Tips Menabung dan Cara Mengelola Keuangan Sebagai Freelancer

Menjadi seorang freelancer itu berat kalau kita tidak punya tips menabung dan mengelola keuangan. Iya lah, soalnya pekerja lepas itu kan kerjaannya tergantung proyek yang diterima sehingga fee-nya pun menyesuaikan. Kalau kamu maunya punya pemasukan tetap, yaudah berarti kamu cocoknya kerja kantoran aja deh. Tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai seorang freelancer.

Terus keuntungan jadi pekerja lepas yang bikin kamu memutuskan menjadi salah seorang di antaranya, apa dong Nin? Karena tidak terikat tempat, jadi aku bisa kerja dari mana aja dong, bahkan saat sedang traveling pun *ketawa bahagia*

tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer


Karena jadi seorang pekerja lepas itu berat, maka kali ini aku akan berbagi bagaimana tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer ala Misu Pinku.



10 Tips Menabung dan Cara Mengelola Keuangan Sebagai Seorang Freelancer


Tetapkan Pemasukan Minimal per Bulan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa seorang pekerja lepas itu akan menerima fee sesuai dengan proyek yang ia kerjakan. Ini berarti bahwa tidak ada jaminan seberapa banyak pemasukan yang akan diterima. Tapi hidup harus tetap berjalan, kan? Maka dari itu, kenali dirimu sendiri dan perkirakan kebutuhan minimalmu setiap bulannya.

Sudah tahu seberapa besar kebutuhan minimalmu setiap bulannya? Nah, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan minimal pemasukan per bulan. I know, I know, kita tidak bisa memastikan seberapa banyak proyek yang masuk. Tapi kita bisa berusaha untuk mendaftar di berbagai proyek atau kegiatan dengan fee.

Kalau belum goal juga? Maka kita berlanjut ke tips selanjutnya.


Sediakan Tabungan Darurat Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Tabungan darurat, itu penting banget, babe. Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Mungkin kamu atau keluarga tiba-tiba sakit sehingga butuh dana darurat. Atau bisa jadi terjadi musibah, who knows? Makanya kita wajib mempersiapkan tabungan darurat, sedikitnya tiga kali kebutuhan bulananmu.

Bagaimana bila pemasukan minimalmu tidak terpenuhi? Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kita wajib punya tabungan darurat. Tapi ingat, bila dana tabungan darurat sudah terpakai, maka wajib untuk diganti ya teman-teman.

tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer
Bagaimana tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai seorang freelancer?


Bagi Fee ke Dalam Beberapa Rekening Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Dapet email pemberitahuan fee cair? Jangan langsung dijajanin dulu, my fellow freelancer. Kita punya job yang harus diselesaikan segera setelah fee cair (atau setelah sebulan mengumpukan fee). Yaitu membagi fee tersebut ke dalam pos-pos tertentu. Pos tabungan darurat, pos tagihan bulanan, pos tabungan rencana, pos kebutuhan, pos tabungan traveling, pos belanja bulanan, dan pos-pos lainnya.

Kalau aku pribadi, lebih suka membagi pos-pos ini ke dalam beberapa rekening. Tapi kalau begitu butuh beberapa rekening dong, Nin? Iya, tapi lebih aman. Setelah dibagi ke dalam beberapa pos ini, gunakan hanya pos kebutuhan dan pos belanja bulanan saja ya. Jangan malah semuanya digunakan, percuma dong sudah dibagi-bagi?


Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Buat catatan pemasukan dan pengeluaranmu sendiri, bisa berbentuk buku catatan ataupun dengan memanfaatkan aplikasi di gawai. Catat dengan lengkap pemasukan dan pengeluaranmu, bahkan biaya parkir dua ribu rupiah pun. Lalu saat memasuki bulan baru, lakukan evaluasi terhadap pemasukan dan pengeluaranmu tersebut.


Sesuaikan Gaya Hidup Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Tips menabung dan cara mengelola keuangan yang kelima adalah dengan menyesuaikan gaya hidup. Bila sebelumnya kita terbiasa untuk boros, pikirkan lagi. Lima pertanyaan ini bisa kamu tanyakan pada diri sendiri untuk dijadikan acuan:

  • Apa kamu memang 'butuh' untuk menjalani gaya hidup seperti itu?
  • Mampukah keuanganmu mendukung gaya hidupmu tersebut?
  • Masih bisakah kamu menyisihkan sebagian uang sebagai tabungan?
  • Apakah gaya hidupmu sebelumnya itu benar-benar berfaedah?
  • Bila kamu mengganti gaya hidupmu, apakah salah satu aspek kebutuhan dasarmu (sandang, pangan, papan, internet) menjadi tidak terpenuhi?

Jika kamu menjawab 'Tidak' sebanyak tiga dari lima pertanyaan tersebut, maka sebaiknya kamu menyesuaikan gaya hidupmu. Menyesuaikan ini konteksnya gimana, Nin? Lagi-lagi sesuai kebutuhanmu, tentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritasmu mulai dari prioritas tertinggi hingga rendah.

tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer
Sesuaikan gaya hidupmu sesuai kebutuhan, karena tabungan lebih penting daripada gengsi.


Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti harus beli kopi di kafe mahal setiap tiga hari sekali karena prestige itu bukan dosa kok. Tak perlu takut termakan gengsi, karena gengsi nggak akan membuatmu ke mana-mana. Kecuali memang pekerjaanmu menuntut untuk mencari kafe-kafe estetik sebagai bahan konten blog atau media sosial, hello, life as a blogger and content creator!


Buat Tabungan Rencana Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Ini nih, tips menabung yang paling efektif buatku. Apa sih tabungan rencana itu? Singkatnya, tabungan rencana atau tabungan berjangka adalah jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu, di mana selama jangka waktu tersebut nasabah diwajibkan untuk menyetor sejumlah uang yang telah ditentukan.

Dengan kata lain, tabungan rencana membuat kita mau tidak mau, untuk wajib menabung setiap bulannya. Sebuah win win solution sebagai tips menabung, untuk memaksa diri agar tetap menabung setiap bulannya, bukan?


Pilih Investasimu Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Ada banyak sekali investasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari deposito atau tabungan rencana, logam mulia, saham, properti, dan Peer to Peer Landing. Pilih sesuai kebutuhanmu ya. Pertimbangkan pula kelebihan dan kekurangan investasi tersebut.

Berbicara tentang investasi, beratkah? Bagiku pun begitu, temans. Selama ini aku selalu menghindar saat pembicaraan mengenai investasi itu datang. But, better late than never, right?

Itulah kenapa bulan lalu aku memutuskan untuk membuka tabungan emas sebagai investasi. Pembahasan lebih dalam mengenai hal ini akan dituliskan di postingan selanjutnya, di blog ini ataupun blogku yang lain. Stay tuned yak!

tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer


Bawa Uang Cash Secukupnya Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Ke mana-mana bawa uang cash secukupnya aja ya, temans. Hal ini agar nafsu belanjamu itu sedikit terkontrol dan nggak gampang tergoda untuk jajan yang nggak penting. Bawa uang cash sedikit, tapi dengan kartu kredit atau debit kan bisa tinggal gesek, Nin?

Nah kalau ini tergantung dirimu, gaes. Buat kontrol diri agar tidak sembarang menggunakan kartu serba guna di dompetmu ataupun m-banking dan i-banking.


Beli Tiket Promo Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Berhemat bukan berarti kebutuhan jiwa tak terpenuhi. Traveling itu tetap penting, apalagi bagi seseorang seperti aku. Setelah berbulan-bulan bekerja, jalan-jalan ke tempat baru tak ada salahnya kok. Cari suasana baru agar kejenuhan enggan menghampiri.

Triknya adalah sering-sering pantengin promo tiket, dan begitu ada kesempatan sesuai tujuan yang kamu inginkan, langsung gercep beli tiket promo tersebut. Yang penting jangan sampai mengganggu pos lain selain pos traveling yak!


Belanja Saat Promo Tips Menabung Cara Mengelola Keuangan

Belanja kebutuhan bulanan tetap wajib dong. Tentunya agar tetap hemat yaitu dengan belanja saat promo. Biasanya sih aku suka belanja daring pas promo, soalnya sering ada promo keren dengan diskon-diskon yang menggiurkan. Tak jarang ada cashback pula.

Untuk bulan Maret, pas banget nih ada Promo Maret Mantap dari Tokopedia. Selama bulan Maret, ada promo setiap harinya yang bisa dilihat di Kalender Promo Tokopedia ini untuk jadwal promonya. Ada promo potongan harga setiap hari, cashback, gratis ongkir, hadiah harian, dan grand prize mingguan menantimu.

tips menabung dan cara mengelola keuangan sebagai freelancer


Yuhuuuu, gimana tips menabung dan cara mengelola pengeluaran sebagai seorang freelancer ala Misu Pinku ini? Selamat mencoba.. ^^



2 komentar

  1. Belanja saat promo yakk. Biar kalap matanya keobatin sedikit. Jadi gk boros2 amat. Diskonan yes.

    BalasHapus
  2. Bener banget ini tips nya. Dan aku selalu membedakan rekening untuk tabungan dan keperluan sehari" biar gak khilaf haha. Oh ya pas traveling emang kudu banget bawa uang tunai, bahkan aku kemaren sampe sengaja gak bawa ATM biar gak khilaf haha.

    BalasHapus