Subscribe!

Salah satu sumber nutrisi terlengkap dan terkompleks di dunia adalah madu. Manfaat madu pun sangat banyak, selain digunakan sebagai bahan pelengkap makanan dan minuman, madu juga memiliki banyak manfaat lain, terutama manfaat madu untuk wajah dan tubuh.

Sebut saja sebagai pelengkap makanan, madu dapat digunakan sebagai topping, digunakan saat memasak, untuk campuran minuman. Hasil hutan non-kayu ini memang terasa manis di mulut sebab memiliki kandungan monosakarida fruktosa serta glukosa, membuatnya terasa seperti gula yang dicairkan.


manfaat madu untuk wajah


Cara mengolah madu pun tergolong gampang, cukup dicampurkan dengan makanan ataupun minuman untuk menambah rasa, bisa juga dengan meminumnya tanpa campuran apapun. Madu pun biasa digunakan sebagai obat, karena tingginya kandungan dalam madu. Oleh sebab inilah, madu menjadi favorit semua orang. Tapi tahukah kamu, apa saja manfaat madu untuk wajah dan tubuh yang wajib kita ketahui?




7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui




Manfaat Madu untuk Wajah: Menenangkan Kulit Wajah

Madu dapat digunakan sebagai masker wajah. Manfaat madu untuk wajah adalah menenangkan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan antimikroba pada madu dapat membantu menenangkan kulit. Antioksidannya juga dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit kita loh, sehingga madu dapat mencegah jerawat, kulit kusam, penuaan dini, keriput dan kanker.


Menghilangkan Bekas Luka

Selain bersifat menenangkan kulit, madu juga dapat membantu menghilangkan bekas luka di kulit. Eits, madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat juga, loh. Masker madu juga dapat membantu menyembuhkan bekas luka setelah operasi, ataupun luka pada penderita diabetes.


manfaat madu untuk wajah
Ada 7 manfaat madu untuk wajah dan tubuh yang perlu kita ketahui.



Melembutkan Bibir

Bibir kering itu sangatlah mengganggu. Untuk melembutkan bibir, madu dapat digunakan sebagai masker bibir dan menjadi pelembut alami pada bibir kering. Madu juga bisa digunakan sebagai scrub alami untuk bibir serta wajah bila dicampurkan dengan gula pasir.


Menghaluskan Rambut

Madu bisa digunakan untuk membuat rambut lembut dan halus juga, loh. Oleskan madu pada rambut dan diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.


Manfaat Madu untuk Tubuh: Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Asupan madu yang dikonsumsi membuat tubuh kita memproduksi sel-sel imunitas lebih banyak. Sejalan dengan banyaknya sel imun yang diproduksi, sistem kekebalan tubuh pun menjadi lebih baik. Tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus yang datang menyerang.


Membersihkan Racun di Dalam Tubuh

Madu mengandung antioksidan terbaik bagi tubuh, sehingga baik untuk proses detoksifikasi. Campuran air hangat, lemon, dan madu yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu kita untuk membersihkan racun di dalam tubuh.


manfaat madu untuk wajah
Madu dapat membantu meningkatkan sistem imun dan detoks tubuh.



Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Salah satu cara mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes adalah menjaga pola makan, terutama dengan mengurangi makanan yang mengandung gula. Sebab itulah, madu bisa digunakan untuk membantu para penderita diabetes. Kandungan glukosa dan fruktosa pada madu dapat digunakan sebagai pengganti gula. Namun tentu saja, penderita diabetes tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi madu.


Mencegah Kanker, Strok, dan Penyakit Jantung

Kandungan-kandungan yang terdapat pada madu, seperti asam organik dan senyawa fenolik, misalnya flavonoid, membuat madu kaya akan antioksidan. Menarikanya, bila antioksidan di tubuh telah mencukupi, proses oksidasi tubuh akan berjalan lebih lambat, membuat madu yang dikonsumsi dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker, juga mencegah munculnya strok dan penyakit jantung.




Beli Madu di Tempat Jual Madu Asli Agar Mendapatkan Manfaat Madu untuk Wajah dan Tubuh Secara Total




Tidak bisa dipungkiri bahwa pada zaman sekarang ini lumayan susah mencari madu murni di minimarket atau supermarket. Sebab banyak merek madu justru menambahkan pemanis buatan dan rasa artifisial. Namun teman-teman tidak perlu bingung, sebab salah satu rekomendasi tempat jual madu asli adalah di JD.ID, yang menjamin 100% hanya menjual produk original.

Itulah tadi manfaat madu untuk wajah dan tubuh kita. Sebagai bahan alami dengan segudang manfaat, kamu wajib banget selalu menyediakan madu di rumah. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, jangan lupa sering-sering cuci tangan dengan sabun juga ya. ^^

No comments: