Tips untuk Para Freelancer, Apa Saja?

Pernah nggak sih ngerasain waktu berlalu begitu cepat dan seolah tak mau lagi menunggu?

Aku sekarang ngerasain hal ini. Dua puluh empat jam sehari itu seringnya masih kurang, bahkan penginnya bisa dua puluh empat jam sehari.

tips untuk para freelancer


Memang setelah memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, bukannya kesibukan berkurang namun justru kesibukanku bertambah banyak. Alhamdulillah dong. Harus bersyukur kalau rezeki itu ada aja dari mana-mana. Tapi jadi pekerja lepas itu tentu jauh berbeda dengan saat masih di kantor dahulu. Nah, ini dia tips untuk para freelancer. Apa saja?



Tips untuk Para Freelancer


Pilih Bidang yang dikuasai dan diminati

Memilih resign dari kantor memang keputusan yang cukup berani. Bukan hanya untukku saja, namun juga untuk semua orang yang berhenti dari pekerjaannya. Sebelum berhenti kerja pun pasti memikirkan berkali-kali, ya kan? Karena itulah, tips untuk para freelancer yang pertama adalah memilih bidang yang dikuasai dan diminati. Passion istilahnya. Buat apa? Membahagiakan diri sendiri tentu saja.

Pandai mengatur keuangan dan menabung

Menjadi seorang freelancer berarti kita tidak mendapatkan penghasilan tetap seperti biasanya. Bisa jadi pada bulan ini kita benar-benar disibukkan oleh berbagai macam project (dan tentunya dengan fee lumayan), namun bulan depannya hanya mendapatkan job sedikit. Untuk itu, tips kedua untuk para freelancer adalah harus pandai-pandai mengatur keuangan dan juga menabung. Terutama untuk kebutuhan pokok dan tabungan untuk biaya tak terduga.

tips untuk para freelancer

Perluas Networking

Kata orang, silaturahmi itu mendatangkan rezeki. Hal ini benar adanya, terutama untuk para pekerja lepas. Networking yang semakin luas berarti kita semakin mengenal banyak orang dari berbagai kalangan. Ikuti komunitas-komunitas yang mendukung pekerjaanmu saat ini. Jalin pula komunikasi yang baik dengan klien dan juga teman-teman.

Konsisten

Pekerja lepas itu harus konsisten. Kenapa? Karena kita harus kembali memulai karir, maka konsisten adalah koentji. Tips untuk para freelancer yang satu ini susah-susah gampang memang. Kita harus bisa konsisten menekuni bidang yang kita kerjakan. Misalnya jika memilih menjadi seorang blogger, maka harus rajin menulis. Ini pr juga buatku, untuk lebih semangat dan konsisten menulis.

Pintar Mengatur Waktu

Inilah salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi para pekerja lepas, yaitu pintar mengatur waktu. Seorang pekerja lepas berarti terbebas dari tanggungan bekerja dari jam kerja formal. Namun justru di sanalah tantangannya. Pekerja lepas sering kali justru berhadapan dengan bekerja di larut malam, di akhir pekan, dan juga beragam project dengan tenggat deadline yang mepet. Jika kita belum pintar mengatur waktu, nanti bisa saja kita menjadi keteteran.

Kamu happy jadi seorang freelancer? Kalau aku sih, iya banget.

Omong-omong soal mengatur waktu, dalam kehidupan sehari-hari pun ada tipsnya. Misalnya dalam membayar tagihan-tagihan di rumah. Apa saja sih? Membeli token listrik, BPJS, tagihan internet, PDAM. Repot banget jika harus datang ke satu per satu kantornya dan repot mengantri untuk membayar tagihan. Padahal waktu yang dikeluarkan tersebut bisa dialihfungsikan untuk mengerjakan tugas lho.

Apalagi aku kan ngekos juga tuh. Mana sempat mau ke kantor atau agen token listrik. Aku butuh solusi atas permasalahan ini sehingga aku mencari cara untuk membayar tagihan-tagihan rumah tangga. Terus dari pencarianku, eh ketemu Traveloka yang ternyata sekarang udah bisa membantu kita untuk mengurus tagihan-tagihan ini, bukan hanya menyediakan pemesanan tiket pesawat dan hotel saja.

Beli token listrik di Traveloka jelas menjadi solusi untuk menghemat waktu. Selain itu juga kita tidak lagi repot harus pergi keluar rumah, Traveloka juga punya harga dan fitur terbaik nih. 

Untuk beli token listrik di Traveloka, caranya gampang banget:
  1. Buka website atau aplikasi Traveloka.
  2. Pilih menu Tagihan dan Isi Ulang.
  3. Klik pilihan Listrik PLN.
  4. Pilih tipe produk: Token Listrik. Lalu masukkan nomor meter/ID Pelanggan. Pilih nominal, lalu klik tombol Lanjutkan.
  5. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan oleh Traveloka.

traveloka tips untuk para freelancer traveloka tips untuk para freelancer  traveloka tips untuk para freelancer




Tidak sulit bukan? Cukup menunggu di kosan aja dan voila, token listrik sudah bisa digunakan. Kamu udah nyobain beli token listrik di Traveloka juga belum? Kalau belum, yuk dicobain dulu! 

Tidak ada komentar