plastik malah diberikan pada kita secara cuma-cuma. Hal ini menyebabkan sampah plastik seringkali digunakan hanya sekali saja dan berakhir menjadi tumpukan sampah. Sampah plastik berakhir bukan hanya di tempat penampungan sampah belaka, namun juga ke laut lepas dan mengganggu ekosistem laut.


daur ulang plastik




Sampah Plastik dan Penyebarannya di Dunia


Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, bahkan pernah melakukan penelitian pada tahun 2010, di mana terdapat 275 juta ton sampah plastik dari seluruh dunia. Dan ada 4,8-12,7 juta ton sampah plastik di antaranya yang terbuang ke laut. Bagaimana dengan negara kita tercinta, Indonesia?

Indonesia bahkan menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Setiap tahunnya negara kita menghasilkan sampah plastik sebanyak 3,22 juta ton; dan dari jumlah tersebut, sekitar 0,48-1,29 juta ton turut mencemari lautan. Rekor kita ini hanya dapat dikalahkan oleh Cina yang menduduki peringkat pertama. Separah itu, gaes.


daur ulang plastik
Sampah plastik, banyak yang akhirnya berakhir di lautan lepas.


Tahukah kamu, telah tercatat bahwa terdapat 22% spesies mamalia laut, 44% spesies burung laut, beberapa spesies ikan dan semua spesies penyu telah ditemukan sampah plastik di tubuhnya. Sampah plastik bahkan telah menjadi penyebab terbunuhnya paling tidak 1 juta burung laut serta 100 ribu mamalia dan penyu setiap tahunnya.

Bukan hal aneh bila beberapa tahun kemudian laut kita akan dipenuhi sampah plastik bila hal ini terus dibiarkan berlarut-larut. Bisa jadi makhluk laut yang kita manfaatkan sebagai sumber pangan itu justru telah tercemari mikroplastik. Maka alih-alih menggunakan plastik sekali pakai saja, kita harus bisa mengubah pola pikir untuk menyelamatkan bumi kita ini.

Salah satunya adalah dengan melakukan daur ulang plastik. Kemudian timbul pertanyaan lanjutan, bukannya daur ulang plastik ini susah? Yup, pada awalnya aku pun berpikir demikian. Namun karena beberapa bulan ini aku mulai menegaskan diri untuk sesedikit mungkin menggunakan plastik, aku mulai mencari cara daur ulang plastik yang mudah dilakukan. Nah, ini dia 5 ide daur ulang sampah plastik yang mudah dipraktikkan untuk kita semua.




5 Ide Daur Ulang Plastik yang Mudah untuk Dipraktikkan


daur ulang plastik
Ide daur ulang plastik: hiasan bunga. Sumber gambar: IG @hanifa_rischa


Hiasan Bunga Daur Ulang Plastik

Ketimbang selalu membeli hiasan dan pajangan rumah, lebih baik kita membuatnya sendiri bukan? Apalagi hiasan bunga bisa dibuat dari sampah plastik, mulai dari tutup botol, kantong keresek, hingga sedotan plastik. Kita juga bisa membuat berbagai macam hiasan bunga sesuai keinginan kita loh, pastinya cantik dan bisa membuat kita lebih happy.


Celengan Daur Ulang Plastik

Mengajari anak-anak untuk menabung butuh konsistensi. Selain memberikannya minyak telon untuk menjaganya dari kedinginan, daripada membeli celengan plastik atau celengan kaleng yang akhirnya akan menjadi sampah, mengapa tidak membuat celengan sendiri? Daur ulang plastik menjadi celengan juga bisa mengajarkan anak-anak untuk mengurangi sampah mereka sendiri loh.

daur ulang plastik
Ide daur ulang plastik: lampu unik. Sumber gambar: IG @kertabumikliniksampah


Lampu Unik

Selama kita bisa berpikir kreatif, sampah plastik bisa kita ubah menjadi apa saja, bahkan lampu unik. Gunakan saja botol bekas atau sendok-sendok bekas sebagai bahan utama pembuatan lampu unik. Misalnya lampu nanas yang terbuat dari puluhan sendok bekas ini, unik banget kan?


Tas Kece

Tas dari sampah plastik bukan hanya seperti yang digunakan ibu-ibu saat belanja ke pasar kok. Tas kece pun bisa kita buat, tentunya dengan imajinasi dan kreativitas kita masing-masing. Untuk membuat tas kece ini pun terbilang lebih mudah untuk mendapatkan bahannya, karena ukuran tas yang cukup besar maka dibuat dari sampah plastik yang lebih besar pula.

daur ulang plastik
Ide daur ulang plastik: tas kece. Sumber gambar: IG @kertabumikliniksampah


Tempat Penyimpanan Serbaguna

Ketimbang dibuang, kita bisa melakukan daur ulang plastik untuk berbagai tempat penyimpanan. Tempat menyimpan mainan, make up, skincare, masker, koran, alat tulis, hingga untuk menyimpan camilan, semua bisa dibuat sesuai kebutuhan. Tempat penyimpanan serbaguna dari plastik ini keren banget loh.


Nah, itu dia lima ide daur ulang plastik yang pastinya gampang banget untuk dipraktikkan di rumah. Kalian mau bikin yang mana aja nih, temans?

No comments: