Subscribe!

Saat puasa, kulit kering dan gatal melanda? Hal ini bukanlah hal aneh, sebab saat berpuasa tubuh kekurangan cairan, dan banyak yang tidak menyadari bahwa kulit memberikan tanda bahwa kebutuhan cairan tubuh belum terpenuhi. Maka tak heran bila kulit terasa kering, kasar, perih, kusam, dan gatal.

Tenang aja, girls, karena kali ini kita akan membahas lima tips mengatasi kulit kering dan gatal saat puasa. Ada pula manfaat besar dari kolagen, loh!


kulit kering dan gatal




Kulit Kering dan Gatal Saat Puasa? Ada 5 Tips Mengatasinya




Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Lagi-lagi air putih. Mungkin di antara teman-teman ada yang bosan mendengar anjuran untuk memperbanyak minum air putih. Namun percayalah, minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering, loh.

Air memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan kulit kita. Sebab itulah, bila tubuh kekurangan asupan cairan maka kulit yang pertama kali menjadi sasaran. Kulit menjadi kering, kusam, hingga gatal. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kemungkinan timbulnya kulit kering pun semakin berkurang.

Tapi bagaimana caranya agar kebutuhan air tetap terpenuhi selama berpuasa? Simpel kok, dengan cara minum air minimal delapan gelas atau dua liter air putih, mulai dari waktunya berbuka puasa hingga selesai sahur.


kulit kering dan gatal
Jangan lupa minum air putih yang cukup.



Kurangi Makan Gorengan Saat Berbuka

Iya, aku paham betul akan nikmatnya godaan makan gorengan saat buka puasa. Mulai dari risol, bakwan, pempek, bakwan jagung, hingga beragam gorengan lain itu memang susah sekali terlewatkan. Soalnya praktis dan enak sih.

Namun selain mengandung kalori tinggi, gorengan juga tidak sehat bagi tubuh dan kulit. Minyak yang digunakan untuk menggoreng memiliki kandungan lemak yang sulit dicerna tubuh serta memiliki dampak yang buruk untuk kulit kita.


Mengatasi Kulit Kering dan Gatal dengan Menghindari Sinar Matahari Secara Langsung


Radiasi sinar UV dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti kulit kusam, kering, bintik hitam, kerutan, hingga kanker kulit. Sebisa mungkin hindari sinar matahari secara langsung, terutama setelah melewati pukul 10.00 pagi, ya. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dan aplikasikan ulang setiap 2-3 jam untuk menghindari jahatnya dampak buruk sinar UV ini.


kulit kering dan gatal
Perbanyak makan buah untuk mengatasi kulit wajah yang kering.



Konsumsi Makanan dengan Kandungan Omega-3 dan Antioksidan

Untuk mengatasi kulit kering, dapat diatasi dari dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 dan antioksidan. Antioksidan akan membuat kulit lebih sehat, kulit juga akan terhindar dari kerusakan oleh radikal bebas.

Sedangkan Omega-3 dapat membantu melembapkan kulit. Omega-3 juga dapat melawan kulit kering, merah dan gatal, mencegah iritasi, juga membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit. Apa saja makanan dengan kandungan Omega-3 dan antioksidan ini? Ada banyak kok, misalnya wortel, kacang-kacangan, tomat, salmon, hingga blueberry.


Jangan Lupakan Buah-buahan Tinggi Serat

Langkah terakhir, adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, terutama yang tinggi serat. Ingatkah kamu dengan kata pepatah "an apple a day, keeps the doctor away?" Ini hanya sebuah contoh aja sih, karena sejatinya buah-buahan punya banyak manfaat bagi tubuh kita.

Buah-buahan yang tinggi serat, air, vitamin, serta antioksidan bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kering, secara alami dari dalam tubuh. Adapun buah-buahan tinggi serat ini, seperti apel, pisang, kiwi, alpukat, nanas, pepaya, kedondong, dan lain sebagainya.



Itu dia lima tips mengatasi kulit kering dan gatal saat berpuasa, yang bisa segera diterapkan. Stay healthy, stay safe! ^^

No comments: