Manfaat Menggunakan Software HRIS untuk Perusahaan

Selamat pagi teman-teman!

Sudah tahu belum dengan software HRIS? Apakah kalian sudah pernah dengar sebelumnya?

HRIS atau Human Resource Information System adalah gabungan antara manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dengan teknologi informasi. Penggabungan ini ditujukan untuk membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahan pada human resource atau HR.

manfaat menggunakan software hris


Kehadiran software HRIS di Indonesia kini tengah menjadi perhatian. Pasalnya, saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah perusahaan yang bertumbuh subur. Ada begitu banyak perusahaan menengah ke atas yang beramai-ramai menginvestasikan uang atau saham mereka di Indonesia, setelah melihat negeri ini memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat memadai untuk keberlangsungan perusahaan.

Semakin besar suatu perusahaan tentu semakin lengkap juga sumber daya manusia yang ada di dalamnya, karena perusahaan besar memiliki banyak bagian yang harus diselesaikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Salah satu divisi yang paling terkenal di suatu perusahaan adalah Human Resource Development (HRD).

Divisi HRD ini bisa dikatakan sebagai kunci kesuksesan suatu perusahaan. Dari bagian HRD-lah orang-orang yang hendak bekerja di perusahaan tersebut disaring untuk mendapatkan kandidat-kandidat berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tugas HRD memang tidaklah mudah. Tapi berkat adanya kemajuan teknologi, saat ini HRD lebih dimudahkan dalam hal pengelolaan informasi karyawan. Nah, software HRIS merupakan jawaban atas sibuknya HRD. Lalu apa saja, sih keuntungan dan manfaat menggunakan software HRIS yang didapatkan perusahaan?


Manfaat Menggunakan Software HRIS untuk Perusahaan


Meningkatkan Produktivitas HRD

Manfaat menggunakan software HRIS yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan produktivitas HRD. Coba saja teman-teman tanyakan kepada para HRD di perusahaan, tugas mereka bukan hanya duduk-duduk seharian di ruang ber-AC, lho. Tugas HRD bisa lebih banyak dan lebih rumit dari pada yang kita kira, mulai dari mengurusi data-data karyawan perusahaan sampai melakukan perencanaan perusahaan yang berkaitan dengan perekrutan karyawan baru.

Karena itulah, HRIS hadir untuk membantu membuat tugas HRD menjadi lebih teroganisir. HRIS membantu pengumpulan CV dan pemeriksaan data kandidat. Dengan adanya HRIS tersebut, maka tugas HRD menjadi lebih terfokus dan terarah dengan baik.



manfaat menggunakan software hris untuk perusahaan

Mengawasi Jalannya Perusahaan

Seorang bos tidak akan bisa mengawasi perusahaanya selama dua puluh empat jam penuh. Karena software HRIS membantu mengawasi proses jalannya perusahaan dengan peraturan-peraturan tertentu, maka dapat membantu perusahaan untuk sejalur dengan UU yang berlaku sehingga reputasi dan nama baik perusahaan tetap terjaga dengan aman.

Menganalisa Performa Perusahaan

Manfaat menggunakan software HRIS yang terakhir adalah dapat menganalisa performa perusahaan. Ya, salah satu alasan mengapa perusahaan harus menggunakan software HRIS adalah karena HRIS dapat membantu untuk menganalisa performa dan memiliki perhitungan metric yang baik, yang berhubungan dengan pengambilan keputusan pada perusahaan.

Sebagai contoh, HR bertanggung jawab dalam biaya yang digunakan dalam perekrutan pegawai baru. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan menggunakan software HRIS. Hasil keputusannya akan digunakan untuk membuat keputusan bisnis dan pengembangan strategi ke depannya. Pada intinya, software HRIS membantu menghemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.


Jika teman-teman bingung Software HRIS apa yang sebaiknya digunakan, maka gunakanlah software HRIS LinovHR yang memiliki beragam kelebihan sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Software HRIS LinovHR juga telah berbasis cloud yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik.

Jangan bingung-bingung lagi ya.. ^^


Tidak ada komentar