Misupinku.com

Welcome to Misupinku.com.
Take your time to look around and make yourself at home. ^^
Memasuki musim hujan, di mana hujan turun tanpa henti akhir-akhir ini, seringnya berakhir dengan satu kesimpulan. Tubuh jadi lebih gampang sakit. Betapa tidak, pagi hari di saat akan berangkat ke kantor sudah terkena guyuran hujan, hingga sore harinya saat pulang bekerja pun hujan tetap mengiringi perjalanan. Akibatnya, batuk kering maupun berdahak, demam, sakit tenggorokan, flu jadi gampang menyerang dan orang-orang terdekat kita mulai tumbang.

Iya, ngaku deh, aku pun juga berusaha ekstra agar tidak sakit di waktu seperti sekarang ini. Tapi jangan khawatir, karena kali ini aku akan berbagi 5 tips agar tetap fit di musim penghujan. Ada apa saja?



batuk kering






5 Tips Tetap Fit dan Bebas dari Batuk Kering di Musim Hujan




Penuhi Asupan Gizi Harian

Tips pertama adalah memenuhi asupan gizi harian. Tidak segampang mengucapkannya, memang. Sebab pemenuhan asupan gizi menjadi aspek penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita, sehingga kita harus selalu menjaga pola makan dengan cara mengomsumsi makanan yang bergizi dan penuh kandungan yang berguna bagi tubuh. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan zat gizi lainnya haruslah terpenuhi.

Saat sarapan terutama, sangatlah penting dalam pemenuhan asupan gizi harian. Vitamin C dan D dapat pula dikonsumsi secara rutin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


Batuk Kering Karena Kehujanan? Langsung Mandi, Ya!

Kalau biasanya kita membiarkan pakaian yang kering di badan setelah basah kuyup kehujanan, sebaiknya jangan lagi dilakukan. Sebab saat tubuh kita terkena air hujan, tubuh akan mengalami perubahan suhu secara drastis yang dapat membuat penyakit mudah bersarang di tubuh, seperti batuk misalnya.

Maka setelah kehujanan, kita harus segera mandi dan keramas agar temperatur dingin akibat terkena hujan tadi menjadi lebih stabil. Lalu dengan mengenakan pakaian hangat dan mengeringkan tubuh, suhu tubuh kita pun berangsur kembali ke suhu normal. PS: ada banyak cara menghilangkan batuk, kok.




batuk kering
Ada 5 tips tetap fit dan bebas dari batuk kering di musim hujan.



Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Musim hujan memang sering kali membuat kita tidak merasakan haus, sehingga kita pun menjadi malas untuk minum. Padahal mau di musim hujan ataupun musim kemarau, tubuh kita memiliki kebutuhan cairan dengan jumlah yang sama yaitu minimal 2 liter per hari. Semakin kita kurang mengonsumsi cairan, maka daya tahan tubuh akan menurun. Maka dari itu, kita harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, baik dari minum air putih maupun dari makanan yang kita konsumsi yang mengandung cairan di dalamnya.


Istirahat Secara Cukup

Musim hujan, kerjaan banyak, lalu insomnia, dahlah, wajar bila daya tahan tubuh menurun. Memang udara dingin sering membuat kita mengantuk, dan sering kali kita tidak menanggapinya karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Padahal waktu tidur sangatlah kita butuhkan, meskipun tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sebab porsi tidur yang berlebihan sama berbahayanya dengan kurang istirahat. Sehingga, istirahat dan tidurlah secara cukup untuk memulihkan stamina dan meningkatkan daya imun tubuh kita.


Mengenakan Pakaian Tebal

Baju tipis atau transparan di musim hujan akan mempengaruhi kesehatan, loh. Saat beraktivitas di luar ruangan terutama, di mana kita akan terekspos secara langsung dengan udara dingin. Sebaiknya gunakan pakaian tebal dan hangat untuk menjaga tubuh kita tetap fit, seperti jaket ataupun kardigan. Bila mengendarai sepeda motor, gunakan jas hujan juga, ya!



Nah, itulah 5 tips tubuh tetap fit dan bebas dari batuk kering di musim hujan. Tips mana yang jadi favoritmu?

No comments: