Menikmati Bali di Sanur Village Festival 2018

Selamat pagi teman-teman semua! Siapa nih yang suka main ke pantai?

Akuuuuu hehe.

Walaupun besar di Bengkulu yang dikelilingi pantai, kalau pergi ke mana-mana yang dicari ya pantai, teteup. Teman-teman pada tahu kan satu daerah di Indonesia yang sangat terkenal dengan pantainya? Yak benar, itulah sang Pulau Dewata, Bali.

menikmati bali di sanur village festival


Berbicara tentang pantai di Bali, Pantai Sanurlah salah satu pantai yang terkenal. Namun banyak juga pantai cantik yang berada di Bali, seperti Pantai Mertasari yang letaknya tersembunyi malu-malu di kawasan Denpasar. Dari banyaknya pantai di Pulau Dewata yang bisa kita nikmati ini, teman-teman harus mencoba menikmati Bali di Sanur Village Festival.

Sanur Village Festival 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 22-26 Agustus 2018 lalu di Maisonette Inna Grand Bali Beach, Sanur ini mengambil tema Mandala Giri. Secara harfiah Mandala Giri adalah lingkaran dan gunung. Masyarakat Bali memang menganggap gunung sebagai kepala atau hulu, sebagai orienasi spiritual dan kuntural.

Jadi Sanur Village Festival memang ditujukan sebagai semangat pemikiran untuk kembali memusatkan perhatian ke Gunung Agung. Juga untuk mendorong kekeluargaan dan kebersamaan (menyamabraya), untuk mengilhami kreativitas warga, menjaga alam, dan yang paling penting adalah menunjukkan pada dunia bahwa Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia ini sangatlah aman dikunjungi.



Pantai Sanur dan Pantai Mertasari,

Menikmati Bali di Sanur Village Festival 2018


Bali, sebuah pulau dengan destinasi wisata yang sudah mendunia. Siapa sih yang nggak kenal dengan Bali? Seriously?

Bali memang memiliki banyak pantai yang tak kalah cantiknya dibandingkan Pantai Sanur. Oleh karena itu, Sanur Village Festival 2018 diadakan untuk mengangkat destinasi wisata lain di sekitar Pantai Sanur. Contohnya ya Pantai Mertasari. Pantai Mertasari memiliki  yang tak kalah indahnya lho. Jika kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur, maka di Pantai Mertasari kita akan disuguhkan oleh pemandangan matahari terbenam. Lengkap banget kan ya? Pecinta pantai pasti happy banget nih. Aku salah satunya XP

Sanur Village Festival diselenggarakan tak jauh dari Pantai Mertasari dengan dibuka oleh Menpar Arief Yahya pada tanggal 23 Agustus lalu. Dengan pasir putih terpampang dan deretan batu karang, kita juga bisa memanfaatkan fasilitas beraneka permainan air. Ditambah pula pohon-pohon waru yang berderet rapi membuat kita akan merasa santai dan bisa menikmati keindahan alamnya.

Untuk menikmati Bali di Sanur Village Festival, tentu bisa dijangkau dengan mudah dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan untuk amenitasnya sendiri, di Bali terdapat beragam jenis penginapan. Kamu mau mencari penginapan jenis apa? Hostel? Guesthouse? Atau bahkan hotel bintang lima? Semua ada!



Menikmati Bali di Sanur Village Festival 2018


Ada banyak atraksi dan kegiatan disajikan di Sanur Village Festival ini. Mulai dari beragam kuliner dari jajanan warung, restoran, bahkan hotel bintang lima. Ada pagelaran sendratari kolosal serta suguhan pagelaran budaya tradisional Bali dan nusantara lho, jadi kita juga bisa menikmati budaya yang disajikan pada Sanur Village Festival ini.

Menikmati bali di sanur village festival

Teman-teman sudah tahu belum dengan Jukung Race? Jukung Race atau balap perahu tradisional menjadi salah satu pembuka acara Sanur Village Festival 2018 ini. Jukung race memang sudah melegenda dan dilakukan turun-temurun bagi masyarakat Sanur lho, jauh sebelum SVF ini mulai diadakan. Oleh karena itu jukung race diadakan untuk melestarikan konsistensinya. Dengan total 50 peserta dari lima kelompok, peserta melintasi jarak sekitar delapan km yang dimulai dan finish di Pantai Segara Ayu.

Ada beragam perlombaan, seperti triathlon, futsal, golf, marathon, tenis, surfing, lomba memancing, wind surfing, parade jukung, festival musik, juga ada kegiatan bersepeda dengan menjelajahi Sanur. Kebayang nggak sih gimana serunya bersepeda sembari menikmati keindahan alam, situs bersejarah, aktivitas nelayan dan beragam hal yang tersedia di Bali?

Menikmati bali di sanur village festival

Belum lagi ramainya pameran seni rupa, fotografi, festival musik, ice carving, fruit carving, body painting, on the spot painting, dan festival layang-layang dengan peserta dari dalam negeri dan luar negeri, tentu menambah keseruan yang ada. Acara yang diadakan pun bukan hanya bersenang-senang saja. Ada juga aksi penanaman terumbu karang, membersihkan pantai, melepas tukik, menanam bibit mangrove dan pohon langka. Juga ada kampanye hijau serta edukasi lingkungan hidup.

Rangkaian acara ini pun ditutup dengan kegiatan yang tak kalah serunya: Bali International Triathlon 2018 dengan menggabungkan renang, lari, dan sepeda tingkat internasional di Pantai Mertasari. Seru banget kan? Tahun depan kita menikmati Bali di Sanur Village Festival bareng-bareng yuk!

Menikmati bali di sanur village festival

Menikmati bali di sanur village festival

Menikmati bali di sanur village festival

Koleksi foto by: Ist

Tidak ada komentar