Kalau baru gajian tuh, rasanya langsung ngerasa kaya. Tapi perasaan ini tuh nggak bertahan lama, karena tidak lama setelah itu, kita akan dihadapkan kenyataan bahwa ada tagihan yang harus segera dibayarkan. And suddenly, it's gone. cara mengatur keuangan.

Dana yang sebelumnya masih bertengger di rekening, tiba-tiba lenyap, menyisakan sejumlah dana yang entah cukup atau tidak untuk membiayai kehidupan kita, at least untuk kebutuhan pokok. Sementara kita masih harus bertahan hingga jadwal gajian di bulan berikutnya. Miris. kan?

Pastinya kita nggak mau hal ini terus berlarut-larut dan menjadi kebiasaan. Iya, siapa sih yang mau selalu dihadapkan dengan kesalahan yang sama, bahkan keledai pun tidak akan jatuh di lobang yang sama. Nah, untuk itu, maka kita harus mengatur strategi, sebisa mungkin menerapkan cara mengatur keuangan berikut ini.



cara mengatur keuangan






Cara Mengatur Keuangan Sehabis Gajian, Biar Nggak Bokek Melulu!




Cara Mengatur Keuangan: Buat Pos Pengeluaran

Satu hal yang harus dilakukan sesegera mungkin setelah menerima gaji adalah membuat anggaran bulanan dan tetap berpatokan pada anggaran bulanan tersebut. Buatlah pos-pos pengeluaran, seperti living, saving, dan playing.

That's right, baby, urutannya memang living, saving, dan playing. Jadi kita harus membuat pos pengeluaran living terlebih dahulu, di antaranya adalah pengeluaran sehari-hari, transportasi, cicilan, internet, dan lain-lain. Lalu pos saving, seperti dana darurat, investasi, tabungan, dan asuransi.

Dan yang terakhir, pos playing. Untuk apa pos playing ini? Seperti jajan barang-barang lucu di e-commerce yang ternyata nggak terlalu kita butuhkan itu loh, gengs. Yang terpenting adalah, pos saving harus didahulukan sebelum pos playing, jangan sampai malah nabungnya terakhir, karena kalau uangnya nanti udah nggak bersisa, gimana mau nabungnya, coba?


Buat Laporan Pengeluaran Harian

Buat laporan pengeluaran harianmu, sekecil apapun itu. Laporan pengeluaran ini dibutuhkan untuk mengontrol pengeluaran serta untuk melakukan analisis terhadap pengeluaran-pengeluaran yang ternyata tidak terlalu penting. Misalnya, setiap hari kamu jajan kopi senilai Rp 30.000. Maka pengeluaran kopimu untuk seminggu adalah Rp 210.000, dan sebulan menjadi Rp 900.000. Padahal kalau disimpan menjadi tabungan atau investasi, sudah sangat lumayan.


Buat Beberapa Rekening

Jangan simpan uangmu hanya di satu rekening, karena hal ini justru membuatmu merasa banyak duit dan ended up malah lebih gampang untuk menghabiskan uangmu. Buat beberapa rekening untuk beberapa pos keuanganmu, misalnya rekening pertama untuk kebutuhan sehari-hari, rekening kedua untuk tabungan, dan rekening ketiga untuk investasi.

PS: cari rekening dengan biaya admin rendah, atau kalau bisa sih cari tabungan tanpa admin bulanan biar tetap hemat.



cara mengatur keuangan
Ada 5 cara mengatur keuangan setelah gajian yang bisa diterapkan.




Cari Cara Berhemat Versimu

Satu hal yang sekarang sedang aku terapkan sekarang, apalagi di masa pandemi ini, adalah berhemat. Bagaimana caranya? Simpel kok, cuma dengan mengurangi makan di luar. Jadi, aku lebih memilih untuk sedikit repot ke pasar, memasak, dan membawa bekal ke kantor. Selain lebih hemat, tentu saja lebih sehat karena masak sendiri.

Aku juga memilih untuk stay di kosan saat weekend dan mengurangi frekuensi bertemu orang-orang bila tidak terlalu penting. Hal ini berarti lebih hemat, dong. Soalnya bisa meminimalisir pengeluaran-pengeluaran tak terduga, seperti biaya nongkrong, ataupun jajan.

Iya, aku ngerti banget kok kalo godaan jajan online itu banyak banget. Bahkan barang-barang yang aku taruh di keranjang e-commerce pun lebih dari 300 barang XP Tapi ya tetap aja, hemat gaes, jangan sampai lupa. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang sebelum check out, apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau sekadar keinginan belaka?

Beberapa cara berhemat tersebut terbukti works di aku, nah pr buat kalian adalah mencari cara berhemat dan menabung yang tepat untuk kalian sendiri, yak!


Manfaatkan Promo

Promo yang berlaku di supermarket terdekat dan e-commerce ternyata bisa dijadikan salah satu cara mengatur keuangan, loh. Apalagi sekarang ini info promo dan diskon sangat mudah untuk didapatkan. Asalkan kita bisa lebih cermat, sebab tidak semua barang promo tersebut benar-benar kita butuhkan. Kalo semua mau dijajanin di saat promo, ya boncos juga dong. Makanya kita harus pandai dan cermat dalam memilih promo, biar nggak boncos, beib.



Nah, itu dia 5 cara mengatur keuangan yang bisa diterapkan segera setelah gajian, biar nggak jadi bokek melulu. Tips mana yang jadi favoritmu?

No comments: