Misupinku.com

Welcome to Misupinku.com.
Take your time to look around and make yourself at home. ^^
Terlalu haus di bulan puasa tak mengapa, tidak sabar menunggu waktu berbuka sudah sewajarnya. Tapi yang menyebalkan adalah, ketika harus menderita sakit gigi di bulan Ramadan. Gigi yang terasa nyut-nyutan, gusi bengkak, pipi bengkak, terasa tidak nyaman, dan rasa sakit berkepanjangan. Ouch, membayangkannya saja sudah terasa sakit. gusi bengkak

Mau minum obat tentu saja bukan sebuah opsi, sebab kita sedang berpuasa, setidaknya hingga waktu berbuka tiba. Nah, kali ini aku akan berbagi 5 tips mengatasi sakit gigi di bulan Ramadan ini.


sakit gigi






5 Tips Mengatasi Sakit Gigi di Bulan Ramadan




Berkumur dengan Larutan Air Garam

Larutan air garam bukan hanya digunakan untuk membantu meredakan diare. Untuk meredakan sakit gigi, larutan air hangat yang dicampurkan dengan garam bisa menjadi cara terbaik. FYI, air garam memiliki sifat analgesik, yang berarti larutan air garam dapat membersihkan bakteri pada gigi dan membantu mengatasi sakit gigi. Caranya, campurkan segelas air hangat dan setengah sendok makan garam, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut.


Kompres dengan Es Batu untuk Meredakan Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Es batu pun bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah sakit gigi dan gusi bengkak saat berpuasa. Simpel aja, kita bisa menaruh potongan es batu dalam plastik kecil yang ditempelkan di pipi, bisa pula dengan menempelkannya di area sakit gigi. Nggak perlu terlalu lama, cukup sekitar lima belas menit saja agar dapat mengebaskan saraf gigi yang sakit tersebut.



gusi bengkak
Ada lima tips mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak di bulan Ramadan



Berkumur dengan Larutan Air Cuka

Selain berkumur dengan larutan air garam, berkumur dengan larutan air cuka pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah satu ini. Sebab seperti garam, cuka pun bersigat anti mikroba dan anti bakteri, sehingga dapat membunuh kuman penyebab gusi bengkak dan sakit gigi. Jadi penasaran kan, bagaimana?

Caranya pun tak kalah sederhana, cukup larutkan segelas air hangat dan setengah sendok teh cuka. Gunakan larutan ini untuk berkumur dan tahan selama tiga puluh detik. Terkhusus untuk gigi yang sensitif, dapat pula dengan meneteskan cuka pada kapas untuk meringankan rasa asam dari cuka, lalu tempelkan kapas tersebut di gigi yang sakit. Berkumurlah dan sikat gigi hingga bersih.

PS: Jangan sampai salah dan langsung berkumur dengan cuka murni ya, karena sifat asam dari cuka murni dapat merusak lapisan enamel pada gigi kita.


Manfaatkan Minyak Cengkeh untuk Masalah Gusi Bengkak


Hidup di Indonesia yang kaya dengan rempah-rempah justru menguntungkan kita. Salah satu rempah-rempah yang dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi adalah cengkeh, atau lebih tepatnya: minyak cengkeh. Cengkeh memiliki kandungan senyawa kimia eugenol, yang digunakan sebagai anestesi alami sehingga sering digunakan sebagai salah satu obat tradisional.

Caranya simpel kok, bersihkan atau sikat area gigi yang terasa sakit. Lalu ambil kapas dan berikan dua tetes minyak cengkeh di kapas tersebut. Tempelkan pada area sakit gigi sembari ditekan selama beberapa waktu.


Berkumur dengan Rebusan Daun Teh Peppermint

Tips terakhir adalah berkumur dengan rebusan daun teh peppermint untuk membantu meredakan masalah sakit gigi. Tahukah kamu, di dalam teh peppermint terkandung zat tannin yang dipercaya mampu meredakan rasa sakit gigi dan bisa mengurangi gusi bengkak. Bagaimana solusi dan caranya? Pertama kita harus merebus daun teh peppermint hingga mendidih dan dinginkan. Lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut selama beberapa kali.



Itulah lima tips mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak di bulan Ramadan. Nggak perlu pusing lagi dengan alasan gusi bengkak kenapa, ya. Langsung aja cobain lima tips di atas... ^^

No comments: