Sebagai salah satu anak kosan yang kerja dari pagi sampai sore, belum lagi ditambah dengan kerjaan luar kantor, punya waktu luang itu rasanya seperti sebuah anugerah. Gimana nggak, setelah tiba di kosan yang dipikirin ya langsung ngerjain deadline. Dear myself, welcome to adulthood! Dunia di mana uang itu sesuatu yang harus diperjuangkan, bukannya turun dari langit, ahaha X) membersihkan kompor gas

Makanya kalo punya waktu luang tuh penginnya sih leyeh-leyeh. Tapi harus sadar diri sih, di zaman pandemi ini kesehatan itu penting banget untuk dijaga. Jadi opsi untuk selalu jajan di luar itu resmi dicoret deh, selain untuk menjaga kesehatan, juga bisa untuk menghemat. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui kan, namanya?


membersihkan kompor gas



Ada tapinya nih, sering masak berarti harus rajin beres-beres di dapur. Padahal ada satu hal yang seringkali ketinggalan untuk dibersihkan karena aku kurang telaten, yaitu di bagian kompor. Biasanya sih aku membersihkan kompor gas tuh kalo udah bener-bener kotor aja alias yaudah ya, nanti aja tunggu bener-bener punya waktu lowong. Perempuan macam apa XP

Kali ini aku mau berbagi tips membersihkan kompor gas versi anak kos. Gimana sih?




Tips Membersihkan Kompor Gas Versi Anak Kos




Bersihkan Kompor Gas di Waktu Luang

Tips pertama adalah membersihkan kompor gas di saat kamu punya waktu luang. Jangan sampai waktumu udah 15 menit menuju masuk kantor dan kamu memutuskan untuk bersihin kompor. Seriusan, coba hindari deh. Nanti yang ada kamu malah dimarahin bos karena super telat tiba di kantornya.


Bersihkan Saat Nyala Api Berubah

Penasaran nggak sih, kapan waktu yang pas untuk bersih-bersih kompor? Simpel kok. Dua tanda kompor sudah wajib dibersihkan itu adalah saat nyala api berubah menjadi tidak merata atau warna nyala api menjadi berwarna kuning. Nah, bila salah satu atau keduanya sudah terjadi, jangan ditunda lagi ya!


Lepas Ring Kompor

Untuk mulai membersihkan, lepas ring kompor dari tungku. Ring biasa bisa langsung dilepas, meskipun ada juga yang perlu trik khusus untuk melepaskannya. Untuk mengetahui trik ini, langsung cek buku panduan kompor masing-masing ya. Setelah berhasil melepaskan ring, selanjutnya rendam ring dalam air panas dan tambahkan dengan sabun cuci piring cair. Bisa juga gunakan larutan air panas dan satu sendok makan asam sitrat.

Diamkan selama dua hingga empat jam, atau hingga kerak dan kotoran membandel terangkat dan dapat dibersihkan. Bersihkan ring dengan sikat gigi bekas, bilas dengan air besih, lalu keringkan dengan kain lap.


membersihkan kompor gas
Ada enam tips membersihkan kompor gas ala anak kos.



Bersihkan Tungku Kompor

Untuk membersihkan tungku kompor, gunakan cairan pembersih dapur ataupun kompor. Jangan gunakan air secara langsung, sebab tungku yang basah dan lembap dapat menjadikan nyala api menjadi tidak sempurna. Diamkan cairan pembersih dapur selama beberapa menit untuk membantu meluruhkan kotoran dan lemak di tungku. Gunakan pula sikat gigi bekas apabila terdapat kerak dan noda membandel. Lalu, lap tungku kompor dengan kain lap.


Bersihkan Kompor Gas dan Permukaan Kompor

Bersihkan permukaan kompor setiap selesai memasak. Kita dapat menggunakan pembersih kompor ataupun bahan-bahan alami seperti baking soda, tepung terigu, ataupun jeruk nipis dan cuka apel. Lalu, lap dengan menggunakan kain lembab ataupun microfiber.


Cek Selang dan Regulator Tabung Gas

FYI, selain bagian kompornya, ternyata bagian selang dan regulator tabung gas pun perlu dirawat. Bagaimana caranya? Simpel kok. Lap bagian luar selang menggunakan kain lembap, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kebocoran ataupun adanya bagian yang retak pada selang gas. Regulator pun perlu dicek secara berkala, sebab bila dipasang secara kurang pas, dapat terjadi kebocoran gas. Cek pula tekanan pada tabung gas, pastikan tetap berada pada keadaan normal sebelum digunakan kembali.




Nah, begitulah cara membersihkan kompor gas yg apinya merah. Selamat mencoba dan selamat masak, selamat makan! ^^

No comments: