Subscribe!

Pandemi saat ini memaksa kita untuk sebisa mungkin berada di rumah saja. Apalagi dengan adanya aturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membuat kita mau tidak mau harus mengikuti anjuran pemerintah tersebut. Satu hal yang paling aku rindukan saat ini adalah bepergian ke tempat wisata, baik sendiri maupun bersama teman-teman dan keluarga.

Tapi ternyata kita nggak perlu lagi bingung dan sedih, karena ternyata di saat kita memasuki masa new normal di mana fasilitas-fasilitas umum sudah mulai dibuka kembali. Kita bisa memulai rencana untuk bepergian ke tempat wisata, tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak, untuk meminimalisir kemungkinan penularan corona virus ini.


tempat wisata




Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa tips aman bepergian ke tempat wisata di masa new normal ini. Ada apa saja?




5 Tips Aman Bepergian ke Tempat Wisata di Era New Normal




Pastikan Tempat Wisata yang Dituju Berada di Zona Hijau

Sebelum bepergian, teman-teman wajib meluangkan waktu untuk mencari informasi lengkap mengenai tempat wisata yang dituju. Pastikan lokasi tersebut tetap berada di zona hijau ya, atau bisa juga memilih untuk datang ke tempat wisata alam sebagai alternatif, sebab kita bisa lebih leluasa untuk menjaga jarak dengan wisatawan lainnya.


Siapkan Dokumen Keterangan Sehat

Hal kedua yang kita perlukan dan tak kalah penting adalah dokumen keterangan sehat. Kita bisa mendapatkannya di rumah sakit terdekat sebagai data yang membuktikan bahwa diri kita masih tergolong sehat dan bebas dari penyakit berbahaya. Oh iya, dokumen keterangan sehat ini adalah salah satu syarat bepergian jauh dengan menggunakan transportasi umum dan penginapan.



new normal
Jaga jarak dan taati peraturan yang berlaku.




Taati Peraturan yang Berlaku di Setiap Tempat Wisata

Saat teman-temen memutuskan untuk mendatangi lokasi wisata, wajib untuk memperhatikan dan menaati peraturan yang berlaku, seperti pembatasan jumlah tamu; penggunaan masker; pembelian tiket; dan lain sebagainya. Mengapa kita harus menaati peraturan tersebut? Tentunya agar kita semua tetap aman dan nyaman, meskipun berada di luar rumah.


Rajin Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan menjadi kunci penting yang harus kita laksanakan. Kebersihan tangan memang wajib diperhatikan sebab bisa saja tanpa sadar kita memegang benda-benda di sekitar yang terkena droplet, ataupun secara langsung terciprat cairan dari orang yang batuk atau bersin.

Apalagi kita pasti mengetahui bahwa penularan corona virus adalah melalui penyebaran droplet. Pastikan kita rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan sebelum melanjutkan kegiatan wisata.


Membawa Bekal Makanan dan Minuman Dari Rumah

Agar lebih aman, sebaiknya kita membawa makanan dan minuman dari rumah. Dengan membawa bekal dari rumah yang dapat dikonsumsi saat dalam perjalanan, kita tak perlu lagi repot membeli makanan di luar, makanan yang diolah sendiri pun lebih terjamin kebersihannya. Selain itu kita juga terhindar dari kerumunan orang-orang yang mengantre. Maka dari itu, perkirakan jumlah makanan dan minuman yang perlu dibawa sesuai dengan lamanya perjalanan.



tempat wisata
Siapkan new normal starter pack dan jangan lupa pakai masker.




Siapkan New Normal Starter Pack

Last but not least, adalah menyiapkan new normal stater pack. Kenakan masker dengan tepat menutupi hidung, mulut hingga dagu; mengenakan sarung tangan; dan selalu siap sedia sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan semprotan desinfektan.



5 tips ini bisa teman-teman terapkan agar tetap aman saat bepergian ke tempat wisata di era new normal, sebab bagaimana pun kondisi saat ini memaksa kita untuk menerapkan cara hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Tetap semangat dan rajin cuci tangan dan makan makanan sehat ya, buat yang work from home juga, ganbatte! ^^

No comments: