Misupinku.com

Welcome to Misupinku.com.
Take your time to look around and make yourself at home. ^^
Bulan Ramadan sudah memasuki minggu kedua. Bulan yang penuh berkah ini memang sudah sepantasnya untuk difokuskan pada ibadah kepada Allah. Namun, meskipun sedang menjalani ibadah puasa, bukan berarti kita tidak butuh hiburan atau refreshing. Hal ini penting untuk menekan stres supaya ibadah yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan khusyuk. takjil

Refreshing di sini bisa dengan cara jalan-jalan atau traveling. Nggak usah jauh-jauh, pilihlah tempat-tempat yang dekat dengan domisili. Misalnya untuk yang tinggal di Jakarta, kamu bisa melepas penat dengan cara jalan-jalan ke puncak Bogor atau ke Bandung, yang penting jangan sampai mengganggu ibadah puasa.


takjil


Mengingat akan bepergian saat kondisi berpuasa, maka kita harus menyiapkan fisik yang optimal ketika di perjalanan. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan bekal ketika waktu berbuka puasa tiba. Ada banyak menu takjil yang bisa dibawa, berikut ini beberapa rekomendasi menu takjil yang bisa dibawa ketika bepergian dengan mobil di bulan puasa:





10 Rekomendasi Menu Takjil Saat Bepergian dengan Mobil




Takjil Cereal bar

Ada beragam jenis camilan sehat beredar di pasaran sekarang ini. Salah satu contohnya adalah cereal bar. Makanan yang satu ini bisa menjadi takjil pilihan untuk berbuka puasa saat di perjalanan. Meskipun berukuran kecil, cereal bar mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, apalagi setelah menjalani ibadah puasa.


Takjil Kurma

Kurma dikenal sebagai takjil yang sehat dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Selain sehat dan praktis, makan kurma saat berbuka puasa juga merupakan sunah Rasulullah SAW. Kurma mengandung nutrisi yang baik untuk menambah energi kita setelah berpuasa. Saat berbuka puasa dianjurkan makan kurma dengan jumlah ganjil, seperti sebutir, tiga butir, lima butir, atau tujuh butir kurma.



menu takjil
Kurma untuk menu buka puasa saat bepergian.


Brownies

Menu lainnya yang bisa dibawa ketika bepergian dengan mobil adalah brownies. Makanan olahan ini cocok dijadikan hidangan berbuka, baik itu saat di rumah atau dalam perjalanan. Brownies kukus mengandung gula sebagai pengganti energi. Ini tentu sangat baik untuk tubuh setelah menahan haus dan lapar.


Gorengan dan Lontong

Takjil satu ini bisa dibilang sebagai menu favorit orang Indonesia ketika berbuka puasa. Selain karena harganya murah, makan gorengan dan lontong ketika berbuka puasa juga terbilang mengenyangkan. Gorengan dan lontong untuk sementara waktu bisa mengganjal rasa lapar sebelum makan makanan berat.


Roti

Saat dalam perjalanan, roti menjadi teman yang cocok untuk berbuka puasa. Selain praktis, makan roti saat berbuka puasa juga mampu menambah energi. Kita bisa memilih roti dengan berbagai macam rasa di pasaran dan ditemani dengan susu kemasan, tentu ini akan menjadi perpaduan yang pas.



buka puasa
Roti sebagai menu takjil, boleh banget loh.


Es Pisang Ijo

Aneka sajian es juga sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa, salah satunya adalah adalah es pisang ijo. Tidak hanya menyegarkan, kuliner dari Makassar ini juga mengenyangkan ketika dikonsumsi saat berbuka. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dikukus, kemudian dibalut dengan adonan dadar berwarna hijau dan dilumuri bubur sumsum. Kemudian ditambahkan es serut, sirup merah, dan susu kental manis.


Pastel

Berbeda dengan gorengan seperti tahu, tempe, dan bakwan, pastel memiliki banyak isian yang membuatnya lebih enak dan gurih. Biasanya di dalam satu buah pastel terdapat isian daging, bihun, telur rebus, dan sayuran. Perpaduan ini membuat pastel jadi makanan yang mengenyangkan ketika berbuka puasa dan dapat menjadi opsi untuk takjil di perjalanan.


Buah-Buahan

Tidak hanya kurma, jenis buah-buahan lain juga bagus untuk menu takjil, seperti jeruk, pisang, apel, pepaya, semangka, dan mangga. Beberapa dari buah tersebut bisa langsung dimakan ketika di perjalanan, sedangkan yang lainnya harus dipotong terlebih dahulu sebelum dibawa. Apalagi makan buah-buahan ketika berbuka puasa sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya.



takjil
Menu berbuka berupa buah-buahan, praktis dan sehat.


Takjil Salad Buah

Jika bosan makan buah secara langsung, kamu bisa mengkreasikannya menjadi hidangan salad buah. Kamu bisa memilih aneka buah segar untuk dimasukkan ke dalam resep seporsi salad buah. Hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil ketika di perjalanan. Selain menyegarkan, menu ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.


Lumpia

Tidak hanya pastel, lumpia juga bisa jadi menu takjil ketika kamu bepergian. Isian rebung atau daging cincang pada lumpia akan menjadi hidangan yang pas ketika buka puasa. Lumpia pun menjadi lebih nikmat apabila ditemani dengan minuman kemasan yang manis-manis.



Nah, itulah 10 rekomendasi menu takjil saat bepergian dengan mobil. Jadi, mau traveling ke mana nih? Mau ke Bogor atau ke Bandung? Sebab untuk menuju ke kota-kota tersebut, kita bisa menggunakan mobil sewaan. Ada banyak sewa mobil Bandung atau Bogor yang bisa kamu pilih melalui Traveloka. Selamat jalan-jalan, selama memilih menu takjil, dan selamat beribadah puasa.. ^^

No comments: